Sebulan Tidak Update Blog

Selama bulan Juni 2019, saya tidak melakukan update blog dengan membuat artikel pada semua blog yang saya miliki. Jikapun ada, barangkali artikel yang dibuat Mei 2019 tapi diterbitkan untuk bulan Juni 2019.

Blog Tidak Update

Ada beberapa penyebab, namun yang utama adalah datangnya Hari Raya Idul Fitri 2019 yang jatuh pada hari Rabu 5 Juni 2019.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada bulan yang bertepatan dengan adanya hari Raya Idul Fitri, dipastikan trafik blog menurun drastis. Salah satu penyebab adalah hari libur yang cukup lama.

Beberapa blog yang saya kelola berhubungan dengan dunia pendidikan yang otomatis pengunjung menurun selama libur sekolah.

Selain di atas, momen lebaran membuat kesibukan offline dan yang pasti adalah mudik lebaran dimana saya tidak membawa laptop untuk update blog dengan membuat artikel selama masa liburan. Dan lumayan lama waktu libur. Namun, saya hanya memonitor blog lewat hape, terutama email.

Beberapa permintaan blogpost atau content placement tidak saya layani selama libur lebaran sekitar 2 minggu. Saya hanya mengiyakan jika akan dipublikasikan setelah saya pulang mudik.

Celakanya, setelah libur lebaran, juga ada libur akhir sekolah hingga pertengahan Juli 2019. Artinya, kemungkinan blog kembali normal setelah pertengahan Juli 2019.

Alhasil, selama bulan Juni 2019, blog benar-benar turun drastis trafik kunjungan. Bahkan hasil sebagai publisher adsense dan publisher MGID menurun hingga 60%. Untunglah, pada bulan Mei 2019 pendapatan adsense dan MGID meningkat tajam seiring adanya momen Ramadhan dan hal itu lumrah terjadi dimana permintaan iklan meningkat.

Terus terang, musim liburan panjang membuat saya sedikit malas membuat artikel untuk update blog. Apalagi membuat artikel blog dummy untuk mencari backlink. Bahkan artikel kontes SEO Sabun Transparan Adev Natural saya biarkan apa adanya.

Untuk itu, semoga pada bulan Juli 2019 ini, saya bisa kembali meng-update semua blog yang saya miliki. Meskipun berat (ada 25 blog) setidaknya ada 1 atau 2 artikel pada bulan ini. Semoga.

 

Catatan: Sebulan Tidak Update Blog

Artikel Lainnya

About the Author: Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

2 Comments

  1. Untuk algo google 2019 ini kayaknya berpengaruh juga dengan update artikel di blog kang. Blog artikel yg saya tinggal 2 bulanan malah anjlok habis visitornya.

    1. Sebenarnya tidak terlalu signifikan terhadap posisi di SERP, namun memang nggak ada yang nyari dengan keyword tsb. Akhirnya visitor turun. Tapi sepertinya mulai normal setelah pertengahan bulan Juli 2019 ini. šŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *