Deceptive Site Ahead atau Website Dianggap Berbahaya oleh Google Chrome kembali saya dapatkan. Kali ini menimpa blog baru yaitu https://lenterapengetahuan.com. Ini saya ketahui setelah membuka Google Search Console (GSC) ada peringatan “Masalah keamanan: 1 masalah terdeteksi”

Padahal ini blog baru. Berbeda dengan kasus sebelumnya Situs Dianggap Berbahaya Oleh Google Chrome karena pasang script iklan MGID.

Perlu diketahui ini bukan masalah tindakan manual yang mengakibatkan blog atau situs tidak terindeks Google. Hanya masalah keamanan yang jika blog atau halaman tertentu dianggap berbahaya oleh Google chrome akan menampilkan peringatan kepada pengunjung.

Terkadang browser lain seperti mozilla, opera mungkin tidak akan muncul peringatan keamanan.

Setelah saya membaca alasannya, adalah:

Google telah mendeteksi konten berbahaya di beberapa halaman situs Anda. Sebaiknya hapus konten tersebut sesegera mungkin. Hingga Anda melakukannya, browser seperti Google Chrome akan menampilkan peringatan ketika pengguna membuka atau mendownload file tertentu dari situs Anda.

Masalah yang Terdeteksi: Halaman penipuan

Deskripsi: Halaman ini mencoba mengelabui pengguna agar melakukan hal berbahaya, seperti menginstal software yang tidak diinginkan atau mengungkap informasi pribadi. Pelajari lebih banyak

URL Contoh: T/A

Masalah yang Terdeteksi: Halaman penipuan

Blog ini baru dan belum ada artikel dan cuma ada halaman disclaimer, privacy. Setelah saya mencoba melacak, aman-aman saja, tidak ada peringatan apapun. Theme dan plugin yang saya gunakan seperti blog lainnya yang saya buat bersamaan yaitu https://lenterainformasi.com. Tidak ada script yang berbahaya.

Mungkin saja ini terjadi, google telah mengindeks https://lenterapengetahuan.com saat SSL belum dibuat, dan saya instal wordpress menggunakan https://

Jika waktu itu dibuka maka akan muncul pengingatan situs tidak aman karena sertifikat SSL belum aktif atau menggunakan sertifikat domain lain, yang mengakibatkan error.

Saya pun mencoba melakukan:

  • Report ke Google, dengan menggunakan link: https://safebrowsing.google.com/safebrowsing/report_error/?hl=en-US
  • Ajukan “minta peninjauan” lewat Google Search Console

Sudah saya ajukan kemarin (1 hari yang lalu) dan saya pun tetap membuat beberapa artikel. Saat artikel ini dibuat, kondisi masih ada peringatan.

Ketika submit sitemap.xml atau inspeksi URL di GSC karena ada beberapa artikel baru, tidak ada masalah dan blog sudah terindeks Google.

Nyatanya sistem Google pun bisa keliru.

UPDATE

Hari ini 15 Agustus 2022, ketika saya buka GSC, ternyata TIDAK ada lagi masalah keamanan. Dengan demikian 2 hari setelah saya mengajukan peninjauan ulang, telah diverifikasi oleh Google.

keamanan website

Saya tidak melakukan perubahan apapun di situs lenterapengetahuan.com. Deskripsi yang saya tulis untuk perbaikan adalah “situs telah menggunakan SSL”, itu saja. Padahal SSL telah saya aktifkan beberapa menit setelah situs terbentuk. (Mungkin bot google meng-crawl saat SSL belum resolved.

 

Situs Baru Kena Deceptive Site Ahead

Bagikan:

Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.