Apakah perlu untuk mengetahui sejarah asal-usul munculnya SEO (Search Engine Optimization)? Bukankah yang lebih penting adalah bagaimana mengetahui cara SEO itu bekerja?

Mengetahui Sejarah SEO

Bagi sebagian blogger mungkin tidak perlu mempelajari sejarah SEO, yang penting bisa menerapkannya. Seperti halnya jika ingin punya kijang Invona, apakah harus membaca sejarah Toyota? Yang penting tahu bagaimana cara mengendarai dan merawat kijang Innova tersebut, bukan?

Nggak ada yang salah. Namun bagi saya perlu untuk mengetahui sejarah SEO agar lebih paham lagi tentang dunia SEO. Untuk itu saya mencoba mencari informasi tentang kapan SEO mulai digunakan dan siapa pertama kali yang punya ide meng-optimasi mesin pencari?

Browsing via Google, cukup banyak hasil untuk keyword “sejarah SEO” namun saat mencoba membuka beberapa blog berbahasa Indonesia dan hasilnya belum memuaskan.

Umumnya membahas SEO itu sendiri, mulai dari pengertian hingga penerapannya. Lebih-lebih yang diulas SEO untuk Google. Padahal sebelum ada Google, sudah banyak situs mesin pencari.

Justru informasi asal-usul SEO lebih banyak saya temukan blog berbahasa Inggris. Ternyata SEO itu muncul dari internet marketing yaitu bagaimana agar website perusahaan bisa berada pada posisi paling top di hasil mesin pencari.

Usaha-usaha tersebut yang kemudian dikenal dengan Search Engine Optimization (SEO). Akhirnya saya membuat artikel sejarah SEO di salah satu blog belajar SEO.

Artikel tentang sejarah SEO sengaja tidak saya tulis disini, karena blog ini hanya sekedar catatan saya.

Dengan adanya artikel ini, setidaknya menjadi arsip bagi saya dalam belajar SEO. Belajar nggak boleh setengah-setengah. Kalau bisa semaksimal mungkin.

 

Mengetahui Sejarah SEO

Bagikan:

Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *