Saat ini hidangan steak sudah familiar menjadi salah satu santapan bagi masyarakat Indonesia. Bahkan tak jarang banyak masyarakat yang membuat steak sendiri di rumah untuk dimakan bersama keluarga. Pada dasarnya untuk membuat steak yang enak, tentu membutuhkan saus steak (steak sauce) yang cocok karena ada pilihan jenis-jenis saus agar menciptakan steak menjadi lezat.

Jenis-jenis Saus Steak

Mengapa perlu mengetahui macam atau jenis saus steak? Pemilihan saus steak yang tepat akan membuat suasana makan akan menjadi menyenangkan. Hal ini dikarenakan banyak sekali jenis saus steak di pasaran, mulai dari yang bercita rasa gurih hingga pedas.

Untuk itu, memilih saus steak menjadi sangat penting agar ada kecocokan antara rasa dengan selera. Kita dapat memilih sesuai dengan preferensi selera agar dapat menciptakan kombinasi rasa daging yang enak, seperti merasakan sensasi makan steak di restoran.

Berikut ini ada berbagai jenis saus steak lezat yang populer, antara lain:

Black pepper sauce

Sesuai namanya, saus ini menggunakan lada hitam sebagai bahan utamanya. Cita rasanya gurih dengan pedas khas lada yang hangat di tenggorokan. Saus lada hitam ini barangkali jenis saus steak yang paling akrab dengan lidah orang Indonesia.

Brown sauce

Saus yang terbuat dari rempah-rempah dan kaldu tulang sapi yang dipanggang ini memiliki cita rasa gurih. Saus yang disebut espagnole ini juga merupakan salah satu saus utama dalam kuliner Prancis. Karena itu, beberapa jenis saus lainnya kerap kali dibuat dengan brown sauce sebagai bahan utama.

Barbeque sauce

Amerika Selatan merupakan tempat asal saus bercita rasa smokey ini. Meski begitu, kini produk dengan cita rasa oriental seperti Korean barbeque sauce pun bermunculan di pasaran. Selain sebagai saus, barbeque sauce pun umum digunakan sebagai bumbu lumuran atau marinasi daging.

Demi glace sauce

Saus ini merupakan salah satu saus yang dibuat dari brown sauce. Rasa demi glace sauce umumnya sedikit lebih manis dibandingkan dengan brown sauce. Saus ini juga sering dikreasikan dengan campuran bahan lain seperti jamur, tergantung pada kebutuhan pembuatnya.

Garlic sauce

Sedikit sengar, pungent, dan beraroma tajam barangkali itulah kesan dari rasa saus ini. Namun, karakteristik tersebut sangat cocok disandingkan dengan daging. Selain memperkaya rasa, bawang putih juga dapat meredam aroma meaty dari daging.

Gravy sauce

Secara visual, saus ini mirip dengan brown sauce. Perbedaannya, saus ini terbuat dari sari pati bahan makanan dan lemak yang keluar selama proses pemasakan. Bahan makanan dan lemak yang dimaksud tidak harus bersifat hewani. Karena itu, ada pula gravy sauce yang terbuat dari campuran sayur, jamur, dan bawang bombai.

Mushroom sauce

Pada dasarnya, mushroom sauce merupakan white sauce atau brown sauce dengan tambahan irisan jamur. Umumnya, jamur yang digunakan adalah jamur kancing atau champignon. Teksturnya dapat creamy atau sedikit cair, tergantung pada saus dasarnya.

Pada dasarnya pemilihan saus steak itu tergantung selera. Jadi, tidak ada salahnya mencoba varian rasa yang tersedia di pasaran agar bisa menemukan rasa yang benar-benar cocok di lidah.

Tips Memilih Saus Steak

Sebelum memilih saus untuk steak yang tepat agar steak yang dibuat terasa semakin lezat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih saus steak.

Pilih ukuran kemasan produk sesuai dengan banyaknya penggunaan. Sebaiknya memilih saus steak dengan jumlah yang bisa dihabiskan dalam jangka waktu paling lama satu bulan. Sebab kemasan saus yang sudah terbuka, maka kualitasnya pun akan menurun.

Jika ingin mencoba rasa saus steak yang baru atau berbeda dengan biasanya, maka pilihlah kemasan yang paling kecil. Namun untuk usaha kuliner, sebaiknya memilih kemasan besar yang lebih ekonomis.

Untuk mencegah saus steak menjadi mubazir, dapat memilih produk multipurpose dimana saus steak tersebut dapat digunakan untuk masakan lain.

Carilah info mengenai rasa saus steak tersebut dan baca referensi dari konsumen yang sudah mencobanya. Dengan demikian, akan didapatkan informasi yang detail dan memudahkan menemukan saus steak sesuai dengan selera.

Ketahui Jenis-jenis Saus Steak

Bagikan:

Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.