Ketika anda membeli motor baru, misalnya membeli motor di Suzuki Dealer terdekat. Tentu saja anda harus tahu tentang ban motor apa yang dipakai pada kendaraan yang akan anda beli tersebut. Hal ini karena ada dua jenis ban motor yang sering kita temui di pasar otomotif, yang pertama adalah ban biasa dan yang kedua adalah ban tubeless.

Nah sebelum anda juga menentukan kira-kira ban mana yang ingin anda pakai, tentu saja akan lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu detail dari perbedaan kedua ban tersebut. Karena fungsi dari ban pada kendaraan dapat mempengaruhi kenyamanan serta keselamatan dari sisi pengendaranya.

Sementara itu, jika dilihat dari sisi keamanan dan kualitasnya ban motor tubeless dinilai lebih baik untuk digunakan dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan mobilitas sehari-hari.

Perbedaan Ban Tubeless Dengan Ban Biasa Yang Wajib Anda Ketahui

Ban adalah salah satu komponen paling penting dari suatu kendaraan. Mulai dari kendaraan sepeda, motor, mobil tentu saja kita harus mempertimbangkan dari sisi pemilihan dan juga penggunaan jenis ban apa yang akan digunakan agar memperoleh hasil yang maksimal saat berkendara.

Karena jika ban yang terpasang di kendaraan sudah rusak akibat berbagai macam hantaman, tentu saja hal itu bisa mengganggu kenyamanan dari sisi berkendara.

Artikel Nama Blogku lainnya:  Bagaimana Proses Menstruasi itu Terjadi?

Oleh sebab itu kita harus dapat memilih ban mana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Nah berikut dibawah ini adalah perbedaan dari ban tubeless dengan ban biasa yang wajib anda ketahui.

Harga Ban

Perbedaan yang pertama adalah dari sisi harga. Dimana ban tubeless dikenal memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan ban biasa.

Namun walaupun begitu ada berbagai macam keuntungan yang bisa anda rasakan terlebih jika membeli ban di Suzuki Sbam.

Diantaranya adalah seperti ban tubeless yang hanya harus diganti jika memang sudah menipis kondisinya.

Apabila tertancap benda tajam kita bisa melakukan penambalan sendiri lebih cepat karena terdapat lem khusus untuk ban tubeless.

Bahan Dasar Ban

Masing-masing jenis ban ini sebenarnya sama-sama menggunakan bahan karet.

Tapi untuk ban tubeless sendiri mempunyai lapisan khusus yakni fluid sealant yang bisa mempertahankan sisi kerapatan ban. Berbeda dengan ban biasa yang masih menggunakan inner tube atau ban dalam.

Penggunaan Fluid Sealant ini dinilai lebih bagus karena bisa membuat ban motor menjadi tidak mudah bocor. Hal ini karena kinerja dari fluid sealant yang akan merapatkan bagian jika terkena benda tajam.

Artikel Nama Blogku lainnya:  Cara Astra Toyota dalam Meningkatkan Daya Saing di Dunia Otomotif

Komponen Dari Ban

Komponen dari ban tubeless sendiri hanya terdiri dari ban dan juga velg motor saja.

Nah untuk ban biasa sendiri memiliki komponen yang jauh lebih banyak mulai dari ban dalam, velg, ban luar, lock ring hingga flap.

Memang untuk versi ban tubeless ini jauh lebih simple, serta tetap modern karena mendapatkan dukungan dari fluid sealant yang digunakan untuk menjadi pengganti dari ban dalam.

Daya Tahan Dari Ban

Ban tubeless terkenal sebagai ban yang anti bocor. Hal ini karena memang ban tubeless sendiri mempunyai karakter yang jauh lebih kuat dibandingkan ban biasa sehingga akan cocok jika digunakan untuk berbagai macam jenis medan jalan yang dilalui.

Namun disisi lain penggunaan ban biasa jauh lebih unggul untuk meredam berbagai getaran karena terdapat tambahan dari ban dalam motor. Inilah yang membuat kenyamanan dari penggunaan ban biasa menjadi lebih unggul saat melewati jalan aspal di kecepatan rendah.

Kenyamanan Ban

Ban biasa yang memiliki tekanan keras tetap bisa menghadirkan rasa nyaman saat berkendara. Hal ini tentu saja berbeda jika dibandingkan dengan ban tubeless yang jika terlalu banyak tekanan angin di dalamnya bisa membuat ban menjadi tidak nyaman.

Artikel Nama Blogku lainnya:  Perlunya Kalkulator Premi Asuransi

Terlebih lagi ketika melewati jalanan yang licin dan juga basah karena hujan. Ban jenis tubeless juga bisa membawa rasa tidak nyaman karena akan mudah tergelincir jika dibandingkan dengan ban biasa yang jauh lebih kuat serta aman.

Jika ban tubeless tertancap paku atau benda tajam lainnya, anda hanya perlu melepas paku tersebut kemudian menutupnya dengan cairan lem anti bocor dan ban dapat digunakan kembali. Namun jika bocor yang dialami sudah parah, tidak semua bengkel tambal ban dapat menangani masalah ban tubeless yang bocor ini.

Berbeda dengan ban biasa yang memang jika tertancap benda tajam seperti paku akan lebih riskan, namun tentu saja semua bengkel sudah pasti dapat menambalnya. Termasuk juga anda bisa melakukan perbaikan bersama Suzuki Margonda Depok.

Penggantian ban tubles akan lebih aman jika Anda melakukannya di bengkel resmi Suzuki. Cukup kunjungi salah satu bengkel cabang resmi terdekat berikut ini.

  1. Sejahtera Sumber Baru Trada, website : https://suzukidealerkalimalang.id/
  2. Suzuki Sejahtera Aramada Trada, website : https://suzukimargondadepok.co.id/
  3. Suzuki SBAM Jakarta, website : https://suzukisbam.co.id/

 

Perbedaan Ban Tubeless Dengan Ban Biasa yang Wajib Anda Ketahui

Bagikan:

Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.