Cukup Sibuk Mengelola Blog di Desember 2019 Ini

  • Whatsapp

Ini hanya catatan kecil kecil saya dalam mengelola blog. Cukup sibuk di bulan Desember 2019 ini, bukan hanya harus update blog saja melainkan ada beberapa kegiatan yang harus saya tangani.

ngeblog

Muat Lebih

1. Publikasi Artikel Pesanan.

Alhamdulillah beberapa task saya dapat dari sosiago. Hingga artikel ini saya tulis, ada 25 artikel yang sudah saya publikasikan sesuai permintaan. 2 diantara “create”. Memang cukup hanya mempublikasikan tanpa membuat artikel, namun bagaimanapun juga tetap harus diedit dan menambah gambar, kecuali task “create” yang diharuskan membuat artikel sendiri.

Selain task dari sosiago, permintaan content placement juga datang dari beberapa pihak. Dan semua harus segera saya kerjakan.

2. Blog Baru

Ini yang cukup menyita waktu di bulan ini. Saya membangun 3 blog sekaligus yaitu Materi Digital, Arsip Digital dan Literasi Online. Target akhir bulan ini ketiga blog tersebut masing-masing sudah memiliki setidaknya 20 artikel. Meskipun isinya artikel ulang (sudah pernah dipublikasikan pihak lain) namun tetap saya edit agar tidak sama persis dengan sumber dan menambah nilai bagi pembaca.

3. Pindah Server

Ada beberapa blog yang pindah hosting. Setelah saya perhatikan, ada beberapa blog yang punya sedikit masalah yaitu sering down dan lemot (menurut saya). Akhirnya saya pindah ke hosting dan server lainnya. Ini juga cukup menyita waktu karena harus mem-backup dan memindahkan ke server baru.

4. Update WordPress

Entah kenapa update core wordpress kali ini menimbulkan masalah. Selain terlalu cepat rilis versi barunya, terkadang ada error jika ada plugin jetpack (hampir semua blog wp saya, diintal plugin ini). Di email mendapat info “Your Site is Experiencing a Technical Issue“. Takut ada apa-apa, saya coba perbaiki masalah itu.

Semua permasalahan di atas (kecuali nomer 1) tentu saja mengganggu untuk meng-update blog-blog saya lainnya. Dan untuk kontes SEO yang saya ikuti yaitu “Halodoc Konsultasi Dokter” menjadi tidak terurus juga.

Kali ini saya nggak terlalu menggebu-gebu agar masuk 3 besar. Optimasi apa adanya mengingat waktu sudah mepet dan tenaga sudah dihabiskan untuk kontes seo sebelumnya yaitu UNICEF yang bisa meraih 4 juara.

Enjoy saja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *