Pelatihan yang Paling Diminati Peserta Kartu PraKerja

  • Whatsapp

Seperti kita ketahui bersama bahwasannya Pemerintah telah meluncurkan program Kartu PraKerja untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi corona.

pelatihan kartu prakerja

Bacaan Lainnya

Program ini diharapkan bisa sedikit membantu masyarakat prakerja baik yang mungkin terkena PHK maupun untuk mereka yang sulit mendapatkan pekerjaan. Tentu kita semua tahu bahwa keadaan saat ini sangat menyulitkan bagi siapa saja.

Program Kartu PraKerja sendiri adalah program dimana para pesertanya akan mendapatkan insentif dari Pemerintah sebesar 3,5 juta. Uang sebesar itu diberikan secara bertahap selama tiga bulan. Uang 3,5 juta tidak bisa diuangkan semuanya, namun yang 1 juta dipergunakan untuk mengikuti pelatihan yang telah disediakan oleh pemerintah.

Ada banyak sekali jenis pelatihan yang bisa diikuti oleh para peserta kartu prakerja. Pelatihan yang disediakan diantaranya adalah pelatihan memasak, pelatihan menjahit, dan beberapa pelatihan yang lainnya tentunya dengan biaya yang berbeda-beda.

Pelatihan dengan biaya paling murah adalah Rp 24.000 diikuti oleh 42 orang. Sedangkan pelatihan dengan biaya paling mahal adalah Rp1 juta dipakai 22.000. Pelatihan-pelatihan tersebut disediakan oleh mitra pemerintah dalam program Kartu PraKerja itu sendiri. Diantara mitra pemerintah itu ada Tokopedia, Ruangguru, MauBelajarApa dan beberapa mitra lainnya.

Dari sekian banyak pelatihan yang ada tersebut ternyata tidak semuanya mendapat perhatian dari para peserta program. Ada yang sepi peminatnya, ada yang sangat banyak sekali peminatnya. Salah satunya adalah Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi.

Pelatihan yang Bencoolencoffee berikan akan berbeda dengan pelatihan barista biasa dimana peserta akan mendapatkan banyak sekali manfaat yang akan diperoleh dengan luar biasa seperti:

Mengetahui karakteristik dan jenis KOPI JUJUR , mengetahui jenis kopi, menerapkan teknik pembuatan minuman berbahan dasar kopi dan penjelasan tugas profesi barista, cara meracik kopi, memberikan pelatihan pemahaman dan penggunaan peralatan kopi yang bisa digunakan oleh seorang Barista

Tidak ketinggalan akan memberikan pelatihan dalam membuka Usaha Kedai Kopi dengan modal minim, agar bisa membuka kopi didaerah tempat tinggal dengan biaya terjangkau namun tetap memberikan penyajian dan cita rasa kopi jujur terbaik.

Dedi Yudianto menjelaskan bahwa memang ada beberapa pelatihan yang memang ada banyak sekali peminatnya. Pelatihan yang paling banyak mendapatkan atensi dari peserta dan diikuti adalah pelatihan bahasa Inggris. Pelatihan Bahasa Inggris ini diminati sebanyak 6.834 yang materi di dalamnya adalah termasuk belajar grammar dan toefl.

Secara terperinci sampai gelombang ke II, peserta pelatihan dari beberapa plaform digital mitra program Kartu Pra Kerja ini adalah Tokopedia sebanyak 6.356 pelatihan, Ruangguru terdapat 62.184 pelatihan. Lalu Bukalapak ada 8.466 pelatihan dan MauBelajarApa ada 2.665 pelatihan.

Platform digital lain seperti Sekolahmu tercatat ada 6.337 pelatihan. Untuk PintarMahir tercatat ada 3.206 pelatihan, kemudian Sisnaker ada 11.169 pelatihan, dan Pintaria ada 6.529.

Tentu saja setiap waktu akan diperbaiki dan disempurnakan agar lebih berguna tepat guna untuk masyarakat. Sejauh ini sudah tercatat ada 9,4 juta yang mendaftar di aplikasi. Presiden sendiri berkeinginan agar program Kartu Pra Kerja ini diprioritaskan kepada masyarakat yang mengalami PHK dan dirumahkan sebagai peserta pada gelombang selanjutnya.

Semoga saja program ini benar-benar bermanfaat dan tepat sasaran agar masyarakat bisa terbantu dan bisa sedikit meringankan bebannya. Kita semua dan Dedi Yudianto lebih dari itu tentunya berharap agar pandemi dan wabah ini segera berakhir dan kehidupan kembali normal sehingga kita bisa bekerja dengan baik lagi seperti sedia kala.

 

Pelatihan yang Paling Diminati Peserta Kartu PraKerja

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *