Migrasi Blog Lenterakecil.net dari WordPress ke HTMLy

Salah satu blog utama yang saya miliki, saya putuskan menggunakan platform blog HTMLy. Blog ini awalnya sebagai portofolio Lentera Kecil Grup yaitu lenterakecil.net yang menggunakan mesin blog wordpress.

tampilan lenterakecil.net
tampilan depan lenterakecil.net

Setelah kehadiran blog yang menggunakan domain .id agar lebih Indonesia yaitu lenterakecil.id yang sekaligus menjadi blog portofolio Lentera Kecil Grup, maka blog lenterakecil.net menjadi blog biasa, dalam arti konten artikel membahas topik umum.

Sebenarnya ada juga beberapa blog yang saya miliki menggunakan HTMLy, terutama untuk blog-blog dummy karena kepraktisan, ringan dan tidak memiliki database sehingga server tidak berat. Namun semenjak ada update HTMLy yang semakin keren maka ada beberapa blog baru yang sengaja dibuat menggunakan HTMLy.

Dulu, blog namablogku ini menggunakan HTMLy namun migrasi ke wordpress karena tidak ada fitur yang saya perlukan.

Lantas bagaimana proses Migrasi Blog WordPress ke HTMLy?

Beruntung tidak banyak artikel di lenterakecil.net dan hanya sebagian artikel saja yang tetap di domain ini. Yang lain ikut ke domain yang baru. Sehingga untuk membuat redirect untuk artikel lama tidak menyita waktu.

Redirect 301 diperlukan karena canonical url wordpress dan HTMLy berbeda. Dengan demikian untuk artikel-artikel yang telah terindeks Google nantinya bisa berubah dan tidak menimbulkan 404.

Bagaimana cara install HTMLy?

Sangat sederhana, bahkan bisa di install di hosting yang minim. Saya sudah membuat tutorial sederhana. Baca Cara Install HTMLy

Catatan:

Setelah migrasi ke HTML, saya coba mengikutkan blog tersebut ke kontes SEO “Tanya Veronika Asisten Virtual” untuk mengetahui kekuatan SEO-nya. Untuk sementara bisa masuk 10 besar penilaian, namun terkadang hilang (belum stabil). Entah nanti bagaimana finishnya.

 

Migrasi Lenterakecil.net dari WordPress ke HTMLy

Nama Blogku

About the Author: Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *