Sulitnya Artikel Sewa Bus Semarang Bersaing

  • Whatsapp

Ada satu kontes SEO yang cukup menantang dengan keyword “Sewa Bus Semarang”. Keyword atau kata kunci ini termasuk bersifat umum meskipun ada kata “Semarang” namun banyak digunakan oleh biro perjalanan, agen dan semacamnya.

bus pariwisata

Bacaan Lainnya

Tentu saja bagi blog umum maupun diluar “jasa” perlu ekstra keras agar bisa bersaing di halaman awal SERP Google. Bagaimana tidak, halaman 1 dan 2 dikuasai oleh layanan transportasi yang situsnya berisi artikel yang berhubungan dengan layanan sewa bus.

Selain itu, sepertinya mereka melakukan optimasi sejak lama dan hanya berfokus di sekitar topik tersebut. Bahkan tidak mungkin mereka telah menggunakan jasa SEO terutama untuk keyword “sewa bus”.

Sampai saat menulis artikel ini, blog umum, dalam arti blog yang tidak atau sedikit membahas transportasi bus pariwisata belum satupun yang masuk halaman 1. Paling ada di halaman 2 kemudian bergerak menjauh lagi.

Meskipun saya mencoba mengeluarkan kanal wisata yang masih ada hubungan dengan transportasi wisata, keyword “sewa bus Semarang” hanya mampu masuk di halaman 2 google.co.id yang entah kenapa sering loncat jauh ke belakang.

Meskipun blog wisata, namun hanya ada 2 artikel yang membahas transportasi, itupun hanya tips bukan membahas artikel sewa bus wisata secara spesifik.

Salah satu blog diluar topik ikut, yaitu artikel sewa bus Semarang di padamu.net yang merupakan blog pendidikan, malah mampu bertahan beberapa hari, berganti posisi di antara halaman 2 dan 3. Padahal saya tidak melakukan optimasi berlebihan terhadap blog tersebut. Awalnya memang sebagai blog pendukung kanal wisata.

Kontes SEO “Sewa Bus Semarang” ini akan berakhir di akhir bulan April 2020. Sedangkan posisi blog saya masih belum pasti. Jika dioptimasi berlebihan, ada resiko.

Waktu tiga bulan (mulai kontes hingga selesai) rasanya kurang untuk mengoptimasi keyword tersebut. Apalagi banyak situs lama yang terlebih dahulu membahas bus pariwisata. Meskipun ada beberapa peserta yang ikut, namun “kendaraan” blog yang diikutkan masih seputar transportasi seperti sewa, harga, jurusan bus.

Sedikit berbeda dengan kontesĀ Souvenir Tumbler Murah, Beli Aja di Souvenirku.id, blog ini sempat berada di nomor satu tetapi kemudian gerak turun. Hal ini karena keyword spesifik sehingga hasil pencarian menjadi terbatas. Tapi blog ini bukan yang diandalkan melainkan kanal.web.id. Sayangnya hanya satu blog yang bisa menjadi pemenang.

Yah namanya usaha, dicoba saja. Sekalian untuk mengelola blog dummy karena saat ini blog rata-rata turun visitornya semenjak ada wabah virus corona.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *