Pengertian Monetisasi dalam Website

Secara umum pengertian monetisasi adalah memanfaatkan (sesuatu yang bernilai) sebagai sumber penghasilan/keuntungan. Istilah monetisasi sebenarnya memiliki banyak makna tergantung dari sudut pandangnya. Namun intinya sama yaitu berkaitan dengan keuangan (pendapatan/penghasilan).

monetisasi website

Kata monetisasi merupakan terjemahan dari kata bahasa Inggris “monetize” yang secara etimologi berasal dari kata bahasa Latin “moneta” yang artinya mata uang.

Pengertian Monetisasi dalam Website

Istilah monetisasi (monetize) juga digunakan dalam website maupun media sosial. Pengertian monetisasi dalam website adalah memperoleh penghasilan dari website maupun media sosial (instagram, Youtube, dll) yang dikelolanya.

Dengan demikian, memonetisasi website merupakan usaha memanfaatkan website untuk memperoleh uang (penghasilan).

Penghasilan dari website bisa berasal dari slot iklan dalam website (adsense, MGID, dll), konten artikel berbayar (review, content placement. blogpost), ikut kontes SEO, blog kompetisi.

Sedangkan untuk media sosial, cara memonetisasi adalah dengan menjual data pengguna dan endorsement.

Apakah menjual sesuatu melalui website termasuk monetisasi?

Jika berpedoman kepada pengertian monetisasi dalam website, maka tidak termasuk monetisasi. Meskipun website tersebut menghasilkan uang, namun bukan dari websitenya, melainkan berasal dari produk yang dijual.

Website tersebut merupakan toko online atau hanya sebagai media jual-beli online. Namun jika website tersebut menerima iklan banner atau teks dari pihak lain, maka website tersebut telah dimonetisasi.

Jika website ingin dimonetisasi, maka website harus dikelola dengan baik dan benar dengan mengisi konten yang menarik, bermanfaat. Sehingga ada pihak lain yang bersedia memasang iklan, meminta review, bahkan membeli backlink berkualitas.

Yang artinya, pemilik website akan mendapatkan hasil dari website yang dikelolanya.

Punya website atau blog dan tertarik me-monetisasi? Silahkan!

 

Pengertian Monetisasi dalam Website

Nama Blogku

About the Author: Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *