Entah kenapa kali ini saya kena kuota terlampaui (kena limit) saat submit URL di Google Search Console (GSC). Seingat saya, sejak zamannya GWT (Google Webmaster Tools) belum pernah mengalami hal seperti ini.

Kena Kuota Terlampaui di Google Search Console

Kuota Terlampaui di Google Search Console

Hari ini saya mencoba submit URL untuk beberapa blog yang baru diupdate. 5 url dapat berjalan lancar dan menunggu antrian dirayapi. Namun saat mencoba url yang ke 6, tiba-tiba muncul:

“Kuota Terlampaui

Maaf, kami tidak dapat memproses permintaan ini karena Anda telah melampaui kuota harian. Harap coba kirimkan permintaan ini lagi besok”

Saya coba ulang, hasilnya sama. Aneh juga. Baru kali ini saya mengalami hal ini. Jikapun submit url cukup banyak, biasanya diminta klarifikasi bukan robot dengan mencentang reCAPTCHA. Setelah itu pengindeksan url dapat dijalankan kembali.

Saya pernah membaca bahwa submit url memang dibatasi jumlahnya per hari. Namun tidak disebutkan jumlah kuota per harinya. Juga, apakah untuk satu akun atau untuk satu properti?

Setelah saya coba ganti properti, ternyata mengalami hal yang sama, kena Kuota Terlampaui. Kesimpulan sementara: untuk satu akun yang sama. Padahal belum mencapai 10 submit.

Akhirnya saya coba submit url untuk akun lainnya di komputer dan jaringan internet yang sama, tanpa melakukan perubahan apapun (refresh browser, restart modem). Dan ternyata bisa.

submit url

Cara Mengatasi Kuota Terlampaui

Kalau begini repot juga. Dibatasi harian (yang nggak tahu berapa jumlah limit-nya). Dalam satu akun, ada banyak blog (dari 53 blog, saya pasang di 2 akun). Belum lagi akun GSC untuk blog dummy yang jumlahnya ratusan.

Akhirnya saya mencoba mengatasi agar tidak kena “Kuota Terlampaui” dan bisa submit url kembali.

Disclaimer: Mungkin ini bisa saja tidak berhasil untuk semua orang.

Cara Mengatasi Kuota Terlampaui yang saya lakukan adalah:

1. Restart Modem

Saya menggunakan koneksi internet Indihome, dimana Indihome menggunakan IP dinamis dan akan berubah jika di-restart ulang.

2. Tutup browser

Saya menggunakan browser Chrome. Usaha melalui refresh browser (F5) gagal. Akhirnya saya tutup dan buka kembali setelah me-restart modem. Restart komputer mungkin lebih bagus lagi.

Dan akhirnya saya bisa submit url meminta ulang pengindeksan. Tapi kali ini tidak submit banyak karena sudah selesai. Jadi belum tahu kena “Kuota Terlampaui” lagi atau tidak. Atau mungkin GSC saat ini ada error.

Dalam Bantuan Search Console juga ada yang bertanya, “Bagaimana cara mengatasi Kuota Terpenuhi Atau Limit pada Google Search Console?”

Dan dijawab oleh pakarnya:

“Alat minta pengindeksan ini diperuntukkan bagi halaman-halaman yang penting saja yang perlu urgent diindeks. Jadi tidak perlu submit di sini untuk setiap artikel baru. Untuk artikel-artikel baru, cukup dengan update sitemap saja. Kalau di sitemap sudah ada URL barunya, maka tidak perlu melakukan apa-apa lagi. Google akan mengcrawl sitemap dan mengindeks URL baru dari situ. Begitu juga kalau ingin minta pengindeksan untuk banyak URL, ini cukup dengan mengirim sitemap.”

Kurang memuaskan, bukan?

Kesimpulan

Bisa saja Google melakukan update di GSC dengan memperketat aturan permintaan pengindeksan. Kecuali terjadi error, pembatasan kuota, baru kali ini saya alami.

Jika benar-benar ada pemberlakuan kuota, gunakan untuk yang penting saja, seperti perubahan blog secara menyeluruh, submit hanya artikel pilar. Gunakan saja submit sitemap.xml dan biarkan google merayapi secara alami.

Manfaatkan tools submit url lainnya untuk membantu (ping) atau gunakan fast index API dari Rankmath.

 

Kena Kuota Terlampaui di Google Search Console

Bagikan:

Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Saya perhatikan sekarang batasan kuotanya 11 kali submit per hari sampai muncul pop up tulisan kuota terlampaui. Setelah tulisan itu muncul maka kita masih bisa submit 1 link per 3 menit sekali.