Thimble adalah alat yang digunakan untuk menjaga rope sling (sling tali) dan wire rope sling (sling tali kawat baja) agar tidak terjepit dan aus. Rope sling dan wire rope sling meski tampaknya sederhana namun sangat penting penggunaannya dalam kegiatan pengangkatan benda berat dalam berbagai industri.

Rope sling dan wire rope sling adalah tali atau tali kawat baja yang pada ujung-ujungnya dibentuk menjadi lingkaran. Lingkaran tersebut fungsinya sebagai tempat mengaitkan beban yang akan diangkat. Jadi sling ini fungsinya menghubungkan beban atau benda yang diangkat ke alat pengangkat.

Karena itu rope sling dan wire rope sling pada permukaannya sering mengalami gesekan, hentakan, dan tekanan dari beban yang berat. Maka karena penggunaannya yang terus menerus sling akan mudah terkikis atau aus dan bisa terjepit.

Karena itulah maka rope sling dan wire rope sling dilindungi dengan thimble. Selain agar awet juga untuk mencegah jatuhnya beban karena kerusakan sling yang tidak diketahui. Beban yang jatuh selain menimbulkan kerugian materiil juga bisa mengakibatkan kecelakaan pada pekerja.

Jenis-jenis thimble

Jenis thimble sendiri yang umum digunakan dalam berbagai industri ada beberapa macam, yaitu:

  • Thimble standard
  • Thimble heavy duty
  • Thimble heavy duty tube
  • Thimble solid
  • Thimble solid DIN 3091

Adanya varian jenis thimble dikarenakan kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga membutuhkan jenis thimble yang berbeda pula. Di antaranya adalah kebutuhan beratnya beban yang akan diangkat.

Thimble standard mempunyai bentuk yang sederhana. Ukurannya harus pas dengan ukuran tali sehingga bisa terpasang dengan baik dan tidak selip.

Namun untuk ukuran tidak perlu khawatir karena ukuran tali dan thimble sudah ada standarnya. Sehingga akan mudah mencari thimble yang cocok dan pas dengan tali yang digunakan. Thimble standard biasa digunakan untuk mengangkat beban yang cukup ringan.

Thimble heavy duty bentuknya mirip dengan thimble standard. Bedanya pada area pelindung tali yang lebih lebar. Thimble heavy duty ini biasa digunakan untuk menangani beban yang lebih berat.

Thimble standard dan thimble heavy duty biasanya terbuat dari material dengan finishing galvanis atau dari stainless steel. Thimble stainless steel yang tidak mudah berkarat disarankan digunakan untuk tempat yang rawan karat.

Sedangkan thimble heavy duty tube kalau dilihat dari bentuknya lebih aman. Karena dilengkapi dengan tube atau tabung tempat masuknya tali sehingga lebih aman dan tidak mudah lepas atau selip.

Thimble solid dan thimble solid DIN 3091 kalau dilihat mempunyai lubang lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran thimble-nya. Material pembuatnya adalah dari cast ductile iron dan mild steel. Thimble solid ini kuat dan kokoh, cocok untuk mengangkat beban yang berat.

Cara Kerja Thimble

Untuk lebih memahami cara kerja thimble yuk kita ketahui bagaimana cara pemasangan thimble. Alat yang dibutuhkan adalah ferrule yaitu semacam tabung atau tabung pipih yang bisa dimasuki tali. Lalu ada tali atau tali kawat baja, thimble, dan mesin press.

Tali dimasukkan ke dalam ferrule lalu dilengkungkan dan bagian dalam lengkungannya dipasangi thimble. Kemudia ujung tali terus dimasukkan lagi ke dalam ferrule, jadi ada dua tali yang masuk di ferrule.

Ferrule ditarik ke atas sehingga pas dan mengunci posisi thimble. Selanjutnya ferrule ditekan menggunakan mesin press agar semakin mengunci tali dan thimble.

Untuk membeli thimble sendiri bisa melalui website Asmarines.com. Website milik PT Anugrah Sukses Marine ini menyediakan berbagai jenis thimble, dan juga banyak peralatan perkapalan lainnya.

 

Mengenal Thimble: Jenis dan Kegunaannya

Bagikan:

Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.