Mengapa Sebaiknya Kuliah Setelah Lulus SMA?

  • Whatsapp

Bagi Kamu yang saat ini baru saja lulus dari SMA, pastinya merasa senang sekali. Setelah menjalani pendidikan wajib selama 12 tahun, akhirnya bisa diselesaikan secara baik. Akan tetapi, biasanya kebahagiaan ini akan berangsur larut dan mulai muncul kebingungan. Ya, pasca kelulusan tersebut pastinya Kamu harus mulai memilih langkah apa yang akan Kamu tempuh ke depannya.

Alasan Mengapa Sebaiknya Kuliah

Bacaan Lainnya

Beberapa ada yang mungkin mengambil langkah langsung bekerja. Ada sebagian yang memulai untuk berbisnis. Ada juga yang mulai berkuliah. Memang di masa kelulusan seperti ini mulai banyak kampus yang mulai buka pendaftaran, misalkan pendaftaran STMIK Primakara. Nah, bagi Kamu yang mungkin bingung untuk memilih, tidak ada salahnya untuk memilih kuliah terlebih dahulu. Untuk alasannya sendiri akan kita bahas di artikel berikut.

Alasan Mengapa Sebaiknya Kuliah Terlebih Dahulu

Berkuliah sendiri tentu punya kelebihan tersendiri yang menjadi alasan mengapa melanjutkan kuliah penting untuk kedepannya. Berikut adalah beberapa alasannya:

1. Memperdalam ilmu yang diminati

Perlu kita akui jika ilmu yang didapat selama belajar 12 tahun masih terbilang kurang. Hal ini disebabkan karena banyaknya pelajaran yang harus dipelajari sehingga pemahaman akan pelajaran menjadi kurang mendalam. Saat berkuliah, kita hanya diharuskan memilih jurusan yang kita minati. Dengan begitu, kita bisa lebih memperdalam ilmu yang kita minati.

2. Menambah keahlian dan pengalaman

Saat kita berkuliah, pastinya kita tidak hanya belajar tentang materi saja. Beberapa mata kuliah seperti praktikum, magang, dan skripsi mengharuskan kita untuk belajar di lapangan dan berlatih suatu skill. Dengan pelatihan tersebut, tentunya kemampuan dan pengalaman yang kita miliki juga akan semakin banyak.

3. Memperbanyak relasi

Berkuliah sendiri ternyata juga bisa menjadi ajang untuk bisa bersosialisasi. Kita tidak hanya berteman dengan teman sekelas saja lho. Bisa jadi kita punya rekan di lain fakultas atau universitas, teman satu UKM, atau bahkan kenalan saat melakukan pendaftaran kuliah tahun 2020 ini. Dengan begitu, relasi kita juga akan semakin banyak dan tentunya bisa sangat berguna nantinya.

4. Memperlebar peluang kerja

Dalam dunia kerja, tentunya ada beberapa hal yang menentukan peluang bekerja seseorang. Salah satunya yaitu dari latar belakang pendidikan. Bagi mereka yang berkuliah, tentu saja peluang kerja lebih besar serta jenjang karir yang dimiliki juga terbilang lebih baik.

Beberapa Persiapan Saat Akan Berkuliah

Setelah mengetahui beberapa alasan pentingnya berkuliah setelah SMA, pada kali ini akan kita bahas beberapa persiapan saat akan berkuliah. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Tentukan jurusan yang ingin Kamu ambil

Karena nantinya Kamu yang akan menjalani kuliah selama 3-4 tahun, maka pastikan memilih jurusan yang Kamu rasa tepat. Jangan sampai nantinya ada penyesalan di akhir karena salah jurusan.

2. Pilih kampus yang diinginkan

Jika sudah tahu jurusan yang kamu inginkan, selanjutnya adalah pilih kampus yang diinginkan. Jangan hanya terpaku pada universitas negeri saja. Masih ada beberapa kampus swasta berkualitas yang bisa kamu daftar lewat goKampus.

3. Cari tahu informasi pendaftaran

Cobalah untuk mencari tahu mengenai info pendaftaran dari kampus tersebut. Beberapa info seperti tanggal penting, biaya pendaftaran, berkas administrasi, dan tahapan pendaftaran bisa jadi informasi yang penting lho!

4.Belajar tes masuknya

Jika di kampus tersebut ternyata terdapat tes, maka persiapkan diri Kamu secara matang. Cobalah untuk mulai belajar materi yang kemungkinan keluar di tes nantinya.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai alasan berkuliah serta persiapan yang harus dilakukan. Jangan lewatkan beberapa pendaftaran kampus yang saat ini sedang dibuka seperti STMIK Primakara ataupun kampus lainnya untuk memperbesar peluang Kamu segera berkuliah ya!

 

Alasan Mengapa Sebaiknya Kuliah Terlebih Dahulu

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *