Cara Setting Subdomain Blogspot di Cloudflare

Saya bingung memberi judul artikel ini, tapi maksudnya kira-kira begini. Saya punya domain namablogku.com yang saya pakai di blog ini dengan menggunakan platform wordpress. Namun saya membuat subdomain untuk namablogku.com yaitu andre.namablogku.com (ada subdomain lain juga).

Permasalahannya, subdomain andre.namblogku.com tersebut digunakan untuk kustom domain blogger. Artinya blog andre.namblogku.com menggunakan platform blogger (blogspot).

Awalnya, pengaturan domain namablogku.com tidak ada masalah karena DNS cukup diatur di dasbor pengelolaan domain di registrar yang mengarah ke server hosting masing-masing. Domain utama ke hosting sendiri (wordpress) sedangkan subdomain mengarah ke ghs.google.com. Semua berjalan normal.

Namun saat https mulai ketat, akhirnya menggunakan SSL gratis dari cloudflare. Mau tidak mau, name server diarahkan ke cloudflare. Alasan HTTP ke HTTPS wajib.

Masalah kemudian muncul. Entah kenapa, subdomain yang mengarah ke hosting google menjadi tidak berfungsi. Padahal sebelumnya tidak ada masalah dan settingan sudah benar sesuai instruksi blogger.com.

Kemungkinan cloudflare ada sedikit perubahan, atau entah apa. Saat blog dibuka muncul host error dari cloudflare. Apakah hosting blogspot error? Rasanya nggak juga karena blogspot kustom domain saya yang lain lancar.

Akhirnya saya coba matikan gambar awan oranye yang berfungsi sebagai proxied pada subdomain yang mengarah ke google, menjadi DNS Only. Nah.. akhirnya blog dapat diakses kembali. TAPI non https.

Setting Subdomain Blogspot di Cloudflare

Lantas saya coba masuk ke blogger.com. Ternyata https dari blogger tidak saya aktifkan. Saya coba aktifkan Ketersediaan HTTPS dengan memilih YA dan tunggu beberapa saat.

Setelah proses https selesai, saya coba refresh blog kembali. Yes!… blog muncul tanda gembok yang berarti SSL berfungsi dengan aman.

Saya pun mencoba mengaktifkan kembali awan orange yang ada di menu DNS pada dasbor cloudflare. Dan sepertinya tidak ada pengaruh. Berarti menurut saya ada 2 SSL yang ada yaitu dari cloudflare dan blogger.com.

Kenapa tidak bentrok? Harus diubah setelah SSL di cloudflare menjadi FULL (Encrypts end-to-end, using a self signed certificate on the server). Kalau pakai flexible akan menjadi error “ERR_TOO_MANY_REDIRECTS”

ERR_TOO_MANY_REDIRECTS

Saya kurang paham bagaimana kerjanya dan nggak ngerti istilah teknisnya. Yang penting blog dengan subdomain sendiri untuk kustom domain blogspot dapat diakses kembali dengan lancar dan tetap menggunakan HTTPS.

Kesimpulan:

  1. aktifkan ketersediaan https di dasbor blogger (setelan dasar)
  2. ubah mode enkripsi ke FULL di dasbor cloudflare (menu SSL/TSL)

Ini catatan saya tentang Cara Setting Subdomain Blogspot di Cloudflare yang sempat terjadi host error di cloudflare. Mungkin saja masalahnya tidak sama dengan yang lain.

Artikel Lainnya

About the Author: Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *