Mencoba Membuat Halaman AMP

Awalnya saya enggan membuat halaman AMP (Accelerated Mobile Pages) untuk blog yang saya miliki. Selain blog sudah responsive dan cukup cepat dibuka dari mobile, tampilan AMP masih sederhana dan sedikit membingungkan untuk blog wordpress.

Mencoba Membuat Halaman AMP

Barangkali kalau menggunakan blogger.com (blogspot) hanya mengubah template menjadi valid AMP dengan sedikit pengaturan. Namun untuk worpress harus membuat dua tampilan yang berbeda yaitu yang amp dan non amp (standart).

Celakanya tema wordpress yang sekaligus mendukung tema AMP terbatas, dalam artian tampilan desktop dan mobile sama persis. Ada sih, namun harganya cukup mahal.

Namun, sehubungan semua pengunjung blog saya rata-rata 80 persen berasal dari mobile (smartphone), maka saya mencoba membuat halaman AMP untuk semua blog.

Sebagai bahan percobaan saya menggunakan blog ini (namablogku.com) sebagai uji coba AMP terlebih dahulu.

Untunglah wordpress menyediakan banyak plugin termasuk untuk AMP. Ini merupakan salah satu alasan mengapa saya menggunakan wordpress.

Beberapa plugin AMP telah saya coba. Akhirnya saya menggunakan plugin gratis AMP for WP – accelerated Mobile Pages buatan Ahmed Kaludi. Plugin termasuk cepat update-nya.

Memang, untuk meng-kustom tampilan AMP sesuai selera saya agak sulit. Hal ini dikarenakan masih menggunakan plugin AMP gratis dengan tema yang terbatas.

Okelah saya menerima. Yang penting blog sedikit lebih cepat dan yang paling penting isi tulisan blog bukan tampilan, meskipun mengorbankan widget sidebar.

Persoalan lain adalah bagaimana dengan iklan adsense atau iklan yang menggunakan javascript?

Kalau menginginkan tampilan iklan di halaman AMP otomatis berubah seperti saat menggunakan non amp (responsive), jelas tidak bisa karena struktur kode yang berbeda. Perlu setingan lagi.

Lumayan capek otak-atik blog agar adsense dapat tampil di wordpress. Meskipun akhirnya bisa, namun itupun terbatas pada lokasi tertentu saja. Akhirnya saya biarkan dulu.

Yang terpenting, dengan menggunakan plugin AMP for WP blog jadi valid AMP. Sambil berjalan akan saya pelajari dan cari informasi dulu tentang pemasangan iklan adsense di AMP yang mudah dan gratis. (kalau pakai plugin premium bisa).

Pokoknya mencoba dulu membuat halaman AMP di blog ini. Jika dirasa berhasil maka akan saya terapkan di blog yang lain. Nanti akan saya tulis hasil uji coba ini pada artikel lain. Ditunggu saja.

 

Catatan: Mencoba Membuat Halaman AMP

Artikel Lainnya

About the Author: Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *