Tips Memilih Kulkas Sesuai Kebutuhan dan Anggaran yang Cerdik

Salah satu elektronik yang memiliki peran penting untuk kebutuhan sehari-hari adalah lemari es atau kulkas. Kulkas berfungsi untuk menyimpan bahan makanan dan minuman agar lebih awet dan tahan lama. Dalam membeli kulkas juga tidak bisa sembarangan. Ada beberapa tips memilih kulkas yang bisa Anda ikuti, agar kulkas yang dibeli berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan serta anggaran.

 tips memilih kulkas

Seiring perkembangan teknologi, kulkas yang dulunya hanya ada satu pintu, kini sudah semakin berkembang. Mulai dari dimensi besarnya, jumlah pintu kulkas, hingga berbagai fitur dan teknologi canggih yang dibenamkan dalam kulkas juga makin beragam.

Tips Memilih Kulkas Sesuai Kebutuhan

Berikut ini adalah tips memilih kulkas terbaik yang sesuai dengan kebutuhan:

1. Kapasitas Ruang dan Dimensi Kulkas

Bagian kulkas yang perlu dilihat pertama kali sebagai pertimbangan adalah volume atau kapasitasnya. Kapasitas kulkas harus disesuaikan dengan kebutuhan. Boleh saja memilih kulkas dengan kapasitas atau volume yang sangat besar, namun harus sesuaikan juga anggaran dan kebutuhan pada rumah Anda.

Tidak hanya itu, dimensi kulkas juga perlu dipilih sesuai kebutuhan. Biasanya orang akan cenderung membeli kulkas yang besar karena bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang dan muat untuk banyak bahan makanan. Namun sebelum membeli kulkas sediakan dulu ruang yang akan dijadikan tempat meletakkan kulkas baru di rumah. Pilih dimensi yang sesuai dengan ruang di rumah yang sudah disediakan untuk kulkas baru.

Jika ruangan sempit dipaksa menampung kulkas ukuran jumbo tentu akan merusak kulkas itu sendiri, pemandangan dalam rumah juga akan terkesan sempit. Tidak hanya itu, pastikan bahwa dimensi kulkas yang Anda beli memang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Desain

Selanjutnya adalah melihat desainnya, dimana desain ini bisa dipilih sesuai selera masing-masing ya. Desain bisa disesuaikan dengan tema dapur, bisa juga disesuaikan dengan warna kesukaan pemilik rumah, dan lain sebagainya.

3. Mutu dan Kualitas

Pemilihan kulkas ini harus teliti terutama saat melihat bahan dan material yang digunakan. Biasanya kulkas yang awet terbuat dari PCM jadi anti gores, terlihat mengkilap, anti karat, dan juga kokoh. Selain itu harus teliti juga melihat apakah pintu kulkas menutup dengan rapat atau malah renggang. Penopang kakinya dalam kondisi baik apa tidak dan engsel pintu kulkas berkarat atau tidak. Semua bagian kulkas harus dicek dengan sangat teliti.

4. Teknologi dan Fitur Pendingin serta Wadah Kulkas 

Saat memilih sebuah kulkas perhatikan gambar bintang yang biasanya ditempelkan pada bagian pojok atas pintu kulkas. Ada yang bintang tiga dan ada yang bintang lima. Untuk kulkas dengan bintang tiga artinya kemampuan pendinginan kulkas itu bisa sampai suhu -150 derajat. Sementara yang berbintang 5 suhu pendinginnya bisa sampai -210 derajat. Pilihlah kulkas dengan teknologi pendingin yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Carilah kulkas dengan fitur Multi Air Flow yang artinya kemampuan untuk mendinginkan suhu bisa menyeluruh ke seluruh bagian kulkas. Jadi nanti tidak ada bagian kulkas yang suhunya sangat dingin dan bagian lainnya kurang dingin. 

Wadah yang ada pada kulkas juga harus diperhatikan dengan baik. Untuk bagian wadah ini bisa dilihat apakah kulkas dilengkapi rak telur, wadah daging dan ikan apakah ada sendiri atau jadi satu dengan bagian kulkas yang lain. Begitu pula tempat penyimpanan sayur. Wadah ini sangat berpengaruh untuk penyimpanan makanan supaya bisa selalu segar.

Satu lagi wadah yang perlu diperhatikan adalah wadah pembuangan yang ada di belakang bodi kulkas. Pastikan ada sirkulasi udara yang baik agar air selalu bersih dan cepat menguap.

5. Jenis Kulkas 

Ada 3 (tiga) jenis kulkas yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Pertama adalah fridge series yang merupakan model kulkas rumahan yang umum Anda jumpai. Kedua adalah showcase series, dimana model kulkas ini berfungsi untuk menampilkan isi yang ada di kulkas tersebut. Umumnya kulkas jenis showcase series digunakan untuk berjualan minuman. 

Terakhir adalah freezer series. Kulkas ini berfungsi sebagai freezer atau pembeku saja.Umumnya, jenis kulkas ini digunakan untuk menyimpan bahan minuman atau makanan yang harus disimpan dalam keadaan beku. Contohnya seperti frozen food, es krim, dan sebagainya. Nah, dalam membeli kulkas juga sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Apakah kulkas biasa, kulkas showcase, atau freezer. 

6. Konsumsi Listrik

Sekarang sudah banyak kulkas yang dilengkapi dengan teknolog hemat energi. Hal ini karena kulkas adalah elektronik yang harus selalu menyala setiap hari dan setiap saat. Jadi konsumsi listrik harus diperhatikan dan disesuaikan dengan perekonomian rumah tangga.

7. Harga

Harga ini tentu harus disesuaikan dengan anggaran yang sudah ditetapkan. Pilihlah kulkas yang sesuai anggaran dan jangan memaksa membeli kulkas mewan dan mahal karena resikonya nanti sangat tinggi pada perekonomian keluarga.

8. Garansi yang Diberikan 

Pastikan saat membeli elektronik seperti kulkas ada garansi resmi untuk bisa menekan kerugian apabila terjadi kerusakan pada kulkas. Jadi saat membutuhkan perbaikan kulkas terutama pada bagian mesin biayanya tidak terlalu banyak.

Itulah berbagai tips memilih kulkas yang harus Anda perhatikan dengan cermat. Kulkas yang berkualitas dan sesuai kebutuhan tentu akan membuat pemiliknya menjadi lebih terbantu dan sesuai anggaran yang dimiliki. Jadi, jangan sampai memilih kulkas sembarangan ya!

 

Tips Memilih Kulkas yang Bagus agar Tidak Salah Beli

Nama Blogku

About the Author: Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *