Sama seperti kredit mobil baru, syarat kredit mobil bekas pun memiliki tata cara yang dilakukan. Apalagi kredit mobil bekas mewujudkan keinginan masyarakat yang ingin memiliki mobil, Anda bisa mendapat mobil mewah bekas tapi performanya masih mumpuni. Selain itu, kredit mobil bekas memiliki banyak promo sehingga dimanfaatkan masyarakat kredit mobil lebih dari satu. Baik untuk anak-anak maupun saudara, promo tersebut meliputi DP ringan, tenor panjang, cicilan ringan dan lainnya.

Kredit Mobil Bekas

Cara Kredit Mobil Bekas

Jangan salah loh, syarat kredit mobil bekas terbilang mudah sehingga bisa dilakukan kapan saja. Pastinya pengajuannya cepat diproses dan cepat memiliki mobil impian, agar tak salah pilih mobil bekas bisa mengikuti cara berikut:

1. Memilih Merek dan Tipe Mobil yang Sesuai

Sebelum mengajukan kredit mobil bekas, pastikan Anda sudah memilih merek dan tipe mobil sesuai keinginan. Jangan sampai memilih mobil mewah tetapi jumlah cicilan terlalu besar dan berbanding terbalik dengan keuangan Anda.

Pilihlah yang sesuai finansial Anda sehingga kredit mobil tidak menjadi beban perekonomian. Pemilihan mobil yang sesuai membuat cicilan Anda lancar dan tidak menunggak, otomatis Anda bisa mengajukan kredit mobil bekas lagi setelah angsuran selesai karena cicilan lancar.

2. Memilih Bank atau Leasing Terpercaya

Meningkatnya permintaan kredit mobil bekas membuat Bank dan leasing yang menangani kredit mobil bekas semakin banyak. Bahkan tersebar di berbagai daerah sehingga masyarakat bisa mengetahui syarat kredit mobil di wilayah tempat tinggal.

Artikel Nama Blogku lainnya:  Ini Dia 4 Lowongan Kerja Bank untuk Lulusan Ekonomi

Nyatanya, tidak semua bank dan leasing yang menyediakan kredit mobil bekas terpercaya dan legalitasnya terbukti. Sebelum mengajukan kredit, pilihlah bank atau leasing terpercaya sehingga transaksi Anda aman. Bank tersebut harus diawasi oleh OJK sehingga menjamin data dan transaksi nasabah.

Jika Anda bingung memilih bank atau leasing, bisa mempercayakan Maybank finance sebagai perantara Anda kredit mobil bekas. Maybank sudah terbukti legalitasnya dan diawasi oleh OJK sehingga seluruh transaksi aman dan tidak memberatkan Anda sebagai nasabah.

3. Melakukan Survey

Sebelum mengetahui syarat kredit mobil di ACC, Anda harus melakukan survey ke kantor bank untuk melihat kondisi mobil. apalagi, bank atau leasing umumnya membuat jadwal survey pada mobil yang akan Anda beli secara kredit.

Untuk mobil tua yang bisa di kredit, memiliki usia maksimal 10 tahun. Mobil tua lebih disukai masyarakat yang hobi mengoleksi barang antik sehingga tidak masalah membeli mobil antik walaupun secara kredit.

4. Mengajukan Kredit Mobil Bekas ke Bank maupun Leasing

Syarat kredit mobil selanjutnya adalah mengajukan kredit ke bank atau leasing di wilayah tempat tinggal. Anda bisa memilih jenis dan merk mobil sesuai selera dan asuransi apa yang akan digunakan.

Jangan lupa ajukan kesepakatan sistem kredit mobil bekas di pihak bank maupun leasing. Anda harus membawa dokumen lengkap yang dibutuhkan kredit mobil bekas, diantaranya ktp suami istri, NPWP, slip gaji, surat keterangan usaha dan lainnya. Sama halnya dengan pihak penjual mobil bekas harus membawa surat kelengkapan mobil sehingga calon pembeli bisa melihat apakah mobil tersebut layak dibeli atau tidak.

Artikel Nama Blogku lainnya:  4 Motor Baru Keluaran Suzuki, Mana Favorit Anda?

5. Menentukan Asuransi untuk Proteksi Mobil

Sebagian orang menganggap asuransi mobil tidak penting karena membuat pengeluaran membengkak. Padahal asuransi untuk proteksi mobil banyak manfaatnya dan melindungi pembeli mobil dan keluarganya dari hal tidak diinginkan.

Manfaat tersebut meliputi permasalahan pada mobil bekas yang Anda beli. Misalnya mengalami kerusakan sehingga harus diperbaiki dan masalah lainnya. Pilihlah asuransi yang jangka waktunya sama dengan waktu angsuran mobil, misalnya untuk angsuran mobil 5 tahun maka pilihlah jenis asuransi yang jangka waktunya 5 tahun.

Agar tak ada kesalahan pada syarat kredit mobil dan kelengkapannya, bisa konsultasi dengan dealer tempat Anda kredit mobil bekas. Melakukan konsultasi dengan pihak leasing dan penjual mobil membuat Anda lebih tenang dan aman kredit mobil bekas. Pastinya sesuai dengan syarat kredit mobil bekas.

6. Konfirmasikan Persetujuan Kredit Mobil

Tahap 6 adalah tahapan terakhir setelah Anda melakukan proses survey, pengajuan kredit dan menentukan asuransi untuk mobil impian Anda. Di tahap 6, pihak leasing atau bank akan menghubungi Anda mengenai status pengajuan kredit Anda diterima atau tidak.

Untuk itulah Anda harus membawa dengan teliti dan menandatangani kontrak kredit yang diberikan bank atau leasing. Umumnya, kontrak tersebut berisi uang muka yang harus Anda bayar agar mobil bisa dibawa pulang. Kontrak tersebut juga memuat jumlah angsuran setiap bulan dan ketentuan lain yang harus dipatuhi pembeli mobil bekas.

Artikel Nama Blogku lainnya:  4 Alasan Mengapa Disinfeksi Penting Dilakukan di Lingkungan Kantor Selama Pandemi

Keuntungan Kredit Mobil Bekas

Keuntungan Kredit Mobil Bekas

Kebanyakan orang lebih memilih kredit mobil bekas karena syarat kredit mobil tidak terlalu rumit untuk di ACC. Selain itu, performa mobil masih mumpuni sehingga serupa dengan mobil baru. Yang terpenting tepat memilih mobil bekas dengan mengenali ciri-ciri mobil dengan performa terbaik, berikut ada keuntungan yang Anda dapatkan:

  • Dana bisa dialihkan untuk kebutuhan lain.
  • Tidak khawatir harga mobil jatuh di tahun berikutnya.
  • Tidak perlu menunggu untuk menaiki mobil yang dibeli.
  • Bisa memilih jenis mobil sesuai budget.

Semua orang ingin memiliki mobil baik pemilik perusahaan maupun wiraswasta. Bahkan syarat kredit mobil untuk wiraswasta cenderung mudah tanpa persyaratan tambahan, Anda bisa mendapatkan kredit mobil kompetitif di Maybank Finance. Maybank sudah menangani puluhan ribu kredit mobil bekas dengan kondisi mobil terbaik, dijamin Anda puas karena customer service fast respon dan seluruh pihaknya ramah.

Maybank Finance juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK sehingga seluruh data dan transaksi Anda selama menjalankan angsuran aman. Anda tidak akan tertipu pihak tak bertanggung jawab karena Maybank Finance melindungi seluruh identitas nasabah menggunakan teknologi canggih.

Syarat kredit mobil bekas bisa dilalui semua orang, baik penjual keliling, pemilik usaha maupun pemilik perusahaan. Yang terpenting adalah mengetahui cara kredit mobil bekas sehingga tidak tertipu mobil bekas berkualitas rendah.

Sumber:

  • https://review.bukalapak.com/finance/5-keuntungan-kredit-mobil-bekas-94135
  • https://www.qoala.app/id/blog/keuangan/kredit/cara-kredit-mobil-bekas/
Bagikan:

Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.