IELTS (The Internasional English Language Testing System) adalah salah satu tes yang banyak diikuti. Bukti tes IELTS lazimnya digunakan oleh mahasiswa untuk mendaftar kuliah, pelamar kerja, hingga penduduk yang melakukan migrasi.

Tingginya minat masyarakat untuk mengikuti tes ini juga diiringi dengan banyaknya lembaga kursus IELTS seperti Studiva.com yang membantu persiapan IELTS. Tentu kita harus tepat memilih lembaga kursus yang membantu persiapan ujian IELTS.

Hal itu supaya kita tidak membuang waktu dan biaya untuk mengulang pendaftaran dan mengikuti tes. Harga pendaftaran tes IELTS relatif lebih tinggi jika dibandingkan tes serupa lainnya. Selain itu, pelamar atau Admission tidak dapat mengambil tes ulang dalam waktu yang berdekatan.

Tips Memilih Kursus IELTS Terbaik

Sebenarnya, tidak ada kriteria khusus dalam memilih lembaga kursus untuk mempersiapkan ujian IELTS. Namun, sebisa mungkin pilihlah lembaga yang juga melayani ujian IELTS. Selain itu, pertimbangkan juga hal-hal lain berikut ini.

1. Pengajar Bersertifikat IELTS

Sejak awal, sebaiknya tanyakan siapa pengajar yang akan mendampingi kita. Ada banyak lembaga kursus IELTS yang memamerkan nilai atau skor ujian IELTS tutornya yang tinggi dan masih aktif. Hal tersebut baik, karena kita akan diajari berdasarkan pengalamannya dan bukan hanya berdasar kurikulum.

Harus dipertimbangkan juga apakah pengajar tersebut memiliki sertifikat tes kecakapan bahasa serupa lainnya. Hal tersebut membuktikan bahwa kecakapan bahasa Inggrisnya memang telah teruji dengan baik.

2. Bersedia Menjamin Nilai Tinggi

Lembaga kursus IELTS harus berani menjamin bahwa target nilai kita akan tercapai. Hal tersebut sebagai bukti bahwa teknik dan metode belajar yang diterapkan kepada kita adalah teknik dan metode teruji.

Tidak perlu ragu memilih, kini banyak lembaga kursus yang bersedia mengajari gratis hingga admission mendapat nilai sesuai keinginan. Maka jangan masuk ke lembaga kursus yang hanya menjanjikan pembelajaran menarik.

3. Telah Memiliki Berbagai Kelas Persiapan Tes

Walaupun sebenarnya hal ini relatif untuk dipahami, namun lazimnya lembaga kursus yang berpengalaman telah memiliki banyak kelas persiapan. adanya beberapa kelas persiapan seperti TOEFL, IELTS, ACT, GRE, dsb. membuktikan bahwa mereka telah berpengalaman.

Bahkan, jika kebutuhan tes IELTS kita adalah untuk melanjutkan studi ke luar negeri, usahakan tempat kursus IELTS yang memberi bimbingan. Kita akan dibantu untuk mendapat cara terbaik kuliah ke luar negeri.

4. Memiliki Kantor di Banyak Tempat

Memang benar ada beberapa lembaga kursus besar dan ternama yang hanya memiliki satu kantor. Akan tetapi, banyaknya cabang kantor juga bisa dijadikan acuan bahwa lembaga kursus tersebut tidak lagi amatiran.

Semakin besar jaringan tempat kursus IELTS tersebut, semakin menguntungkan bagi murid. Bahkan, sertifikat bukti kelulusan dari lembaga kursus besar dapat berguna. Misalnya, dapat digunakan ketika kita mendaftar pekerjaan di perusahaan dalam negeri.

5. Mengadakan IELTS Preparation Setiap Saat

Fasilitas penting yang harus kita dapat dari tempat kursus IELTS adalah latihan ujian. Hal tersebut sangat penting karena menjadi satu-satunya cara untuk melihat hasil belajar. Bahkan, beberapa lembaga kursus mengadakan IELTS Preparation ini sebelum jadwal kursus dimulai untuk memetakan kelas belajar.

Jangan ragu untuk mengikuti IELTS Preparation ini meskipun tidak gratis. Ada banyak orang yang justru lebih memilih mengikuti persiapan ini berulang-ulang walaupun belajar otodidak, ketimbang mengambil kelas bimbingan.

Pada IELTS Preparation ini kita akan mengerjakan soal yang nyaris serupa dengan soal asli. Situasi yang diterapkan juga kurang lebih sama dengan situasi ujian sungguhan. Bedanya, nilai yang yang didapat hanya bisa dilihat dan tidak dapat dicetak sebagai bukti resmi ujian.

 

Tips Memilih Kursus IELTS Terbaik

Bagikan:

Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.