Memiliki hunian yang sampit bukan berarti Anda tidak bisa membeli banyak barang dan menatanya agar jadi lebih indah. Jasa interior Arskal dapat membantu Anda dalam menata ruangan sempit agar terlihat lebih luas.

Selain memanfaatkan jasa desain interior, Anda sebagai pemilik rumah juga harus tahu bagaimana cara agar ruangan tetap terlihat luas. Apa saja tips yang dapat diikuti untuk membuat ruangan tampak lebih luas? Cek aneka tipsnya di sini.

Tips Menata Rumah Sempit agar Terasa Luas

Kunci dari ruangan sempit terlihat luas adalah bagaimana cara Anda menata dan juga merawatnya. Perabotan maupun dekorasi ruangan harus dibuat agar tampak menyatu dan tidak menghilangkan fungsionalnya.

Apabila selama ini Anda masih merasakan ruangan tampak sempit, itu artinya masih ada beberapa hal yang harus dibenahi. Apa saja hal tersebut, Anda bisa mengikuti tipsnya berikut agar ruangan lebih nyaman.

1. Pilih Cat Dinding Warna Putih

Anda bisa mulai mengganti warna cat dinding di rumah dengan warna terang seperti putih. Warna ini bisa digunakan pada bagian dinding sampai dengan langit-langit ruangan. Putih merupakan warna netral yang tidak akan membosankan.

Justru dengan warna ini, dekorasi atau furniture yang digunakan bisa tampak menonjol. Warna ini juga akan memberikan kesan yang lebih luas.

2. Menambahkan Kaca di Sudut Ruangan

Kaca adalah material yang bisa menciptakan kamuflase ukuran ruangan. Coba saja lihat di kamar apartemen, pasti terdapat kaca yang cukup luas di salah satu sisi dinding. Cara ini bisa Anda tiru sehingga ruangan akan tampak luas.

Penempatan kaca ini paling tepat di ruang tamu atau kamar. Bisa memberikan kaca di bagian sudut atau salah satu dinding. Pilih kaca dengan ukuran lebih besar sehingga ruangan tampak luas pula.

3. Ciptakan Ruang Penyimpanan

Ruangan yang berantakan, banyak dokumen bertumpuk, mainan anak yang berserakan atau pakaian yang belum dimasukkan ke lemari membuat ruang tampak sempit. Anda perlu menciptakan ruang penyimpanan yang tepat sehingga semua barang ini lebih tersusun rapi.

Anda bisa memanfaatkan keranjang yang disusun berjajar untuk meletakkan semua barang tersebut. Termasuk juga jika Anda ingin menata area dapur lebih rapi.

4. Memberikan Tanaman Indoor

Kesan rapi, segar dan luas juga bisa diperoleh dengan menambahkan tanaman indoor. Tanaman akan memberikan efek psikologis yang lebih nyaman bagi pemilik rumah atau tamu. Warna hijau yang segar dapat memberikan ketenangan.

Anda tidak perlu membangun taman dengan kolam di dalam rumah, cukup satu atau dua pot tanaman hidup yang diletakan di sudut ruangan. Jangan lupa untuk tetap merawatnya agar tanaman tumbuh sehat.

5. Optimalkan Jendela Ruangan

Anda bisa juga bisa memperhatikan soal area jendela yang menjadi sumber masuknya sinar matahari. Pasalnya sinar matahari dapat memberikan kesan ruangan lebih luas, apalagi jika berpantulan dengan cat dinding berwarna putih.

Cobalah untuk cek apakah jendela dapat membuat sinar matahari masuk di pagi dan sore hari. Buka jendela setiap harinya supaya udara dalam ruangan terjadi pergantian yang membuat lebih sehat.

Pilih juga tirai yang bermotif ringan dan warna yang harmoni dalam ruangan. Apalagi jika disatukan dengan warna dinding yang putih.

Tidak terlalu sulit jika Anda mau menerapkan masing-masing tips ini. Sekarang mulailah untuk mengecek ruangan mana dulu yang ingin dirombak. Anda bisa mengawalinya dengan merapikan ruangan dan membuat rak penyimpanan.

 

Tampak Lega, Ini Tips Menata Ruangan yang Sempit

Bagikan:

Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.