Freight forwarding adalah sebuah usaha yang memiliki kemampuan untuk menata bagian pergudangan dan pengiriman barang. Freight forwarding memiliki service bervariasi, mulai dari urusan tracking keberadaan barang, menyiapkan dokumen pengiriman, pemesanan cargo atau container, warehousing, negosiasi biaya pengiriman dan masih banyak yang lainnya.

Secara umum, pengertian freight forwarding adalah bidang usaha yang mengatur jalannya ekspor dan impor barang. Bisa dibilang, freight forwarding menjadi penengah antara 2 pengirim dengan segala macam transportasi untuk proses pengiriman.

Langkah Sederhana Memilih Freight Forwarding yang Tepat

1. Memahami Kebutuhan Internal

Langkah pertama memilih freight forwarding yang tepat adalah dengan memahami kebutuhan internal Anda. Ya, penting untuk menentukan cara transportasi dan layanan spesifik seperti apa yang dibutuhkan sebelum memutuskan untuk menghubungi freight forwarding.

2. Mencari Tahu Mengenai Perusahaan Mereka

Selanjutnya adalah mencari tahu apa saja yang bisa dan tidak bisa dilakukan freight forwarding untuk Anda. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui apa yang menjadi tanggung jawab Anda dan mereka. Anda bisa mencari informasi sebanyak – banyaknya di internet mengenai peraturan, persyaratan industri, perjanjian internasional dan lainnya yang dibutuhkan untuk pengiriman Anda.

3. Memilih yang Bisa Menangani Beberapa Jenis Pengiriman

Mungkin saja Anda hanya perlu impor barang menggunakan angkutan laut dari China, tetapi bagaimana jika Anda juga perlu impor barang dari Vietnam atau negara lain menggunakan angkutan udara? Untuk itu, penting bagi Anda agar lebih teliti lagi dalam memilih freight forwarding. Pastikan freight forwarding yang akan dipilih menyediakan layanan pengiriman untuk berbagai jenis pengiriman barang.

4. Ketahui Apakah Mereka Memiliki Pengalaman yang Dibutuhkan

Pada dasarnya ada banyak moda transportasi, komoditas, peraturan dan asal maupun tujuan. Semua proses pengiriman barang tidak bisa menangani semua kombinasi ini. Nah, untuk alasan tersebut silahkan minta pengalaman freight forwarding yang akan dipilih apa saja yang bisa mereka kirimkan. Biasanya mereka harus bisa kemukakan contoh pengiriman serupa yang pernah mereka tangani.

5. Apa Pengiriman Barang Punya Asuransi Cargo?

Hal ini juga tidak kalah pentingnya, sebab mereka harus bisa mengeluarkan polis asuransi untuk pengiriman Anda apabila ada beberapa hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti pencurian, kerugian hingga kerusakan barang yang dikirimkan.

Keuntungan Menggunakan Freight Forwarding

Mendapat Berbagai Kemudahan

Adanya kegiatan pengiriman yang dilakukan freight forwarding, maka kegiatan pengiriman barang Anda bisa jadi lebih mudah.

Lebih Efisien

Menggunakan jasa freight forwarding terbaik tentu akan mendapatkan waktu pengiriman yang lebih efisien. Pasalnya, dalam proses pengiriman barang waktu menjadi bagian paling berharga.

Cepat Sampai Tempat Tujuan

Adapun keuntungan lainnya jika menggunakan jasa freight forwarding adalah ketika proses pengiriman barang menjadi lebih cepat. Kemana pun tujuannya, pasti akan sampai lebih cepat dibanding dengan melakukan pengiriman sendiri.

Mengirim Barang dengan Jumlah dan Jenis yang Dibutuhkan

Selain itu, dengan jasa freight forwarding Anda juga bisa mengirimkan barang sesuai jumlah dan jenis yang dibutuhkan. Freight forwarding memang akan memudahkan Anda mengirimkan barang dalam jumlah sedikit tanpa mengalami kerugian.

Freight Forwarding Untuk Ecommerce

Jasa freight forwarding pastinya akan sangat cocok, terutama buat Anda yang sedang menjalankan usaha kecil menengah lokal. Apalagi jasa freight forwarding akan menjamin bahwasannya produk atau barang Anda bisa sampai ke tempat tujuan dengan benar sesuai tanggal yang disepakati sebelumnya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang langkah sederhana memilih freight forwarding yang tepat. Semoga bermanfaat.

 

Manasuka – Memilih Freight Forwarding yang Tepat

Bagikan:

Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.