Apa Itu Broker Saham?

  • Whatsapp

Broker saham adalah seorang profesional yang mengeksekusi pesanan beli dan jual untuk saham dan sekuritas lain atas nama klien. Dapat dikenal sebagai perwakilan terdaftar, penasihat investasi atau broker. Broker saham biasanya terkait dengan perusahaan pialang dan menangani transaksi untuk pelanggan ritel dan institusi sama.

broker saham

Muat Lebih

Broker saham sering menerima komisi untuk layanan mereka, tetapi kompensasi individu dapat sangat bervariasi tergantung di mana mereka dipekerjakan. Perusahaan broker saham yang paling sering dirujuk adalah broker diskon.

Sekilas Tentang Broker Saham

Memahami Peran

Untuk dapat membeli dan menjual saham dan sekuritas lainnya memerlukan akses ke salah satu bursa utama seperti New York Stock Exchange (NYSE) atau NASDAQ. Untuk berdagang di bursa ini, Anda harus menjadi anggota bursa atau milik perusahaan anggota. Perusahaan anggota dan banyak orang yang bekerja untuk mereka dilisensikan sebagai pialang atau pialang oleh FINRA. Meskipun dimungkinkan untuk membeli saham langsung dari perusahaan yang mengeluarkannya, jauh lebih mudah untuk bekerja dengan broker saham.

Karena broker diskon, hampir setiap orang mampu berinvestasi di pasar saham, bahkan individu yang berbasis di luar negeri. Perkembangan yang lebih baru dalam layanan broker adalah pengenalan perampok, manajemen investasi algoritmik yang dilakukan melalui antarmuka web atau aplikasi seluler dengan interaksi manusia minimal, untuk biaya servis yang lebih rendah. Satu kelemahan dari platform diskon ini adalah kurangnya layanan yang dipersonalisasi yang hanya dapat ditawarkan khusus.

Persyaratan Pendidikan

Gelar sarjana dalam bidang keuangan atau administrasi bisnis biasanya diperlukan untuk broker yang bekerja dengan klien institusional. Pemahaman yang kuat tentang hukum dan peraturan keuangan, metode akuntansi, prinsip-prinsip ekonomi dan mata uang, perencanaan keuangan dan peramalan keuangan berguna untuk bekerja di lapangan juga. Broker saham yang paling sukses memiliki keterampilan interpersonal yang kuat dan mampu mempertahankan hubungan penjualan yang kuat.

Berbagai Persyaratan Lisensi Negara

Negara yang berbeda memiliki persyaratan kredensial yang berbeda. Di Amerika Serikat, pialang terdaftar harus memegang lisensi FINRA Seri 7 dan Seri 63 atau 66 minimum, dan harus disponsori oleh perusahaan investasi terdaftar. Broker lantai di AS juga harus menjadi anggota bursa saham tempat mereka bertempat. Di Kanada, calon broker harus saat ini dipekerjakan oleh perusahaan pialang dan diharuskan untuk menyelesaikan Canadian Securities Course (CSC), Pedoman Perilaku dan Praktek (CPH) dan Program Pelatihan Penasihat Investasi 90 hari (IATP). Di Hong Kong, pelamar harus bekerja untuk perusahaan pialang berlisensi dan lulus tiga ujian dengan Hong Kong Securities Institute (HKSI). Namun, lulus ketiga ujian tidak menjamin lisensi karena masih harus disetujui oleh badan pengatur keuangan.

Dulu jauh lebih mahal untuk mendapatkan akses ke pasar saham dan oleh karena itu hanya efektif biaya untuk investor bernilai tinggi. Para investor ini biasanya akan bekerja dengan broker layanan penuh dan membayar ratusan dolar untuk melakukan perdagangan. Namun, kebangkitan internet dan kemajuan teknologi selanjutnya membuka jalan bagi broker diskon untuk memberikan akses yang lebih murah, lebih cepat, dan lebih otomatis ke bursa.

Hal ini memungkinkan investor untuk berdagang di pasar saham dengan biaya transaksi yang lebih kecil, membuatnya masuk akal untuk berinvestasi dan berdagang bahkan dengan akun yang jauh lebih kecil. Sedemikian rupa sehingga sebagian besar akun di pasar dipegang dengan broker diskon.

Individu yang bekerja sebagai pialang, tetapi dipekerjakan oleh perusahaan pialang diskon, dapat bekerja sebagai agen lewat telepon yang menjawab pertanyaan singkat, atau sebagai petugas cabang di lokasi fisik. Tetapi ada sejumlah broker yang relatif lebih kecil yang bekerja untuk bank investasi atau perusahaan pialang khusus. Perusahaan-perusahaan ini menangani pesanan besar dan khusus seperti pembelian atau penjualan sejumlah besar saham, atau pertukaran saham yang tidak secara aktif diperdagangkan.

Di Indonesia anda dapat menggunakan mandiri sekuritas untuk memastikan bisnis anda berjalan lancar. Sekian artikel ini, terima kasih.

 

Sekilas Tentang Broker Saham

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *