Bingung Haid Tidak Lancar, Atasi Dengan Cara ini

  • Whatsapp

Bagi kaum wanita menstruasi adalah hal yang wajib terjadi. Setiap bulannya Anda kan mengalami menstruasi yang ditandai dengan keluarnya darah dari organ kewanitaan Anda sebagai akibat dari luruhnya dinding rahim yang tidak dibuahi. Idealnya menstruasi terjadi pada siklus 28 – 35 hari sekali. Namun beberapa orang mengalami kondisi lain dimana siklus haid tidak seperti pada umumnya. Anda harus tahu cara mengatasi haid yang tidak teratur.

haid tidak teratur

Muat Lebih

Siklus menstruasi yang tidak lancar ini tentunya membuat Anda menjadi tidak nyaman dan mungkin dapat mengganggu aktivitas Anda. hal utama yang menyebabkan timbulnya mens yang tidak lancar ini adalah terjadinya ketidakseimbangan hormon yang dipengaruhi oleh beberapa kondisi. Timbulnya stress dan kelainan pada pola makan juga bisa mengakibatkan menstruasi menjadi tidak lancar.

Lakukan Hal ini Agar Haid Lancar dan Teratur

1. Jaga Berat Badan Agar Ideal

Kenaikan dan penurunan berat badan Anda bisa menjadi salah satu pemicu tidak lancarnya menstruasi yang Anda alami. Kadar hormon di dalam tubuh Anda akan menjadi tidak stabil sehingga membuat haid tidak lancar.

2. Olahraga Teratur

Dengan melakukan olahraga secara teratur akan bisa mengembalikan siklus normal menstruasi. Anda tidak perlu melakukan olah raga yang berat, cukup lakukan olahraga ringan setiap harinya. Aktivitas ini akan membantu untuk meningkatkan produksi hormon endorfin yang bermanfaat untuk menurunkan tingkat stres yang bisa membuat menstruasi tidak teratur.

3. Konsumsi Kayu Manis

Kayu manis ini terbukti mampu untuk mengembalikan periode menstruasi pada siklus normalnya. Selain itu juga bermanfaat sebagai media terapi bagi Anda yang mengalami PCOS (polycystic ovary syndrome).

4. Konsumsi Vitamin D

Vitamin D pada wanita dapat membantu Anda untuk memperlancar siklus haid ketika mengalami gangguan. Vitamin D ini mampu mengurangi stress atau depresi Anda, membantu mengatasi masalah berat badan, dan juga mengatasi menstruasi yang tidak lancar.

5. Lakukan Yoga

Latihan yoga setiap hari sekitar 30 – 40 menit selama  lima hari setiap minggu dapat mengurangi keluhan haid yang tidak teratur. Yoga mampu menjaga keseimbangan kondisi hormon dalam tubuh Anda. selain itu, yoga juga akan memberikan manfaat lain seperti kondisi mood yang stabil, mengatasi rasa cemas dan depresi.

Haid yang tidak teratur pada umumnya terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon akibat dari beberapa hal. Pada remaja yang baru saja mengalami haid mungkin masih bingung dengan terjadinya haid. Salah satunya adalah tentang cara softex agar tidak bocor ketika haid agar bakteri tidak berkembang dan masuk ke dalam tubuh Anda. semua informasi tentang haid bisa Anda dapatkan di website Laurier.

 

Bingung Haid Tidak Lancar, Atasi Dengan Cara ini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *