Kali ini saya coba berbagi pengalaman dalam memonetisasi blog-blog yang saya miliki agar bisa menghasilkan uang, melalui marketplace backlink Seedbacklink. Selain seedbacklink, saya juga bergabung di sosiago, rajabacklink, serta stalink dan intellifluence untuk makerplace luar negeri yang dibayar pakai dolar. Lalu bagaimana perjalanan monetisasi blog saya di seedbacklink selama ini?

Monetisasi Blog

Sebelumnya perlu diketahui, maksud monetisasi blog adalah proses menghasilkan uang dari blog yang dikelola. Beberapa cara umum untuk melakukan monetisasi blog, antara lain:

  1. Menggunakan jaringan periklanan seperti Google AdSense, MGID, dll untuk menampilkan iklan di blog. Dengan cara ini, akan diperoleh penghasilan setiap kali seseorang mengklik atau melihat iklan tersebut.
  2. Konten Sponsor atau Paid Posts atau Content Placement dengan untuk membuat konten terkait produk atau layanan pemesan, berupa ulasan produk, cerita, atau artikel yang terintegrasi dengan penempatan backlink.
  3. Ikut program afiliasi, dengan melakukan promosi produk atau layanan dari pihak lain di blog dan menerima komisi setiap kali ada pembelian melalui tautan afiliasi yang dibagikan. Platform afiliasi seperti Amazon Associates, Shopee atau lainnya, yang menawarkan berbagai program afiliasi.

Selain di atas, bisa juga melakukan monetisasi blog dengan cara:

  1. Penjualan Produk atau Layanan: Bila terdapat produk fisik atau digital, atau layanan seperti konsultasi atau pelatihan, blog bisa menjadi tempat pemasaran dan penjualan produk atau layanan tersebut.
  2. Langganan atau Keanggotaan: Pembuat blog dapat menawarkan konten eksklusif atau keanggotaan premium kepada pengunjung yang membayar langganan bulanan atau tahunan untuk mengakses konten tersebut.
  3. Donasi: Memberikan opsi donasi kepada pembaca yang ingin mendukung konten secara sukarela juga bisa menjadi cara untuk menghasilkan pendapatan.
  4. E-book atau Produk Digital: Menulis dan menjual e-book atau produk digital lainnya yang terkait dengan topik blog adalah cara lain untuk menghasilkan pendapatan.

Meskipun ada banyak cara, namun saya (melalui Lentera Kecil Grup) hanya melakukan 2 cara, yaitu ikut jaringan periklanan (Google Adsense, MGID) dan Konten Sponsor atau Paid Posts atau Content Placement, baik itu melalui marketplace maupun tawaran langsung.

Marketplace Jual Beli Backlink Seedbacklink

seedbacklink adalah marketplace jual-beli backlink profesional yang siap menjadi jembatan untuk pebisnis atau pemilik web agar bisa dikenal lebih luas melalui promosi di website yang sudah bergabung. Platform untuk jual beli backlink ini merupakan sister company dari Rankpillar Agency, yang dikelola oleh PT Global Digital Seedbacklink, Jl. RS. Fatmawati Raya No.188, RW.4, Gandaria Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Awal saya bergabung dengan seedbacklink sekitar Agustus 2022. Itupun ada pemberitahuan via email dari salah satu pemesan content placement yang akan kembali order, namun selanjutnya melalui seedbacklink. Oleh karena itu, saya disarankan untuk bergabung agar terus dapat order. Saya mencoba mendaftarkan beberapa blog yang saya miliki.

gabung seedbacklink

Setelah saya pun bergabung dengan mendaftarkan beberapa blog (kalau nggak salah cuma 5) yang saya miliki dan untuk pertama kali mendapatkan order di bulan September 2022

order seedbacklink

Sesuai ketentuan, tidak ada batasan minimal tarik tunai dan permintaan tarik tunai dapat dilakukan pada setiap tanggal 5 dan 25, maka setelah mendapatkan beberapa order, pada tanggal 5 oktober 2022 untuk pertama kalinya saya mendapatkan uang dari seedbacklink untuk monetisasi blog yang telah saya daftarkan.

po seedbacklink

 

Ternyata seedbacklink terbukti membayar tepat waktu. Selain itu, CS yang ramah menjawab setiap pertanyaan yang saya ajukan baik itu melalui email maupun WA ditanggapi dengan cepat dan baik, maka saya pun menambah beberapa blog lagi dengan harapan agar lebih banyak mendapatkan order 🙂

Sampai tulisan ini dibuat, sudah ada 34 blog yang telah saya daftarkan dan sudah mendapatkan 97 order dengan nilai 10 juta lebih. Sangat membantu untuk biaya mengelola blog. Selain itu, blog-blog yang saya kelola lebih dikenal banyak orang lagi.

Rencana, saya akan menambah beberapa blog lagi serta mempertimbangkan harga-harga yang akan dan telah dibuat. Di seedbacklink, publisher tidak dapat mengubah harga yang telah ditetapkan. Jika ada perubahan harus menghubungi admin.

Penutup

Setiap marketplace backlink tentu memiliki aturan tersendiri yang berbeda dengan yang lain. Semua ada kelebihan dan kekurangannya.

Pengalaman memonetisasi blog di seedbacklink selama setahun ini, saya tidak mengalami kendala apapun. Jika ada order akan mendapatkan notifikasi melalui email dan WA. Begitu juga saat meminta withdraw dan pembayaran telah dilakukan. Semua berjalan dengan lancar dan terbukti membayar.

Ayo buruan gabung dan segera dapatkan uang melalui blog kamu di seedbacklink!

 

Bagikan:

Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *