Penghasilan Pertama dari Publisher MGID

Tanggal 30 Agustus 2018 merupakan tanggal dimana saya untuk pertama kalinya mendapatkan penghasilan dollar sebagai publisher MGID.

Iklan native MGID

Sebagai referensi singkat saja, MGID adalah perusahaan periklanan online yang bermarkas di Los Angeles sejak tahun 2014 yang sebelumnya berkantor di New York pada tahun 2008.

Sebagai perusahaan periklanan online, MGID merupakan pemain lama yang masih eksis hingga saat ini. Didirikan tahun 2004, oleh seorang programmer muda yang brilian dari Ukraina, Stanislav Telyatnikov, dengan menciptakan teknologi periklanan modern.

Seperti halnya iklan PPC lainnya, MGID tersedia untuk advertiser dan publisher. Menariknya, MGID sudah tersedia di Indonesia, baik itu untuk pengiklan (advertiser) maupun webmaster (publisher).

Tentu saja yang akan saya bahas adalah publisher karena hanya itu yang saya ikuti dan belum pernah mencoba sebagai pengiklan.

Bagaimana penghasilan menjadi publisher MGID?

Terus terang, hasil MGID sangat jauh dengan Google adsense, namun hampir seimbang dengan publisher Adnow. Namun, keduanya bisa menjadi alternatif penghasilan online lewat blog.

Coba saja daftar sebagai publisher MGID

Pembayaran pertama dari MGID saya peroleh beberapa bulan semenjak saya mendaftar dan memasang skrip iklannya. Itupun saya pasang di 5 blog dengan rata-rata pengunjung masing-masing blog 3000 per hari.

Untuk sistem pembayaran saya menggunakan paypal dengan minimum payout $100 dan dibayar 30 hari kemudian.

Ini hasil screenshot dasbor MGID mulai dari awal pertengahan Desember 2017.

Penghasilan Pertama dari Publisher MGID

Artinya, 8 bulan barulah mendapat penghasilan sebagai publisher MGID setelah mendapat $108.

Awalnya pada bulan-bulan pertama, sempat akan saya copot iklan MGID karena hasil yang minim dan takutnya membebani loading blog.

Namun loading blog sepertinya tidak berpengaruh secara signifikan meskipun menambah ramai tampilan blog. Akhirnya saya mencoba bersabar untuk merasakan dolar dari MGID.

Berbeda dengan Adnow yang membayar minimal payout $20 sehingga bisa diterima setiap bulan. Untuk MGID harus menunggu $ 100 agar bisa dicairkan.

pembayaran mgid via paypal

Kenapa hasil MGID kecil?

Setelah saya amati, nilai klik iklan MGID relatif. Ada yang gede ada juga yang kecil untuk setiap nilai per klik. Hasil ini saya amati di dasbor terhadap jumlah klik dan jumlah penghasilan yang didapat.

Kemungkinan hasil MGID relatif rendah adalah:

Kemungkinan para advertiser untuk iklan berbahasa Indonesia memberikan nilai klik yang kecil.

Iklan hanya itu-itu saja, kurang variasi sehingga pengunjung tetap tidak akan meng-klik ulang. Entahlah kalau blog banyak di lihat oleh pengunjung baru atau dari negara lain.

Kemungkinan, penempatan iklan tidak saya maksimalkan karena terbentur dengan adsense.

Namun setidaknya (meskipun kecil) bisa menambah isi di akun paypal saya untuk bayar domain. 🙂

Nanti akan saya coba ajukan blog lain agar dapat dipasang script iklan MGID.

Oh ya, tidak semua blog dapat diajukan karena perlu di approved manual dengan persyaratan minimal 1000 visitor per hari.

 

Penghasilan Pertama dari Publisher MGID

Artikel Lainnya

About the Author: Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

18 Comments

  1. Mungkin gak, kalau iklan MIGD terpasang akan mengurangi peluang yang seharusnya didapat di AdSense.. Harusnya klik AdSense dengan adanya MGID jadi klik iklan MGID deh… Thanks

    1. Setelah mengamati beberapa bulan, tidak ada perubahan hasil adsense dengan adanya iklan MGID.
      Dengan adanya MGID, ada tambahan dolar. 🙂

  2. Emang cenderung kecil, tapi lumayan karena cuma buat tambah-tambah. Apalagi sbuat situs yang kurang optimal dipasang AdSense. Seenggaknya ada alternatif lain gitu 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *