Hasil Kontes SEO Veronika Telkomsel 2021

Kontes SEO Veronika Telkomsel yang diadakan 21 Januari hingga 22 Maret 2021 oleh Sosiago telah usai, dan pada 1 April 2021 telah diumumkan pemenangnya. Pada kontes seo Veronika Telkomsel kali ini, saya ikut bagian dengan mengikutsertakan 10 blog, termasuk Namablogku.com.

Hasil Akhir Kontes SEO Veronika Telkomsel

Ikut Kontes SEO Veronika Telkomsel

Untuk memenangkan beberapa blog BUKAN yang ikutan dalam kontes seo, itu pekerjaan mudah. Hal tersebut sudah saya pikirkan sebelumnya dan pastinya akan membutuhkan tenaga dan waktu yang lumayan banyak. Namun ada hal penting yang ingin saya targetkan selain hadiah (nggak perlu munafik :)) yaitu portofolio.

Dengan modal pengetahuan SEO yang pas-pasan, saya berusaha agar beberapa blog dapat masuk halaman pertama hasil pencarian Google.co.id.

Awal-awal sih 8 blog bisa masuk 10 besar calon pemenang. Namun waktu masih panjang dan banyak peserta belum ikutan. Menjelang pertengahan perjalanan, kondisi SERP mulai berubah dimana mulai banyak artikel Tanya Veronika Asisten Virtual di SERP. Artinya mulai banyak blogger yang mencoba ikut bagian.

Dan blog-blog saya pun mulai “berantakan” di SERP. Ada yang terpental jauh. Saya pun mencoba mengembalikan posisi di halaman 1 dan memilih blog-blog mana yang sekiranya bisa bertahan hingga akhir kontes serta menambah 2 blog lagi sebagai cadangan karena SERP sulit diprediksi.

Menjelang finish, 6 blog masih bisa bertahan di posisi 10 besar. Namun, sayangnya waktu penjurian dirahasiakan, hanya diberitahu antara tgl 25-31 Maret 2021. Celakanya, menjelang akhir kontes, SERP selalu berubah-ubah dengan cepat.

6 blog pun saya pilih dan sy coba optimasi. Salah satunya adalah lenterakecil.net yang menggunakan HTMLy. Blog ini bahkan sempat ada di peringkat 1 mengalahkan blog wp lenterakecil.com.

Namablogku.com sebenarnya bukan target utama dari 6 blog. Awalnya hanya sebagai uji coba, apakah SERP “ngaco” atau tidak dengan artikel ala kadarnya. Hanya saja sempat masuk halaman pertama cukup lama, maka sekalian saya optimasi menjadi artikel  https://www.namablogku.com/post/tanya-veronika-asisten-virtual/.

Menjelang finish, 10 blog telah saya daftarkan ke panitia kontes seo di Sosiago, meskipun beberapa blog tersebut ada di posisi jauh dari halaman awal. Untuk antisipasi saja.

Hasil Akhir Kontes SEO Veronika Telkomsel

Akhirnya, setelah pengumuman pemenang dikeluarkan tepat jam 12 malam tanggal 1 April 2021, Alhamdulillah bisa mendapatkan 5 juara. Untuk hasil pemenang favorit menyusul karena yang dinilai adalah konten.

Hasil selengkapnya berdasarkan penjurian pada 26 Maret 2021 Pkl 17.00 wib, lokasi Jakarta:

Hasil Akhir Kontes SEO Veronika Telkomsel

Hasil diatas berbeda jika dilihat pada tanggal 25 Maret 2021 maupun dilihat pada hari-hari lainnya hingga 31 Maret. SERP berubah tiap hari dan tiap jam. Itulah mengapa saya katakan bahwa optimasi terakhir jika ikut kontes SEO adalah KEBERUNTUNGAN.

Meskipun telah meng-optimasi “mati-matian” dan bahkan bisa di nomer 1, namun terkadang saat penjurian bisa berubah total. Telah banyak bukti dan pengalaman.

Di sisi lain, keberhasilan kali ini, meskipun tidak sesuai target, telah memecahkan rekor juara kontes paling banyak dalam satu event kontes seo sebelumnya yaitu 4 juara, atas nama saya sendiri. 🙂

Disclaimer

Artikel ini hanya catatan kecil saya tentang kegiatan saat ikut kontes seo, bukan maksud pamer atau semacam itu.

 

Hasil Akhir Kontes SEO Veronika Telkomsel

Nama Blogku

About the Author: Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *