Mengelola 25 Blog Dengan Serius

25 domain untuk nama blog-blog akhirnya sudah saya miliki hingga Mei 2019. Tapi tidak berhenti sampai di situ. Sampai September 2020 sudah terkumpul 40 blog dengan domain dan hosting sendiri. Artinya saya harus mengelola blog dengan serius karena itu bukan blog gratis alias harus membeli domain dan hosting.

Mengelola 25 Blog Dengan Serius

Mengelola blog harus serius agar bisa menghasilkan karena lumayan banyak uang yang dikeluarkan setiap tahunnya untuk memperpanjang domain dan hosting. Untuk domainnya saja butuh sekitar 3 juta per tahun.

Selain itu ada 5 hosting berbayar yang saya gunakan untuk server blog tersebut dengan menggunakan paket layanan seharga sekitar 300 ribu per tahun. Ada beberapa blog yang masih menggunakan server gratis blogger.com tapi sudah custom domain.

Setidaknya perlu 6 jutaan setiap tahun atau 500 ribu tiap bulan. Oleh karena itu, saya harus bisa menghasilkan uang lewat monetisasi blog untuk membayar biaya semua blog.

Namun, Alhamdulillah semua kebutuhan biaya blog sudah dapat diatasi dengan hasil pemasangan iklan dan blogpost (backlink) termasuk untuk urusan bayar internet Indihome.

Sebenarnya masih ada peluang untuk mendapatkan penghasilan ngeblog lagi jika mau menggarap dengan serius seperti pemasangan banner, kerja sama dengan pihak ke dua, jasa backlink, ikut blog competition atau kontes seo.

Mengelola Banyak Blog

Tentu saja bukan pekerjaan ringan mengelola banyak blog terutama untuk update artikel. Apalagi saya masih mengerjakan sendiri dan belum menggunakan jasa penulisan. Untuk itu, perlu manajemen pengelolaan dan yang terpenting adalah konsisten.

Selain itu, ada banyak blog dummy yang saya bangun. Dulu jumlah blog dummy yang saya miliki hampir berjumlah 600 dan semua itu gratisnya.

Namun berhubung banyak penyedia layanan yang tutup atau kurang bagus di SEO, maka saya hanya berkonstrasi ke blog dummy yang sekiranya dapat “mendongkrak” popularitas blog. Setidaknya 50 buah blog dummy sudah cukup.

Semua blog yang saya miliki, pengunjung lebih banyak berasal dari mesin pencari Google. Saya tidak menggunakan iklan atau mengharap banyak dari media sosial. Oleh karena itu, SEO masih menjadi andalan saya.

Seperti kita ketahui bahwa Google selalu mengadakan update algoritmanya, sehingga mau tidak mau saya harus terus mengikuti perkembangannya.

Blog per Mei 2019: 25 Blog

Update:

Tidak terasa jumlah blog dengan domain sendiri sudah mencapai 41 blog hingga September 2020 (tidak termasuk free blog). Perlu perjuangan keras agar blog-blog tersebut selalu update.

Blog yang saya kelola sampai Februari 2021

  1. Lenterakecil.com
  2. Lenterakecil.xyz
  3. Lenterakecil.id
  4. lenterakecil.net
  5. lentera.my.id
  6. lenterakeluarga.com
  7. lenterarumah.com
  8. lenterabijak.com
  9. Lenteraonline.com
  10. lenteraseo.com
  11. Lenterapedia.com
  12. lenterabisnis.com
  13. lenterasehat.web.id
  14. lenterasehat.com
  15. lenteradigital.com
  16. lentera.website (rencana tidak diteruskan, domain mahal)
  17. Kanal.web.id
  18. Kanal.my.id
  19. kanalhub.com
  20. Kanalinfo.web.id
  21. kanalpengetahuan.com
  22. Kanalinformasi.com
  23. kanalwisata.com
  24. Kanalotomotif.com
  25. Manasuka.my.id
  26. Temporaktif.com
  27. Karepku.my.id
  28. Namablogku.com
  29. Kafekolong.com
  30. Arudam.my.id
  31. Benowis.my.id
  32. Literasionline.com
  33. Kumau.info
  34. blogliterasi.com
  35. padamu.net
  36. formaxmanroe.com
  37. Daihatsu.my.id
  38. statis.my.id
  39. Arsipdigital.net
  40. sdnkacok02.sch.id
  41. sdnpotoanlaok1.sch.id
  42. Daihatsuzebra.web.id
  43. Seokecil.my.id
  44. kangandre.web.id
  45. Materidigital.com
  46. Literasipubik.com
  47. infoliterasi.my.id

Untuk mengetahui blog-blog yang saya miliki selengkapnya, silahkan berkunjung ke Lentera Kecil Grup dimana itu merupakan situs portofolio saya.

Tetap semangat.

Nama Blogku

About the Author: Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

You May Also Like

13 Comments

  1. Salut dan salam hormat Kang Andre, untuk artikel yang hampir sama pada tiap blog apa masing-masing dirombak ulang bahasanya agar tidak terdeteksi copas kang?
    satu lagi kang, butuh waktu berapa jam tiap harinya untuk fokus menulis artikel blog?
    Terimakasih sebelumnya dan Sukses selalu Kang Andre!

    1. Kalau artikel content placement (pesanan/review) mungkin ada sedikit persamaan. Kalau artikel sendiri, diusahakan no copas. Sedangkan untuk buat artikel, tergantung mood sih. ๐Ÿ™‚

  2. Banyak juga yang pakai ekstensi my,id, gimana mas performanya.. dibandingkan dengan yg com atau net… rencana saya mau banyakin yng my.id…murah soalnya

    1. Tidak ada perbedaan ekstensi domain bagi Google. Tergantung kualitas dan otoritas domain blog tersebut.

  3. Superrr sekali pak Andre, saya menemukan blog namablogku ini di forum Bersosial (daftarnya sudah tahun lalu tapi baru buka lagi baru-baru ini). Semoga sukses selalu dan dapat terus berbagi info dan inspirasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *