Sewa container reefer merupakan jasa yang populer dalam industri rantai dingin (cold chain). Jasa tersebut menawarkan salah satu jenis kontainer yang memuat sistem pendingin di dalamnya. Sehingga mampu memelihara suhu produk yang tersimpan.

Kontainer jenis ini hampir mirip dengan sistem kerja freezer atau kulkas. Perbedaannya ialah pada ukuran dan pemanfaatan yang lebih besar. Pemanfaatannya tidak hanya sekedar menyimpan produk namun juga mengirimnya ke luar daerah sampai luar negeri.

Anda pasti tahu bahwa menjaga kualitas produk selama pengiriman sangat penting. Terutama jika mempunyai bisnis dalam bidang makanan segar, makanan beku, obat-obatan sampai bahan kimia. Produk tersebut memerlukan penyimpanan dengan suhu stabil.

Memahami Definisi Sewa Container Reefer

Sebelum mengenali lebih dalam mengenai jasa sewa, mari memahami pengertian container reefer terlebih dahulu. Pengertiannya ialah jenis peti kemas yang telah dilengkapi dengan sistem pendingin untuk memenuhi keperluan kargo yang sensitif atas suhu.

Hal ini cukup berbeda dengan jenis kontainer pada umumnya. Sebab, mempunyai unit refrigerasi terpadu yang memerlukan pasokan sumber listrik dari PLN. Pasokan listrik ini umumnya diperoleh saat sedang berada di dermaga maupun gudang.

Cara lain yang bisa dilakukan oleh jasa sewa container reefer ialah mengandalkan generator diesel untuk memasok kebutuhan listrik. Generator diesel ini mampu beroperasi ketika kontainer berada di dalam perjalanan.

Seseorang yang mempunyai bisnis makanan mungkin sudah sering bersinggungan dengan kontainer jenis ini. Ketika mengirim kargo, makanan beku cukup perlu menggunakan cold storage.

Terkadang juga memanfaatkan cold storage tersebut untuk menyimpan persediaan makanan di momen khusus. Misalnya Hari Raya Idul Fitri dan akhir tahun saat jumlah permintaan produk meningkat cukup besar.

Suhu di dalam container reefer biasanya dapat diatur sesuai keperluan. Misalnya membutuhkan suhu -30 derajat Celcius. Umumnya suhu ini dipakai dalam menyimpan makanan beku. Dapat juga mengatur ke suhu -60 derajat untuk menyimpan obat khusus.

Terdapat dua cara yang biasa dipakai pengusaha untuk mengirim atau menyimpan produk. Yaitu cara pertama adalah membeli kontainer. Sementara cara lainnya ialah sewa container reefer. Ada beragam pertimbangan apakah hendak membeli atau menyewa.

Pertimbangan ini bisa berupa budget, ukuran, tingkat fleksibilitas, dan lain sebagainya. Berdasarkan sejumlah pertimbangan tersebut, sebenarnya sewa dianggap lebih menguntungkan dan murah, bahkan untuk jangka panjang.

Fitur Unggulan di Container Reefer

Sebagai sebuah kontainer yang memiliki sistem pendingin, tentu sewa container reefer menghadirkan sejumlah fitur khusus. Fitur yang tidak dimiliki oleh jenis lainnya, seperti berikut ini.

1. Aliran Udara Merata

Fitur utama ialah aliran udara yang merata sampai ke seluruh ruangan. Anda juga dapat mengatur setiap aliran udara dalam kontainer. Misalnya menentukan suhu beku, dingin maupun normal.

2. Pemilihan Suhu

Jasa sewa container reefer umumnya juga menyediakan beragam pilihan suhu. Mulai dari -40 derajat Celcius sampai 30 derajat Celcius. Pilihan suhu ini biasa dipakai untuk produk dengan keperluan suhu dingin atau normal.

Terkadang, tersedia juga pilihan suhu sampai -60 derajat Celcius. Beragamnya pilihan suhu ini akan mampu memelihara berbagai jenis produk yang ingin Anda simpan atau kirim. Baik itu pengiriman ke luar daerah maupun sampai ke luar negeri.

3. Portabilitas

Kontainer yang dapat dipindahkan dengan mudah mampu memenuhi keperluan para pemilik bisnis. Misalnya saja ingin memindahkannya secara mudah dari dermaga ke kapal. Mungkin juga sebaliknya memindahkan dari kapal ke dermaga.

Tersedia beberapa ukuran Container Reefer. Sehingga mampu menyesuaikan dengan kuantitas produk yang ingin dikirim. Ukurannya ialah 10 feet, 20 feet, 40 feet dan 45 feet.

Memelihara suhu muatan kargo cukup penting dilakukan terutama jika berhubungan dengan industri rantai dingin (cold chain). Solusi yang dapat dipakai ialah dengan mengandalkan jasa sewa container reefer.

 

Jasa Sewa Container Reefer Beserta Fitur Unggulannya

Bagikan:

Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.