Untuk pertama kali setelah setahun lebih rutin mendapatkan dolar dari Google adsense, pada bulan Juni 2018, pendapatan adsense belum mencapai batas minimal $100.

Artinya, pada bulan Juli 2018 ini, saya tidak menerima pembayaran dari Google adsense.

Hasil Google Adsense Menurun Drastis

Meskipun pendapatan adsense masih 2 digit, namun masih bisa membayar tagihan indihome, listrik maupun keperluan pribadi lainnya.

Lumayan juga penurunannya, hampir 65% dari bulan sebelumnya. Untunglah, ada peningkatan hasil pada bulan mei seiring dengan momen ramadhan dan lebaran, dimana biasanya banyak advertiser memasang iklan.

Penurunan hasil google adsense tidak terlepas dari penurunan visitor blog. Terlebih blog andalan untuk menghasilkan dolar dari Google adalah ber-niche referensi atau pendidikan. Dan pada bulan juni, selain libur lebaran yang cukup panjang, juga merupakan libur sekolah.

Pada awal Juli 2018, pendapatan adsense masih minim, namun mulai 16 Juli 2018 sampai artikel ini saya tulis, sudah ada peningkatan 50%.

Kalau ditambah dengan hasil bulan juni, mudah-mudahan bisa “gajian” karena sudah memenuhi batas minimal pembayaran.

Berdasarkan pengalaman di atas, untuk tahun depan (saat musim libur lebaran dan sekolah) harus ada niche blog selain pendidikan yang sekiranya memperoleh visitor yang stabil. Dengan demikian, diharapkan bisa menerima pembayaran dari Google adsense tiap bulan.

Semoga

Bagikan:

Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *