Jasa penerjemah tersumpah adalah salah satu bisnis yang sedang berkembang di era globalisasi saat ini. Dalam bisnis ini, seorang penerjemah tersumpah dituntut untuk dapat menerjemahkan dokumen dari satu bahasa ke bahasa lain secara akurat dan sah secara hukum. Bisnis ini menjanjikan keuntungan yang besar, terutama karena semakin banyak perusahaan dan individu yang membutuhkan layanan terjemahan yang sah secara hukum.

Cara Membuka Jasa Penerjemah Tersumpah

Berikut adalah gambaran umum bagaimana cara membuka jasa penerjemah tersumpah:

Persiapkan Kemampuan Bahasa

Persiapan kemampuan bahasa adalah hal pertama yang harus dilakukan. Pastikan bahwa kemampuan bahasa kamu sangat baik dan mampu menerjemahkan dokumen dari satu bahasa ke bahasa lain secara akurat dan jelas. Kamu juga harus memahami istilah-istilah hukum yang digunakan dalam dokumen tersebut.

Ikut Ujian Profesi

Kamu harus mengikuti serangkaian ujian penerjemah tersumpah dan hanya bisa lulus jika nilai ujianmu memenuhi atau melebihi syarat minimal. Setelah lulus kamu akan dilantik oleh pejabat yang berwenang, mendapatkan sertifikat, dan diperbolehkan mulai membuka jasa penerjemah tersumpah.

Tentukan Harga

Tentukan tarif yang tepat untuk jasa penerjemah tersumpah kamu. Harga tergantung pada kompleksitas dokumen yang akan diterjemahkan dan jumlah kata. Pastikan harga yang ditawarkan wajar dan kompetitif di pasaran. Ini akan membantu menarik lebih banyak klien dan mempertahankan klien yang sudah ada.

Kembangkan Jaringan

Kembangkan jaringan kamu dengan bergabung dengan asosiasi atau komunitas penerjemah. Asosiasi penerjemah dapat membantu meningkatkan kredibilitas dan reputasimu. Selain itu, bergabung dengan jaringan bisnis lokal juga dapat membantu memperluas jangkauan klien dan meningkatkan popularitas usahamu.

Lakukan Promosi

Promosi bisa dilakukan melalui website, media sosial, iklan di media cetak atau elektronik. Pasang portfolio dan kredensial di website, juga testimonial dari klien. Jangan remehkan word of mouth, jaga hubungan baik dengan klien agar mereka repeat order dan juga merekomendasikan jasa kamu ke kolega mereka. Hal-hal tersebut akan dapat membantu mendatangkan klien baru dan mempertahankan klien lama.

Perlakukan Sebagai Bisnis

Perlakukan usahamu sebagai bisnis profesional. Catat dengan baik database klien lengkap dengan kontak dan riwayat penerjemahan mereka. Buat sistem pencatatan keuangan yang baik dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Selain itu, pastikan bahwa dokumen-dokumen yang kamu terjemahkan diberikan kembali ke klien dengan tepat waktu, tertib dan aman.

Tambah Skill

Tetaplah berusaha meningkatkan skill dengan terus meningkatkan kemampuan bahasa dan memperluas pengetahuan tentang sektor industri yang relevan. Hal ini akan membantumu untuk bersaing di pasar yang kompetitif.

Burung Kacer Rajin Berkicau? Pahami Merawat Burung Kacer Berikut ini

Bergabung Dengan Perusahaan

Kalau tidak ingin single fighter membuka usaha sendiri kamu bisa bergabung dengan perusahaan penerjemahan seperti Wordsmith Group. Keuntungannya kamu dengan cepat akan mendapatkan banyak pengalaman karena perusahaan sudah mempunyai basis klien yang baik. Kamu akan segera bekerja dengan klien dari berbagai bidang dan industri sehingga kemampuanmu akan semakin tajam terasah.

 

Cara Membuka Jasa Penerjemah Tersumpah

Bagikan:

Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *