Alasan Migrasi Blog dari Blogspot Ke WordPress

Ada beberapa blog utama saya yang telah melakukan migrasi dari platform blogspot ke wordpress. Sebelumnya, blog yang telah migrasi tersebut hanya blog kecil, dalam artian kurang terurus dan kurang bagus di SERP mengingat isi blog kurang bagus alias ala kadarnya.

Alasan Migrasi Blog dari Blogspot Ke WordPress

Namun, pada bulan Januari 2019 ini, saya memberanikan diri memindah (migrasi) blog, dari mesin blog (platform blog) yang berbeda.

Padahal blog yang di hosting di blogger.com tersebut sudah memiliki pengunjung yang lumayan. Rata-rata 5000 view per hari. Bahkan pernah mencapai 10 ribu lebih per harinya.

Selain itu, blog tersebut sudah menggunakan domain khusus (custom domain) dan dibuat sejak tahun 2015 dengan subdomain gratis blogspot.com.

Selain itu, ada ratusan artikel dan cukup banyak berada di halaman awal SERP Google.

Alasan Migrasi Blogspot ke WordPress

Perlu diketahui, pertama kali ngeblog secara serius saya menggunakan wordpress dan baru menggunakan blogspot setelah “cukup berhasil” mengelola blog wordpress.

Terus terang, faktor hosting gratis itu yang menjadi pilihan saya terus menggunakan blogspot. Namun ada beberapa hal yang mengharuskan saya pindah ke wordpress.

1. Serius Ngeblog

Saat menggunakan blogspot saya juga serius. Namun keseriusan berlanjut ke bagaimana agar lebih fokus ngeblog (hanya update artikel saja) tanpa harus memikirkan tampilan dan kode-kode script mesin blog-nya.

Mengingat wordpress mendapat banyak dukungan dari pihak ketiga seperti pembuat tema, plugin serta komunitas wordpress, maka ngeblog menggunakan wordpress menjadi lebih mudah mencari referensi.

Kita tidak perlu pusing memikirkan bagaimana membuat tampilan atau fungsi-fungsi blog yang kita inginkan. Tinggal cari tema dan plugin yang cocok dan sesuai selera. Beres. Selanjutnya kita hanya fokus ke konten.

2. Hosting Sendiri

Meskipun mendapat jatah 15 Gb dari Google, namun jatah tersebut berbagi dengan aplikasi Google yang lain seperti gmail, drive, dll. Kecuali kita membayar untuk meng-upgrade kapasitasnya.

Berbeda dengan wordpress di mana kita bisa memilih web hosting sendiri sesuai kemampuan. Dan yang lebih penting, kita bisa mengatur apa saja yang akan dimasukkan ke dalam blog karena kita memiliki akses ke server hosting. Berbeda dengan blogspot.

3. Serius Ingin Mendapatkan Penghasilan

Menggunakan blogspot pun sebenarnya bisa. Namun kurang maksimal. Ada beberapa kasus yang saya temukan pada blog yang menggunakan blogspot dengan yang menggunakan wordpress dalam mendapatkan penghasilan.

Hasil iklan di blog wordpress lebih tinggi dibandingkan blogspot. Padahal jumlah views blogspot ada yang lebih banyak daripada wordpress. (Saya menganalisa hasil Google Adsense dan MGID dalam beberapa bulan).

Bisa jadi karena penempatan iklan di blogspot kurang maksimal. Jika pun ingin memaksimalkan, mau nggak mau harus mengedit kode template blogspot.

Penghasilan lain adalah dari artikel review (blogpost). Entah kenapa, dari beberapa pilihan blog yang saya miliki untuk artikel review, pemesan artikel kurang atau tidak tertarik dengan blog yang menggunakan blogspot. Mereka lebih banyak memilih blog wordpress. Padahal trafik blog yang pakai blogspot lumayan banyak.

4. Lebih Serius Lagi

Ada anggapan bahwa kalau ngeblog pakai blogspot itu tidak serius, apalagi untuk blog bisnis. Barangkali untuk blog personal yang hanya ingin menulis online atau melaksanakan tugas sekolah atau sekedar belajar ngeblog, tentu tidak ada masalah.

Barangkali untuk blog bisnis, memang kurang sesuai meskipun telah menggunakan domain khusus. Bagaimanapun juga, blogger.com dikenal sebagai blog gratisan yang tentu saja memiliki kelemahan.

Nah jika kita menggunakan wordpress, blog terlihat sedikit profesional (tapi bukan yang pakai subdomain wordpress.com). Artinya kita serius karena telah mengeluarkan uang untuk membeli domain dan hosting tiap tahun.

Meskipun demikian, menggunakan blog wordpress hosting sendiri aja juga kekurangannya, antara lain:

  1. Yang pasti bayar
  2. Menjadi sasaran hacker, spamming
  3. Blog rentan hilang, dihapus jika telat bayar atau melanggar aturan hosting.

Kalau ingin serius ngeblog, lebih baik pakai wordpress saja. Baca cara migrasi blogspot ke wordpress agar tidak kehilangan pengunjung versi saya.

Mau mencoba?

 

Alasan Blog Migrasi dari Blogspot Ke WordPress

Artikel Lainnya

About the Author: Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *