Saat ini banyak orang mengubah cara pandang terhadap sebuah rumah. Rumah bukan hanya sebagai tempat hunian untuk beristirahat, namun rumah telah menjadi tempat untuk bekerja, belajar, bermain, berolahraga, hingga beberapa aktivitas lainnya. Oleh karena itu,menggunakan jasa desain rumah bisa menjadi pilihan tepat bagi orang yang ingin merancang dan membangun atau merenovasi rumah, untuk menyesuaikan kebutuhan yang diinginkan dari pemilik rumah.

Alasan Menggunakan Jasa Desain Rumah

Banyak dari kita ingin merancang dan mendesain rumah sendiri, tetapi apakah kita mampu jika tidak memiliki pengalaman dan latar pendidikan yang sesuai? Alih-alih ingin menghemat biaya atau ingin menyesuaikan dengan kebutuhan, justru yang diperoleh bisa berkata lain.

Ada banyak keputusan yang harus diambil dalam merancang sebuah proyek rumah hunian. Dari menentukan luas persegi yang sesuai untuk ruang baru, hingga mempertimbangkan kebutuhan listrik, fasilitas, mendapatkan ide atau menyesuaikan desain, dan lain sebagainya. Intinya ada banyak sekali tugas yang perlu ditangani.

Berikut ini setidaknya ada 5 alasan utama mengapa perlu menyewa seorang arsitek untuk mendesain rumah yang ideal sesuai kebutuhan pemiliknya.

1. Adaptasi Konstruksi ke Lahan Tanah

Jika lahan atau tanah sudah siap, sekarang, bagaimana Anda ingin mendapatkan proyek rumah impian yang sesuai dengan sempurna? Seorang arsitek (desainer) rumah dapat merancang sebuah rumah sesuai impian Anda.

Jasa desain rumah yang profesional tahu semua tentang bagaimana merancang struktur yang mencerminkan impian Anda dan juga bekerja secara efisien semisal di ruang tertentu, memberikan akses terbaik untuk masuk/keluar, parkir, listrik, utilitas, lansekap, dan semua faktor lain yang kebanyakan orang tidak tahu.

2. Biaya lebih rendah

Selain merancang dan membangun bangunan ke dalam lahan yang disediakan, arsitek bekerja untuk memposisikan dan mengelola proyek dan menjaga pengeluaran sesuai anggaran. Itu termasuk perencanaan strategis untuk biaya layanan untuk saat ini dan untuk tahun-tahun mendatang.

Tujuan arsitek harus selalu menyediakan desain yang hemat energ serta untuk menambah nilai signifikan pada proyek dengan menyediakan desain hemat energi tanpa menambah biaya.

Misalnya, dengan setiap meter persegi bangunan bertambah maka biaya akan meningkat. Jika desainer rumah dapat menemukan cara untuk berkreasi dengan ruang dan desain untuk fleksibilitas, maka itu dapat mengurangi luas lahan tersebut dan pada gilirannya menurunkan biaya.

Intinya, di jasa desain rumah seharusnya dapat mengoptimalkan setiap elemen desain yang penting.

3. Merancang untuk kebutuhan dan gaya hidup Anda

Seorang klien biasanya memiliki gambaran rinci tentang apa yang mereka pikir mereka butuhkan dalam sebuah desain hunian.

Adalah tugas arsitek yang tergabung pada jasa desain rumah untuk mendengarkan cerita Anda dan memahami untuk apa setiap ruang rumah dimaksudkan. Hal ini memungkinkan arsitek untuk merumuskan tata letak dan rencana yang secara akurat dan berhasil mewakili visi Anda dikombinasikan dengan tata letak yang disarankan untuk penggunaan terbaik.

Perancang tidak hanya didedikasikan untuk menciptakan ruang estetika, ia juga memperhitungkan fungsionalitas dan persyaratan klien, yang dengannya ia menimbang setiap opsi dan merancang setiap elemen, berdasarkan kebutuhan pengguna, yang dikumpulkan selama proses.

4. Mengetahui rancangan sebelum membangun

Peran jasa desain rumah adalah untuk menyusun visi Anda menjadi rencana khusus yang dapat divisualisasikan bahkan sebelum membeli bahan pertama, seperti gambar 3D, desain interaktif, dan lain sebagainya.

Terlebih saat ini sudah banyak teknologi terbaru yang digunakan oleh seorang arsitek untuk dapat membantu melihat rancangan proyek sebelum mengeluarkan banyak uang atas perubahan tak terduga. Dengan pengetahuan dan pengalaman seorang arsitek, perubahan ini dapat dilakukan di atas kertas sebelum kesalahan yang mahal terjadi pada struktur.

Selain itu, tugas arsitek bukan untuk memilih bahan yang mahal, tetapi memberi nilai pada bahan yang dipilih. Saat merancang proyek rumah, seorang arsitek akan memimpin diskusi tentang penggunaan bahan.

5. Koordinasi dalam tahap konstruksi

Seorang arsitek akan bekerja dengan Anda untuk membantu menghindari keterlambatan dalam konstruksi atau renovasi. Saat bekerja dengan tim konstruksi, para arsitek berusaha untuk beradaptasi, berkomitmen, dan proaktif dengan mengutamakan kepentingan terbaik klien. Arsitek bertanggung jawab atas anggaran dan penggunaan yang benar. Dalam pembayaran dan administrasi anggaran dari awal pekerjaan sampai dengan penyerahannya.

Nilai diferensial dari jasa desain interior adalah berhasil memiliki visi yang komprehensif tentang ruang yang tersedia dan peluang untuk berekspresi yang ditawarkannya melalui bahasa desain.

 

Alasan Menggunakan Jasa Desain Rumah

Bagikan:

Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.