Update Algoritma Google Kacaukan Hasil Kontes UNICEF

Lagi-lagi hasil SERP (sementara) untuk kontes seo kacau. Terkadang menunjukkan hasil terbatas seperti kontes seo Maret 2019 lalu. Selengkapnya baca di Hasil Kontes SEO 2019. Padahal saat kontes seo dimulai, hasil SERP masih normal.

Kontes seo kali ini diadakan oleh Unicef bekerja sama dengan Sosiago dengan keyword yang dipertandingkan “Cara Berhenti Donasi Unicef“. Kontes dimulai 26 Sep 2019 dan berakhir 28 Nov 2019. Artinya saat tulisan ini dibuat masih berjalan.

Nah.. pada tanggal 24 Oktober 2019 ada update Algoritma SEO terbaru Google yaitu Google BERT yang difokuskan pada konteks penafsiran maksud permintaan pencarian atau search queries agar lebih baik dari sebelumnya.

Sebenarnya Google BERT tidak memberikan penalti terhadap website yang tidak sesuai dengan standar Google. Tujuan utama dari algoritma ini adalah agar lebih memahami permintaan pengguna dan maksud dari pencarian yang dilakukan oleh si pengguna.

Gejala untuk pencarian menggunakan google.co.id terasa sekitar tanggal 28 Oktober 2019, dimana kata kunci sugesti atau saran dari google yaitu “cara berhenti donasi Unicef” hilang. Setelah itu, hasil pencarian menjadi terbatas hanya 10 halaman. Selanjutnya error.

Hasil SERP berubah total. Artikel peserta kontes yang ada di halaman awal tiba-tiba menghilang dan berubah menjadi hasil pencarian berdasarkan tag, archive, atau homepage. Blog saya yang sempat berada di tiga besar pun hilang.

Hasil serp sebelum update algoritma Google
Hasil sementara sebelum update algoritma Google

Kasus ini mirip kejadian Kontes Stimuno Untuk Balita. Hasil SERP menjadi terbatas setelah ada update Algoritma SEO Google yaitu pencarian peringkat inti luas (broad core search algorithm) pada 13 Maret 2019.

Pada kontes SEO kali ini, saya sengaja membuat artikel untuk 7 blog. Awalnya, 6 blog bisa masuk 10 besar calon pemenang. Tapi semua blog tersebut belum didaftarkan. Namun, semuanya menghilang. Justru blog lain yang saya buat untuk mendukung malah ada di hasil yang terbatas, meskipun berada di halaman belakang. Akhirnya saya coba optimasi dan berhasil berada di page one.

Saat saya menulis artikel ini, hasil SERP untuk kontes seo UNICEF masih kacau. Terkadang menunjukkan hasil normal, terkadang hasil terbatas. Bahkan jika di refresh (F5) hasil selalu berubah-ubah.

Repot juga untuk mengoptimasi. Artikel blog berdasarkan hasil normal atau hasil terbatas? Masalahnya bukan karena kena sandbox atau penalti, tapi hasil sedikit kacau setelah ada update algoritma Google. Biasanya SERP kembali normal setelah kontes seo berakhir dimana peserta sudah nggak nyebar “sampah” dan tidak mencoba mencari dengan keyword yang diperlombakan.

Masih ada waktu 18 hari lagi. Entah bagaimana hasilnya.

 

Update Algoritma Google Kacaukan Hasil Kontes UNICEF

Artikel Lainnya

About the Author: Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *