Mengatasi Verification Failed di Sosiago

Di bulan Agustus 2021 ini, saya kembali menambah channel beberapa blog di Sosiago. Namun dari beberapa blog tersebut, ada yang berhasil di-verifikasi namun ada juga yang gagal total alias muncul “Verification Failed” saat melakukan konfirmasi verifikasi.

SOSIAGO adalah platform influencer marketing

Perlu diketahui bahwa Sosiago merupakan sebuah marketplace yang mempertemukan advertiser dengan publisher (Influencer). Dengan kata lain SOSIAGO adalah platform influencer marketing yang memiliki misi untuk menyederhanakan proses dan waktu dalam mencari influencer yang tepat untuk aktivitas promosi campaign Advertiser.

Bagi blogger (orang yang memiliki blog) dan juga pemilik akun Instagram, Twitter, dan Youtube dapat bergabung di Sosiago untuk menghasilkan uang.

Dalam artikel ini saya tidak membahas lengkap tentang apa dan bagaimana bergabung di Sosiago dan juga tidak membahas influencer Instagram, Twitter, dan Youtube, melainkan hanya untuk blog dengan paltform wordpress, berdasarkan pengalaman sendiri.

Kembali tentang mengapa terjadi Verification Failed di Sosiago?

Proses verifikasi (Verification) blog diperlukan oleh pihak Sosiago untuk memvalidasi pemilik blog yang sah, agar tidak terjadi penyalahgunaan. Hanya saja proses verifikasi terkadang gagal meskipun sudah mengikuti panduan yang sudah ada.

Pertama kali saya bergabung di Sosiago tahun 2019, saat pertama kali mendaftarkan blog lenterakecil.com tidak ada masalah. Kemudian mencoba menambah 3 blog kembali, juga tidak ada masalah.

Namun, selanjutnya ada masalah saat menambah beberapa blog yang lain. Terjadi “Verification Failed” saat mem-verifikasi. Padahal sebelumnya tidak ada masalah. Kode script yang diberikan saya pasang dengan benar di <head> blog wordpress melalui plugin Adsense. Saya coba pasang setelah <body> pun, tetap gagal verifikasi.

Setelah saya amati, beberapa blog yang sukses verifikasi ternyata dalam server (hosting) yang sama. Dan blog yang terjadi Verification Failed, itu beda hosting. Ternyata ada beberapa rekan yang mengeluh sama, “blog tidak dapat di-verifikasi”.

Berhubung saya mulai banyak sewa hosting di tempat yang berbeda-beda, maka beberapa blog yang gagal verifikasi akhirnya saya coba pindahkan ke hosting lain dan ada beberapa yang berhasil. Untuk yang masih gagal, saya biarkan dulu.

Entah kenapa, beberapa hari kemudian saya coba verifikasi kembali blog yang “Verification Failed”… eh berhasil. Padahal nggak saya otak-atik lagi. Akhirnya ada 15 blog ada di Sosiago mulai Maret 2019 hingga Juli 2021.

Semua blog yang ada, sudah pernah mendapatkan task dan menghasilkan uang tiap bulan, meskipun tidak banyak. Justru penghasilan terbanyak saat ikut kontes seo sosiago.

Mengatasi Verification Failed di Sosiago

Nah, di Agustus 2021 ini, saya mencoba menambah 8 blog lagi. Dan… proses verifikasi hanya berhasil untuk 2 blog saja. Sedangkan 6 blog lainnya terjadi Verification Failed.

Verification Failed di Sosiago

Sempat bingung juga, kenapa ini? Haruskan saya memindah server lagi untuk blog-blog yang gagal verifikasi, atau saya biarkan dulu?

Saya pun mencoba memindahkan satu blog yang file-nya kecil dan tidak ribet karena menggunakan HTMLy ke hosting yang lain. Ternyata lenterakecil.net yang menggunakan platform HTMLy tersebut bisa di-verifikasi. Tapi, repot juga jika harus memindah 5 blog wordpress lainnya.

Saya pun mencoba menganalisa kenapa sistem sosiago tidak dapat membaca kode script verifikasi. Akhirnya ketemu dan berhasil. Ternyata, plugin cache harus di-nonaktifkan terlebih dahulu.

Kebetulan blog saya ada yang menggunakan plugin wp-super cache dan ada yang menggunakan LiteSpeed Cache. Plugin-plugin tersebut untuk sementara saya non aktifkan dan itu berhasil untuk saya. Setelah blog berhasil di-verifikasi oleh sosiago, plugin cache tersebut saya aktifkan kembali.

Kesimpulan

Jika terjadi Verification Failed atau kegagalan saat verifikasi blog oleh sistem Sosiago, bisa saja disebabkan oleh beberapa hal (ini menurut saya):

  • Kode script tidak lengkap ketika di salin.
  • Kode script belum terpasang dengan benar. Bisa diletakkan di <head>… </head>atau <body>…</body>
  • Plugin cache atau sejenisnya aktif
  • Beberapa server hosting tidak bisa dibaca cepat oleh sistem Sosiago
  • Sistim sosiago error. Catatan: Beberapa kali sosiago tidak dapat diakses (super lemot) oleh Indihome/telkomsel.
  • Untuk pengguna platform Blogspot, jika masih menggunakan http:// ubah menjadi https:// karena sistem pembacaan alamat domain di Sosiago menggunakan SSL.

Mungkin ada penyebab lain mengapa terjadi Verification Failed. Untuk itu, sebaiknya menghubungi CS Sosiago melalui tiket atau kontak yang ada, agar dapat ditindaklanjuti.

 

Mengatasi Verification Failed di Sosiago

Nama Blogku

About the Author: Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

You May Also Like

2 Comments

    1. Bisa saja ini akibat pandemi covid-19. Saat awal pandemi, Sosiago pernah terjadi penundaan pembayaran ke publisher akibat advertiser telat bayar.
      Saat ini setidaknya pembayaran minimal 2 bulan baru cair. Misalkan hasil Agustus akan dibayarkan Oktober. Anggap saja nabung dan Sosiago tidak “berkutik” dengan situasi saat ini. Semoga kembali normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *