Mau Beli Treadmill? Ketahui Dulu Hal Ini!

  • Whatsapp

Bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk berolahraga di luar rumah, mempunyai alat olahraga yang praktis adalah hal yang paling penting. Salah satu olahraga yang sangat simpel untuk diaplikasikan yaitu berlari menggunakan treadmill.

treadmill

Bacaan Lainnya

Bagaimana tidak simpel? Semua orang bisa menggunakan treadmill, dari kalangan anak muda hingga dewasa. Terlebih lagi, harga treadmill juga dibanderol tidak terlalu mahal.

Cara Memilih Alat/Mesin Treadmill yang Bagus

Ada banyak mesin treadmill yang dijual di pasaran dengan berbagai merk tertentu. Orang awam mungkin akan membeli treadmill dengan harga yang murah tanpa memperhatikan berbagai fitur yang ada, plus minusnya, dan hal-hal penting lainnya.

Namun, memilih mesin treadmill yang asal-asalan bisa berefek pada jangka panjang penggunaan. Percuma kan, membeli treadmill yang murah namun pemakaiannya hanya 1-2 tahun saja? Lebih baik membeli treadmill yang lebih mahal dan berkualitas baik, dengan jangka pemakaian hingga 10 tahun.

Maka dari itu, berikut ini sudah kami rangkum mengenai cara memilih alat treadmill yang berkualitas:

1. Perhatikan Ukuran Track

Ada banyak mesin treadmill yang dijual di https://hargatreadmill.com/ dengan ukuran track yang bervariasi. Standar ukuran track treadmill sekitar 140 cm untuk jenis walking treadmill, dan 147-152 cm untuk running treadmill.

Kembali lagi pada kebutuhan Anda sendiri, memang mau menggunakan treadmill untuk berjalan saja, atau untuk berlari juga. Jika sudah memutuskan membeli jenis track treadmill yang mana, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan space/luas ruangan penempatan treadmill di rumah, ya!

2. Perhatikan Motor/Power Pada Treadmill yang Akan Dibeli

Tanpa ada motor, tentu saja treadmill tidak bisa digunakan. Satuan untuk mendeskripsikan motor pada treadmill disebut Hp atau horsepower. Semakin besar nilai Hp nya, semakin besar juga power yang bisa diproduksi olehalat tersebut.

Kembali lagi pada kebutuhan Anda membeli treadmill, jika membutuhkannya untuk berjalan, tidak masalah memilih Hp yang rendah. Namun, jika Anda ingin menggunakannya untuk berlari, pilihlah Hp yang tinggi.

Anda mempunyai bobot berat yang cukup besar? Pilihlah Hp  yang tinggi juga, minimal 2.5 Hp. Ada dua jenis motor dalam alat ini, yaitu AC dan DC. Untuk penggunaan rumah, memilih motor DC saja sudah cukup kok.

3. Pilih Cushion Track yang Benar

Cushion track akan berfungsi untuk melindungi lutut ketika berlari Dampak cedera pada persendian lutut ketika berlari menggunakan treadmill lebih rendah dibandingkan berlari pada tanah/jalan biasa.

Sebaiknya, belilah treadmill yang sudah dilengkapi dengan track cushioning. Apalagi jika penggunaan alat ini didominasi oleh orang tua.

4. Perhatikan Weight Rating

Salah satu hal yang paling penting dalam membeli treadmill adalah mengetahui beban maksimal atau weight ratingnya. Jika Anda memilih weight rating sekitar 100 kg, dan penggunanya lebih dari 100 kg, maka motor (Hp) pada treadmill tersebut akan bekerja lebih keras, dan bisa-bisa rusak dalam waktu cepat.

5. Fitur Treadmill

Fitur standar yang dimiliki oleh alat ini adalah fitur kecepatan. Lebih baik lagi jika Anda mempertimbangkan fitur-fitur lainnya yang tak kalah penting dalam menunjang kebugaran tubuh Anda, diantaranya adalah fitur incline, wireless, kipas angin, bluetooth, hingga TV. Semakin banyak fiturnya, tentu semakin mahal treadmillnya.

6. Jangan Lupakan Garansi

Banyak toko jual treadmill yang tidak memberikan informasi mengenai garansi mesin. Jangan salah lho! Garansi tentu saja sangat penting. Perlu diperhatikan, treadmill yang dijual baru biasanya memiliki garansi motor sekitar 2-5 tahun, garansi seumur hidup untuk frame, dan garansi spareparts 1-2 tahun bergantung merk dan jenisnya.

 

Mau Beli Treadmill? Ketahui Dulu Hal Ini!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *