Kalau mencari sebuah WordPress Theme atau tema WordPress yang cocok untuk blog, tentu akan bingung karena terlalu banyak tema yang ada, baik itu gratis maupun premium. Selain tema-tema wordpress lama yang terus diupdate mengikuti mesin blog WP, juga banyak bermunculan tema baru. Salah satunya Raylight WordPress Theme yang dibuat oleh anak bangsa Indonesia.

Raylight WordPress Theme

Raylight WordPress Theme

Bagaimana tampilan Raylight WordPress Theme? Ya seperti blog ini. Namablogku.com menggunakan tema WP Raylight, dengan sedikit modifikasi (nggak beda jauh dengan demo-nya). Bisa disesuaikan dengan kebutuhan di menu “sesuaikan (customize)” kok.

Yang saya suka dari tema ini adalah sederhana namun tidak meninggalkan SEO friendly. Artinya Raylight WordPress Theme dirancang dan dibuat berdasarkan kaidah-kaidah SEO (ramah SEO). Salah satunya adalah mengutamakan kecepatan loading.

Dari beberapa blog yang saya kelola, saya berusaha membuat tampilan blog sesederhana mungkin karena lebih fokus ke isi tulisan (artikel). Namun, terkadang tidak bisa dihindari yaitu adanya iklan yang membuat “ramai”. Tapi mau bagaimana lagi? Ini berkaitan dengan operasional ngeblog.

Jika saya menggunakan theme wordpress yang berat dengan kode script yang banyak, maka blog akan semakin berat karena ada iklan. Oleh karena itu, saya berusaha mencari tema WP yang simple namun SEO friendly dan bisa dipasang adsense atau iklan lainnya.

Setelah melihat demo Raylight Theme WordPress, saya pun mencoba memakainya di blog ini. Tapi perlu diketahui, theme ini tidak free. Jadi blog punya harga karena menggunakan tema berbayar. Apa saja fitur-fitur yang ada di tema ini? Untuk lebih lengkapnya simak video di bawah ini.

Fitur Utama Raylight Theme

  • Raylight Fast Loading. Kecepatan dioptimalkan agar pengunjung situs tidak “lari” karena lambatnya membuka laman yang diinginkan.
  • Responsive Design. Tampilan website yang responsive menyesuaikan perangkat PC, Tablet maupun Handphone.
  • Raylight Related Post sudah terintegrasi pada tema ini.
  • Share Button untuk memudahkan pembaca membagikan artikel.
  • Raylight Ads Slot untuk meningkatkan penghasilan Google Adsense atau iklan lainnya
  • Raylight Slider.¬†Tampilan slider post yang smooth menjadi fitur andalan dari Raylight.
  • Easy Customize. Customize (sesuaikan) theme mudah dilakukan melalui pengaturan.

Saya meng-customize tema ini untuk digunakan blog ini. Jika ingin lihat standar-nya, lihat DEMO

Bagaimana cara mendapatkan Raylight WordPress Theme ini? Langsung saja ke https://digitalkit.id/raylight

Barangkali akan cukup lama Namablogku.com menggunakan tema ini, dan bukan uji coba belaka. Berganti bukan berarti tidak cocok lagi, namun biasanya agar ada penyegaran (tidak bosan). Atau setidaknya diubah tampilannya lagi melalui penyunting tema biar sedikit berbeda.

Sekali lagi, template atau tema sebuah website itu bersifat relatif sesuai selera pemakainya seperti halnya baju, rumah atau lainnya. Namun, yang perlu diperhatikan SEO friendly jika ingin bersaing di SERP atau hasil penelusuran mesin pencari. Tips Memilih Tema WordPress

Catatan: Saya tidak menggunakan tools untuk cek skor kecepatan atau tools SEO. Hanya berdasarkan feeling saja. Jika tidak cocok, pastinya saya tidak akan menggunakan tema Raylight ini.

 

Raylight WordPress Theme

Bagikan:

Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *