Apa Sih Foundation dan Concealer Itu?

Untuk cewek barangkali istilah foundation dan concealer nggak asing lagi. Tapi bagi cowok, mungkin saja masih asing. Namun nggak ada salahnya bagi cowok untuk mengerti dan memahami foundation dan concealer. Siapa tahu pacar atau istri minta tolong dibelikan, namun nggak tahu dengan barang yang dimaksud.

Foundation dan Concealer

Istilah foundation dan concealer tidak terlepas dari dunia kecantikan yaitu kosmetik. Keduanya merupakan produk make-up, yang terlihat mirip dan memiliki satu kesamaan fungsi dasar yaitu mampu menutupi kekurangan pada kulit wajah.

Namun sebenarnya foundation dan concealer memiliki fungsi lain yang berbeda, yang akhirnya membuat produk tersebut menjadi beda.

Pengertian Foundation

Foundation adalah alas bedak yang berfungsi untuk meratakan warna kulit. Jika saat make-up menggunakan foundation maka membuat warna kulit terlihat lebih rata dan flawless. Bentuk foundation bermacam-macam ada yang cair, bubuk, atau krim.

Foundation menjadi salah satu produk make-up yang cukup penting dalam menciptakan tampilan riasan. Anda harus memilih warna foundation terbaik yang sesuai dengan tone kulit Anda untuk mendapatkan hasil riasan yang terlihat natural dan bagus.

Sebaiknya, pilih warna yang paling mendekati warna kulit. Harap diingat ya, jangan menggunakan foundation terlalu terang ataupun terlalu gelap dari tone kulit. Tapi, seragamkan warna foundation dengan warna leher Anda.

Dengan demikian foundation merupakan dasar make-up agar warna kulit terlihat lebih cerah dan tidak timpang dengan riasan yang digunakan.

Pengertian Concealer

Concealer dan color corrector merupakan jenis kosmetik yang berfungsi mirip foundation yaitu untuk menutupi dan meratakan warna kulit di wajah. Namun Concealer hanya digunakan untuk menutupi beberapa kekurangan seperti bintik-bintik hitam karena usia, lingkaran hitam di bawah mata, pori besar, jerawat dan bekas jerawat, serta warna kulit wajah yang tidak merata.

Concealer terbaik terdiri dari berbagai macam warna yang memiliki fungsi masing-masing, misalnya:

  • Concealer kuning digunakan untuk menyembunyikan lingkaran gelap atau bintik-bintik hitam.
  • Concealer warna hijau atau biru untuk menyamarkan bintik-bintik merah atau bekas jerawat.
  • Concealer ungu bisa membantu wajah tampak lebih cerah.
  • Concealer warna cokelat bisa memberikan efek shading, atau menggelapkan area yang terlalu terang.

Concealer memiliki tekstur yang lebih padat dari foundation sehingga produk ini hanya digunakan pada area-area wajah yang terdapat kekurangan saja.

Perbedaan Foundation dan Concealer

Berikut ini beberapa perbedaan concealer dan foundation secara umum yang perlu dipahami:

Foundation Concealer
Fungsi dasar sebagai alas bedak untuk menyamakan warna seluruh kulit wajah untuk menutupi kekurangan-kekurangan kecil di wajah dan membaurkannya dengan warna kulit di sekitarnya
Penggunaan digunakan ke seluruh kulit wajah hanya digunakan pada bagian-bagian yang diperlukan
Kandungan mengandung sedikit  pigmen mengandung banyak pigmen
Tekstur tekstur encer tekstur kental
Ketersediaan hanya tersedia dalam warna kulit tersedia dalam beberapa warna, seperti warna kulit, cokelat, kuning, hijau, biru, atau ungu

Hasil make-up yang sempurna sebenarnya bisa diperoleh karena beberapa hal seperti pemakaian produk kosmetik yang bagus dan kemampuan merias yang baik. Selain itu, perlu juga mengetahui soal fungsi setiap jenis make-up yang akan digunakan.

Dalam memilih produk concealer maupun foundation, sebisa mungkin pilihlah yang terbuat dari bahan alami agar tidak menimbulkan efek samping pada wajah. Anda bisa menggunakan concealer dan foundation dari The Body Shop. Ada banyak sekali jenis concealer dan foundation yang bisa Anda pilih.

 

Perbedaan Foundation dan Concealer

Artikel Lainnya

About the Author: Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *