Hukum Mengenakan Hijab Dalam Islam

Bagi wanita muslimah, hijab dan jilbab menjadi barang yang melekat erat pada dirinya. Wanita muslimah akan mengenakan hijab atau jilbab ketika ia telah beranjak dewasa atau telah mengalami menstruasi.

Hukum Mengenakan Hijab Dalam Islam

Islam bukan hanya sebagai tiang agama bagi wanita muslimah tetapi juga sebagai tumpuan untuk mengetahui bagaimana berpakaian dengan baik. Menurut agama islam, wanita yang baik adalah mereka yang mengenakan jilbab atau hijab.

Hal tersebut dijelaskan secara singkat pada dalil yang tertera di dalam Al Quran. Hijab bagi seorang wanita hendaknya dapat menutupi aurat dengan baik. Hijab harus menutupi bagian dada dan menutupi bagian leher dengan baik.

Penjelasan mengenai hijab dengan baik dijelaskan secara menyeluruh pada hukum mengenakan hijab dalam islam.

Hadist-hadist yang menjelaskan akan hukum mengenakan hijab dalam Islam menerangkan bahwa sudah menjadi kewajiban bagi wanita muslimah untuk menutupi auratnya kecuali bagian telapak tangan dan wajah.

Tidak hanya bertujuan untuk menutupi aurat dengan baik, hijab juga dapat menjaga pandangan orang lain yang bukan mahramnya. Karena hukum tersebut, penggunaan hijab harus sesuai dengan syariah.

Wanita muslimah yang mengenakan hijab sesuai dengan syariah tentunya akan tertutupi auratnya dengan baik. Saya juga mengulas tentang Dampak Negatif Tidak Mengenakan Hijab dalam Islam.

Hukum Mengenakan Hijab Dalam Islam

Untuk mengetahui hijab yang sesuai dengan ketentuan syariah, simak penjelasannya di bawah ini:

1. Hijab yang digunakan tidak boleh dibuat dari bahan yang tipis dan menerawang

Hijab yang dibuat dari bahan yang tidak menerawang dan tipis dapat menutupi bagian tubuh yang tertutupi hijab dengan lebih baik.

2. Tidak ketat dan terasa longgar

Hijab yang tidak ketat dan terasa longgar tidak akan menampilkan lekuk tubuh. Menutut syariah, hijab terbaik yang dapat digunakan oleh wanita muslimah adalah jenis hijab yang longgar dan tidak terlihat ketat namun dapat menutup aurat dengan baik.

Ketentuan hijab dalam islam tentunya harus diikuti oleh para wanita muslimah. Tidak hanya menjalankan perintah agama, berhijab dengan baik akan menjaga wanita muslimah dari dosa dan menjaga dirinya dari hawa nafsu yang dipancarkan oleh orang lain, khususnya lawan jenis.

Sumber: https://islamexplored.org/hijab-and-modesty/

 

Hukum Mengenakan Hijab Dalam Islam

Artikel Lainnya

About the Author: Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *