Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Pemula

Bagaimana cara mendapatkan uang dengan mudah dari internet? Pertanyaan seperti ini sering sekali diketik oleh banyak orang di mesin pencari google, bila anda berharap ingin menghasilkan uang dari internet, tentu saja akan menjadi sumber pemasukan sampingan, bahkan ada orang yang menggeluti bisnis online sebagai pekerjaan utama mereka.

Mendapatkan Uang Dari Internet

Mendapatkan Uang Dari Internet

Perlu diketahui juga bahwa dalam meraup keuntungan dari dunia online bukanlah perkara yang mudah, tidak seperti membalikan telapak tangan. Memang betul, faktanya Anda harus banyak belajar, tidak mudah menyerah, dan berdoa. Jika Anda gigih, tentunya bukanlah hal yang mustahil untuk di dapatkan, apalagi era teknologi sekarang ini.

Sebenarnya ada banyak cara dalam menghasilkan uang di dunia daring, ada yang berjualan, menawarkan jasa, menjadi agen property online, dan lain sebagainya. Semua itu bisa dilakukan tanpa modal, artinya cukup bermodalkan koneksi internet saja. Jika anda penasaran silakan simak lanjutannya dibawah ini.

Berikut beberapa cara untuk mendapatkan uang dari internet untuk pemula.

1. Jasa Penulis Artikel

Siapa sangka, ternyata menjadi seorang jasa penulis artikel bisa menghasilkan uang yang banyak, jika Anda memiliki minat di bidang tulis menulis, silakan tawarkan jasa Anda ke media sosial ataupun situs yang mempertemukan penjual dan pembeli jasa.

Sering kali jasa penulis artikel dipandang sebelah mata oleh banyak orang, namun hal itu berbanding terbalik dengan kenyataan. Bayangkan saja, jika Anda adalah salah satu penulis yang handal dan mampu menyelesaikan 10-15 artikel, pastinya dalam sehari akan mudah mendapatkan uang Rp. 100.000 – Rp. 200.000 tanpa modal di internet. Anda bisa menawarkan jasa penulis ke beberapa media situs seperti:

sribulancer.com, situs ini akan memudahkan pertemuan antara penjual jasa dan pembeli yang membutuhkan jasa. Anda cukup membuat berupa “bin” harga supaya memudahkan client menawarkan jasa tersebut, terapkan juga pelayanan yang ramah dan fast respon agar klien Anda merasa puas dengan jasa yang ditawarkan.

freelancer.com, nah situs kedua yakni freelancer.com, sebenarnya situs ini hampir sama dengan sribulancer, akan tetapi yang membedakan pada freelancer yaitu pembeli dan penjual tidak hanya dalam satu negara saja, namun mencakup semua negara, artinya internasional. Situs freelancer sangat cocok bagi yang mau mendapatkan dollar dari internet, jadi bukan hanya pundi-pundi rupiah saja. Persiapkan terlebih dahulu akun Paypal Anda.

Kalau untuk lokal ada: sosiago, vira, rajabacklink, dan lain sebagainya.

2. Blogging

Aktivitas menjadi seorang blogger ternyata bisa menghasilkan uang loh.., pastinya ini ada kaitannya dengan dunia tulis menulis, sebab terjun di dunia blogging harus mempunyai niat berbagi informasi kepada banyak orang, entah itu informasi dunia teknologi, Pendidikan, kesehatan, bisnis, dan lain sebagainya. Semua itu dapat kita curahkan dalam blog pribadi.

Bila Anda berminat menjadi seorang blogger pemula, pertama silakan buat blog baru dengan bantuan platform Blogger.com. Mengapa? Blogger.com memberi kesempatan kepada penggunanya untuk memonetisasi blog, sedangkan jika menggunakan wordpress.com tidak diperkenankan (untuk yang versi gratisnya)

Tentukan niche apa yang ingin Anda pilih. Contohnya bila Anda suka dalam dunia teknologi, silakan pilih kategori atau niche di bidang teknologi, tentunya konten yang berkaitan nantinya ialah seputar teknologi seperti review smartphone, tutorial android, dan lain sebagainya. Tentukan plan Anda sendiri, pikirkan apa yang Anda sukai.

“Bagaimana cara monetasi blog?” Untuk monetize blog tergantung dari niche yang Anda tentukan, biasanya yang media yang sering diandalkan kalangan blogger ialah media periklanan Google Adsense. Situs Google Adsense adalah media periklanan milik perusahaan terbesar Google, nah dari media periklanan ini Anda bisa mendapatkan uang dari blog.

Cara kerjanya, bila Anda sudah memiliki blog dengan jumlah visitor atau pengunjung yang banyak, silakan daftarkan blog milik Anda menjadi publisher ke layanan periklanan online terbesar Google Adsense, bila proses review dan approve telah berhasil, nanti pihak Google Adsense akan menampilkan iklan di blog anda.

Nah, disinilah sumber pendapatan Anda akan ditentukan. Selain adsense, masih banyak publisher iklan sejenis lainnya seperti Publisher MGID, Adnow, dll.

Periklanan online tersebut akan menghitung pendapatan publishernya berdasarkan jumlah klik dan tayangan iklan, jika semakin banyak jumlah klik yang didapatkan, pastinya pendapatan pada akun publisher iklan anda akan menyesuaikan, artinya akan meningkat Biaya Per Klik (BPK). Jadi, fokuslah pada produksi pembuatan konten berkualitas agar bermanfaat bagi banyak orang, sedangkan untuk mendatangkan visitor ada beberapa cara yang bisa dilakukan :

  • Optimasi SEO ( Search Engine Optimization)
  • Promosi media sosial ( Facebook, Instagram, Twitter, Quora, dll )

3. Dropship

Apakah Anda selama ini pernah berjualan online ? bila iya, pastinya Anda berpikir bahwa berjualan online hal utama yang dipersiapkan adalah modal. Anggapan tersebut salah besar, dengan menjadi seorang dropship, Anda bisa berjualan produk TANPA MODAL sepersen pun. Ya, memang benar sekali, cukup bermodalkan koneksi internet Anda sudah bisa berjualan di internet dan mendapatkan keuntungan yang bisa dibilang cukup besar.

“Bagaimana cara kerja menjadi dropship ?”

Bila Anda berminat berjualan dengan menjadi seorang dropshiper, cara kerjanya bisa dikatakan mudah sekali, contohnya Anda bisa ambil gambar dari supplier/tangan pertama dengan harga Rp. 50.000 (disini Anda harus sudah terdaftar sebagai anggota dropship), lalu tawarkan gambar produk tersebut ke media sosial dengan harga Rp. 70.000, bila ada yang berminat, nantinya konsumen akan melakukan pembayaran sesuai dengan harga yang sudah anda tentukan.

Pada tahap selanjutnya, Anda cukup melakukan pesanan produk kepada supplier dengan harga asli Rp. 50.000, nanti barang yang akan dikirimkan atas nama Anda sendiri. jadi, margin keuntungan yang Anda dapatkan Rp. 20.000, cukup besar sekali dalam satu produk, bayangkan saja dalam sehari Anda mampu menjual 5 produk dengan margin keuntungan minimal Rp. 20.000, tinggal kalikan saja 5 x Rp. 20.000 = Rp. 100.000

Supaya produk tersebut mudah laku di pasaran yakni Anda harus bisa MINIMAL riset produk, lihat apa saja produk yang dibutuhkan pasar, gunakan Google Trends untuk mengetahui apa saja minat, kebutuhan , dan yang sering dicari banyak orang. Contohnya, bisa berupa produk pakaian, perabotan rumah tangga, peralatan dapur, dan lain-lain.

Pikirkan juga margin keuntungan yang akan didapatkan nantinya, minimal margin keuntungan satu produk harus Rp. 20.000, jika lebih dari itu sudah bagus sekali. Anda juga harus jeli dalam mencari supplier tangan pertama, sebab kunci pertama kesuksesan seorang dropship ialah pada supplier, carilah tangan pertama yang menawarkan harga murah dan kualitas produk yang bagus.

Kelebihan bisnis dropship

  • Tanpa modal
  • Minim risiko
  • Tidak ada kegagalan maupun bangkrut
  • Keuntungan yang lumayan

Kekurangan bisnis dropship

  • Tidak bisa mengetahui produk secara langsung, sebab hak produk ada di tangan supplier
  • Tidak bisa mengontrol stok barang/produk
  • Adanya persaingan harga yang atraktif

4. Affiliate Marketing

Affiliate marketing hampir sama dengan sistem bisnis dropship, namun yang membedakan ialah pada pemesanan dan menggunakan link promosi sistem afiliasi. Bila berminat silakan saja geluti bisnis ini, sebab tanpa memerlukan modal. Cara kerja bisnis afiliasi juga mudah, Anda cukup mempromosikan link affiliate ke media sosial/blog pribadi, jika orang lain mengklik link tersebut dan melakukan pembelian maka secara otomatis anda akan mendapatkan bayaran.

Berbicara mengenai berapa komisi yang didapatkan, jawabannya bervariasi sekali, tergantung dari situs yang anda daftarkan, biasanya untuk produk umum, Anda bisa mendapatkan komisi hingga 20%. Ada banyak sekali situs affiliate marketing yang bisa anda coba, seperti :

  • Niagahoster, menerima afiliasi di bidang hosting website
  • Domainesia, hosting dan domain, komisi hingga 30%
  • Lazada, shopee, tokopedia, bukalapak, dan lain sebagainya.

5. Jasa Desain dan Edit Foto

Bergerak di bidang penjualan jasa memang sangat menguntungkan sekali, nah bila Anda ahli pada bidang jasa desain, silakan saja buka usaha di internet dengan menawarkan jasa desain grafis ke banyak orang. Gunakan saja media sosial Faceebok dan situs Sribulancer.com untuk menawarkan jasa Anda ke banyak orang.

Untuk jasa desain memang ada mikro kategorinya, bisa meliputi jasa desain logo, jasa pembuatan vector wajah, jasa desain baju, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk jasa edit foto bisa Anda manfaatkan juga dalam menghasilkan pundi-pundi rupiah di internet, minimal keahlian yang harus dimiliki yakni Photoshop, tools tersebut bisa membantu Anda dalam mengedit foto orang lain.

 

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Pemula

Nama Blogku

About the Author: Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *