Hasil Kontes SEO 2019

Pada tahun 2019 ini, saya kembali mencoba ikut kontes SEO. Padahal sejak tahun 2016 saya sudah tidak lagi ikutan kontes. Alasan ikut kontes SEO, selain ingin mengetahui hasil SERP google untuk keyword khusus (ditentukan penyelenggara) juga ingin meng-update blog dummy yang saya miliki.

Ada 4 kontes SEO yang saya coba ikuti hingga pertengahan tahun 2019 ini, yaitu “Stimuno Untuk Balita”, “Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri”, “Asuransi Kendaraan MSIG, Berkendara Tanpa Cemas” dan “Sabun Transparan Adev Natural”.

Saya coba analisa satu per satu.

1. Stimuno Untuk Balita (24 Dec 2018 – 23 Mar 2019)

Saya ikuti kontes sudah berjalan dan tinggal sebulan sebelum berakhir. Setelah membuat artikel dan “suntik” backlink dengan blog dummy, artikel bergerak menuju page one. Namun entah mengapa SERP Google menunjukkan hal yang aneh atau tidak normal seperti biasanya, yaitu jumlah hasil halaman cuma 6. Dan blog saya pun nggak muncul. Baca Ada Yang Aneh Untuk SERP Kontes SEO 2019

Padahal, jika muncul hasil pencarian normal (dalam arti hasil pencarian bisa banyak) posisi blog ada di page one.

Hingga akhir penjurian, hasil SERP menunjukkan yang “aneh” (tidak lengkap/normal).

2. Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri (Februari 2019 – 1 Mei 2019)

Hampir bersamaan dengan kontes seo Stimuno, saya pun mencoba ikut karena waktu masih cukup panjang. Dan kali ini hasil SERP normal, dan blog saya lenterakecil.com bisa di page one meskipun tidak masuk 3 besar.

Namun menjelang berakhirnya kontes, web hosting lenterakecil.com habis dan saya memindahkan ke web hosting yang lain. Ini cukup fatal. Posisi blog tiba-tiba terlempar jauh. Mengingat batas akhir semakin dekat dan server hosting baru maka tidak ada waktu lagi untuk mengoptimasi.

3. Asuransi Kendaraan MSIG, Berkendara Tanpa Cemas  (27 Februari 2019 – 27 Mei 2019)

Ada informasi dari rekan tentang kontes seo dan saya lihat sudah berjalan separuh dari waktu pendaftaran. Akhirnya saya mencoba ikut lagi.

Setelah dioptimasi, 2 blog yang saya andalkan berhasil berada di halaman pertama.

Saya cukup optimis, salah satu blog saya bisa menang. Namun Google kembali menunjukkan keanehan. Menjelang penutupan kontes SEO, hasil SERP berubah (kembali terbatas) dan membuat semua yang ada di page one hilang dan berganti artikel lain. Hasil pun cuma 6 halaman.

Hingga batas penilaian tidak berubah dan akhirnya blog saya pun tetap hilang. Uniknya, blog dummy sebagai pendukung (backlink) malah muncul, hanya saja berada di halaman 2 dan 5.

4. Sabun Transparan Adev Natural ( 28 Maret 2019 – 20 Juli 2019)

Tidak seperti kontes seo sebelumnya yang saya ikuti, kali ini waktu kontes cukup lama. Akhirnya saya buat artikel April 2019 (waktu awal kontes) dan tidak saya daftarkan dulu untuk mengetahui perkembangan SERP, apakah tidak normal lagi?

Setelah mendekati batas akhir pendaftaran 20 Juli 2019 dan saya lihat posisi blog cukup bagus, maka pada tanggal 5 Juli saya daftarkan 2 blog.

Beruntung, hasil SERP Google normal dan pada saat penjurian, 2 blog saya masuk 10 besar.

Saat pengumuman resmi untuk menentukan pemenang (setelah divalidasi) di publikasikan pada 8 Agustus 2019, blog kanal.web.id bisa menjadi juara 1 dan blog www.lenterabisnis.com menjadi juara 8 (peserta no 7 tidak valid).

Kesimpulan

Entah mengapa SERP Google berubah menjadi tidak normal? Bisa saja terjadi update algoritma, atau bisa juga Google Mengabaikan Hasil Kontes SEO.

Jika saja Hasil penelusuran Google normal, 3 kontes SEO yang saya ikuti di 2019 ini bisa saya menangkan, meskipun tidak juara 1.

Apakah saya akan ikut kontes SEO lagi? Entahlah…

Artikel Lainnya

About the Author: Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *