Tahap Proses Audit Listrik dengan Hasil Akurat

  • Whatsapp

Tujuan dari proses audit adalah melakukan verifikasi terhadap subjek audit yang sudah diselesaikan, berjalan sesuai regulasi, disetujui, dan diterima. Untuk mengetahui gambaran tentang proses audit perusahaan dapat membuka https://sewatama.com/id/proses-dan-manfaat-audit-energi-listrik/. Di sana, Anda akan mendapatkan informasi yang lengkap mengenai tahap proses audit listrik industri.

Proses Audit Listrik

Bacaan Lainnya

Tahap Audit Setelah Pengumpulan Data

Setelah tahap pengumpulan data pada proses audit, maka selanjutnya akan dilakukan beberapa tahap antara lain :

1. Pembagian beban akhir penggunaan

Anda harus membagi total energi yang digunakan dan seberapa besar energi utama yang dijalankan suatu industri setelah mendapatkan data yang akurat. Pembagian energi dapat dilakukan berdasarkan chart konsumsi energi setiap bulan, hari, dan jam. Pembagian tersebut juga dilakukan berdasarkan kebutuhan listrik seperti pendingin ruangan, penerangan berbagai ruangan, pompa air, dll.

2. Analisa konservasi energi

Langkah ini dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu ukuran biaya rendah, ukuran biaya menengah, dan ukuran biaya tinggi. Kategori bisa ditentukan berdasarkan hasil analisa yang dilakukan pasokan listrik utama pada gedung atau industri seperti sistem pencahayaan, penggunaan alat elektronik, dll.

3. Pelaporan hasil audit

Langkah terakhir yaitu membuat laporan terhadap hasil audit. Pelaporan hasil audit akan disampaikan kepada Kementrian ESDM, Gubernur atau Walikota. Isi dari laporan audit merupakan langkah dari proses yang sudah dilakukan.

Dalam sebuah perusahaan industri manufaktur terdapat beberapa audit energi industri meliputi energi listrik kantor, dan yang lainnya, Objek listrik yang di audit yaitu kualitas daya berupa rugi tegangan, rugi daya harmonik, karakteristik sistem.

Jika sekarang ini Anda sedang mencari jasa audit energi listrik yang terpercaya, Sewatama menjadi salah satu tempat yang dapat diandalkan. Memiliki pengalaman selama lebih dari 22 tahun, Sewatama akan memberikan seluruh solusi kelistrikan. Bahkan PT Sumberdaya Sewatama sudah menjadi salah satu pemimpin industri listrik yang paling besar di Indonesia.

Sewatama berkembang serta tumbuh dengan begitu pesat, sebagai salah satu jasa penyewaan dan audit kelistrikan, baik untuk PLN atau pun swasta. Jadi, saat mencari solusi kelistrikan, hubungi Sewatama.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *