Sebelumnya saya mohon maaf karena dalam artikel ini BUKAN tutorial cara daftar Google Adsense agar bisa diterima. Melainkan pengalaman saya mencoba mengajukan atau mendaftarkan blog-blog lain (adsite) yang saya miliki agar bisa menampilkan iklan adsense di tahun 2021 ini. Saya sudah punya akun adsense dan bukan daftar akun baru.

Daftar Google Adsense

Cara Daftar Google Adsense 2021

Uji coba mendaftar Google Adsense ini saya lakukan pada September – Oktober 2021. Sedangkan akun adsense yang saya miliki diajukan dan di-approved pada tahun 2015 lalu. Jika mau baca kisahnya: Pengalaman Kedua Menjadi Publisher Adsense

Meskipun sudah punya akun adsense, namun tidak saya gunakan di semua blog. Artinya hanya pasang iklan di blog tertentu saja. Waktu itu, yang penting punya akun adsense, maka bebas dipasang di blog mana saja asalkan tidak melanggar TOS Adsense.

Bahkan ada publisher yang bagi hasil. Maksudnya, publisher adsense bekerja sama dengan pemilik blog lain (terutama yang berkali-kali gagal dalam mengajukan adsense) untuk kerja sama dalam monetisasi blognya dengan pasang iklan adsense melalui akun publisher adsense lain. Hasilnya dibagi sesuai kesepakatan.

Saat ini, ada perubahan aturan tentang blog yang akan dipasang iklan adsense harus diajukan terlebih dahulu. Kapan dimulai saya tidak tahu dan sedikit rasa sesal pun ada. Mengapa dulu tidak saya pasang di semua blog yang saya miliki (termasuk blogspot)?

Memang, waktu itu sengaja tidak saya pasang iklan adsense terlebih dahulu di blog baru atau masih minim pengunjung. Masih menunggu artikel cukup banyak dan ada pengunjung yang cukup, kemudian akan dipasang adsense.

Cara Mendaftar Blog Baru ke Google Adsense 2021

Akhirnya, saya pun mengikuti aturan Google Adsense tersebut. Beberapa blog saya coba daftarkan agar dapat ikut program Google Adsense. Cara mendaftar adsense mirip daftar akun adsense baru. Hanya saja tidak perlu mengisi data-data lagi karena saya menggunakan akun yang sudah ada (bukan membuat akun lagi). Cuma mengajukan domain baru, mengisi kode script pada blog dan minta peninjauan.

Setelah menunggu beberapa hari, pengajuan blog/domain baru ada yang ditolak dan ada juga yang diterima. Penolakan pun seperti mengajukan akun Google Adsense baru dengan alasan penolakan umum, seperti low content, tidak sesuai dengan pedoman webmaster, melanggar kebijakan, tidak berkualitas, dll. Intinya sama seperti daftar awal adsense.

Kesimpulan

Akhirnya saya menarik kesimpulan setelah saya mencoba sendiri dalam mengajukan atau daftar Google Adsense untuk blog/domain baru pada September – Oktober 2021 ini. Ada lebih dari 8 blog/domain yang saya ajukan Adsense kali ini, hasilnya:

Blog yang diterima Adsense

  • Usia domain/blog lebih dari setahun, hampir mendekati 2 tahun.
  • Jumlah artikel 60-100
  • Tidak semua artikel orisinal (ada yang copas)
  • Waktu approved (disetujui) cepat, 1-3 hari setelah pengajuan.

Blog yang ditolak Adsense

  • Usia blog kurang dari 1 tahun ( saya mengajukan blog usia 3 – 10 bulan)
  • Isi artikel 30 – 100 (bahkan ada yang full orisinal/unik)
  • Balasan penolakan lebih dari seminggu.
  • Semua blog yang ditolak Adsense telah diajukan ulang 2-3 kali setelah seminggu ada penolakan dengan mengubah theme, tambah artikel, kemudian minta tinjau ulang.
  • Saya coba blog/domain 2015 namun sempat mati 2 tahun dan saya beli kembali di awal Oktober 2021 (umur 1 minggu dengan artikel 90-an) juga ditolak.

Beberapa rekan yang blognya diterima Adsense pun mengakui usia blog-nya lebih satu tahun. Meskipun ada juga yang mengaku blog-nya berumur beberapa bulan saja.

Entah mana yang benar, namun saya telah melakukan uji coba untuk daftar adsense di September – Oktober 2021 ini. Kalau lebih dari seminggu, siap-siap saja menerima balasan email “You need to fix some issues before your site is ready for AdSense”

Yang terakhir, blog kanal.my.id yang sebenarnya blog dummy dengan konten “amburadul” dan dibuat Januari 2020. Setelah menambah beberapa artikel agar banyak (sebagian artikel saya ambil dari blog lain), saya coba ajukan ke adsense pada 20 Oktober 2021,untuk minta ditinjau.

Dan hari ini 22 Oktober 2021 dapat email “Your site is now ready to serve ads on AdSense”. Akhirnya saya menulis artikel ini dan uji coba selesai.

UPDATE!

Saya mencoba kembali adsite manasuka.my.id yang dibuat pada Januari 2020. Blog saya ajukan pada 28 Oktober 2021 pkl 2.30 WIB dan di-approved pkl 12.30 WIB. Artinya hanya butuh waktu 10 jam saja.

Catatan

Mungkin untuk blog-blog yang tidak diterima adsense, akan saya ajukan lagi tahun depan, atau setidaknya usianya telah lebih dari 1 tahun. Lebih baik konsentrasi ke blog-blog yang sudah terpasang adsense untuk meningkatkan trafik-nya agar tidak terjadi Hasil Google Adsense Menurun Drastis.

Jika ada yang protes, bahwa blog-nya dalam beberapa hari atau minggu atau bulan saja sudah bisa diterima Adsense, bersyukurlah. Mungkin keberuntungan sedang berpihak atau ada faktor lain. Dan semua ini, pengajuan menggunakan akun adsense yang sudah ada, bukan daftar akun adsense baru (mungkin saja hasilnya berbeda).

Dulu saya pernah mengajukan akun adsense dengan blog baru dibuat (benar-benar fresh) dan diisi cuma 1-3 artikel dalam hitungan 1-2 jam bisa diterima (blog bahasa Inggris). Pernah juga melalui Yotube dan blogspot. Dengan demikian cara daftar Google adsense bisa berubah.

Ini murni pengalaman pribadi tanpa rekayasa. Dan ada 30 lebih blog saya di Lentera Kecil Grup yang telah terpasang adsense.

 

Coba Daftar Google Adsense 2021

Bagikan:

Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Dulu daftar AdSense mudah bahkan saya pernah punya blog ga sampe 3 bulan udah diterima AdSense. Tapi sekarang, saya coba daftarkan blog usia kurang dari 1 tahun dengan 20 artikel nggak diterima. Lalu coba daftarkan blog yg umurnya 1,2 tahun dan 30 artikel, alhamdulillah diterima. Thank you gan buat pengalamannya.

    • Awal-awal buat akun adsense (2011) bisa 1-2 jam di-approved untuk blog baru dibuat dengan 1-3 artikel saja via pihak ketiga. Tapi waktu itu harus blog bahasa Inggris. 🙂

  • Kejadiannnya sama persis seperti blog saya… sudah 6 x ditolak.. umur 7 bulan domain my.id. Mungkin saya perlu menunggu 1 tahun biar di approve. Beruntung banget ya..yg baru berapa bulan sudah diterima.