Apakah WP Starter Pack SCAM?

Ada promosi di facebook yang menjual paket plugin dan tema wordpress dengan harga yang sangat-sangat murah bahkan sepertinya tidak masuk akal. Namanya WordPress Starter Pack (WP Starter Pack). Apakah ini termasuk penipuan (scam)?

WP Starter Pack

Awalnya saya tertarik, apalagi harga paket cuma $ 29. Meskipun ada klaim ribuan plugin dan tema wordpress, namun saya hanya butuh beberapa saja. Saya pun mencoba browsing di situs WP Starter Pack. Wuih memang menggiurkan. Tapi saya masih ragu dengan harga yang ditawarkan.

Top Premium WordPress & WooCommerce products for just 199USD 29USD! All that your business needs is here! Package worth over 20 000USD+. Save money and build beautiful websites using uncountable number of demos, features and plugins!

Akhirnya saya mencoba mencari informasi terlebih dahulu dan ternyata ada ulasan dari South Asian Express dengan judul “WP Starter Pack SCAM | Mega Scam Unearthed by The South Asian Express Team”  https://sae.news/2019/08/18/wp-starter-pack-scam-mega-scam-unearthed-by-the-south-asian-express-team/

Kira-kira terjemahannya sebagai berikut:

Sebuah situs web baru yang terdaftar pada 23 Mei 2019 telah tertangkap basah terlibat dalam mega scam. Situs web tersebut mengklaim menjual ribuan perangkat lunak premium dan pro, kebanyakan plugin dan tema wordpress, dengan harga sekali pakai $ 29 . Harga sebenarnya dari plugin dan tema ini diperkirakan lebih dari $ 8000 oleh tim South Asian Express.

Penipuan tersebut ditemukan oleh tim South Asian Express ketika salah satu pengembang kami melihat iklan facebook dari paket perdana WP. Tim hukum South Asian Express segera diberi tahu dengan situs web yang tidak wajar ini.

Tim South Asian Express menghubungi Elementor PRO dan tim Tagdiv (Pengembang Tema Koran 9) dan mengonfirmasi bahwa seluruh usaha terlibat dalam bisnis ilegal.

Analisis Lain Dari The South Asian Express

Tidak Ada Alamat Kantor

WP Starter Pack tidak memberikan alamat kantor apa pun. South Asian Express mencari secara online dan tidak ada perusahaan yang terdaftar seperti “WP Starter Pack”. Sebagian besar endorser berasal dari Pakistan dan beberapa tidak memiliki latar belakang pemrograman.

Software Ilegal

WP Starter Pack hanya menjual Software versi ilegal. Mereka tidak memiliki lisensi asli. Situs tersebut menyesatkan pengguna dengan mengatakan semua plugin dan tema di wordpress berada di bawah lisensi GPL. Ini tidak benar. Hanya plugin dan tema yang dirilis di bawah wordpress.org yang dilisensikan di bawah GPL. Tema dan plugin yang dijual di luar situs wordpress.org tidak dirilis di bawah GPL. Misalnya, tema newspaper 9 tidak dirilis di bawah GPL.

Jika Anda menggunakan tema atau plugin yang mereka sediakan, Anda bisa dituntut oleh pemilik hak cipta asli. Ada skrip otomatis yang memeriksa tema dan plugin yang Anda gunakan dan pemilik copyright yang cukup waras akan mengetahui Anda menggunakan tema mereka.

Konsekuensi :

Setidaknya Anda akan diminta untuk membayar biaya asli dari plugin atau tema tersebut. Yang mungkin dikenakan biaya hingga $ 8000. Yang terburuk Anda akan menghadapi tindakan hukum. Dan Anda mungkin harus membayar denda tambahan dan juga mengkompensasi biaya hukum yang ditanggung oleh pengembang.

Jaga keamanan kredensial Anda:

WP StartePack menyediakan beberapa opsi pembayaran. Jika Anda menggunakan kartu kredit atau PayPal untuk pembayaran, pastikan Anda mengubah PIN Anda. Sebagian besar situs web palsu ini menghasilkan uang dengan mencuri kredensial Anda.

Potensi Malware

Ada beberapa sumber yang menyediakan perangkat lunak Premium secara gratis. Tapi ada tangkapan. Sementara penjual membelinya dengan harga awal, dia akan menambahkan malware yang akan mencuri informasi dari komputer Anda. Sangat mungkin bahwa wpstarterpack.com mungkin telah memasukkan malware ke dalam plugin dan temanya.

Sumber Pengesahan

Tim South Asian Express ingin mengungkap seluruh jaringan yang terlibat dalam penipuan tersebut. Kami memeriksa sumber dukungan. Sebagian besar dukungan berasal dari Pakistan. Sangat mungkin bahwa WP Starter Pack berbasis di Pakistan mengingat lemahnya penegakan hukum hak cipta di negara tersebut.

Kesimpulan

Akhirnya saya tidak jadi membeli WP Starter Pack tersebut. Secara logika sepertinya tidak masuk akal jika software tersebut original. Namun saya tidak berani menyimpulkan bahwa penjual WP Starter Pack itu penipuan karena saya belum mencoba.

Lebih baik pakai tema atau plugin gratisan saja yang disediakan worpress. Selain aman, toh saya hanya blogger biasa yang nggak perlu plugin atau tema yang mahal yang barangkali memang dibutuhkan oleh perusahaan jasa.

 

Apakah WP Starter Pack SCAM?

Nama Blogku

About the Author: Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *