Tahapan-tahapan dalam Melahirkan

Artikel tahapan-tahapan dalam melahirkan ini bukan hanya perlu dibaca oleh kaum wanita namun perlu juga dibaca oleh kaum pria terutama bagi calon ayah. Perjuangan istri tercinta untuk melahirkan ada beberapa tahapan. Belum lagi pasca melahirkan yang masih harus meminta perhatian.

Tahapan-tahapan dalam Melahirkan

Melahirkan adalah salah satu proses mendebarkan dalam perjalanan setiap wanita. Umumnya, calon ibu akan merasa sangat gugup apalagi jika ini adalah proses persalinan pertamanya. Sebagai tambahan pengetahuan, calon ibu muda perlu mengetahui tahapan-tahapan melahirkan ini agar tidak terlalu kaget saat melahirkan nanti.

Sebelum itu, jika Anda tertarik membaca artikel tentang demam berdarah kunjungi https://www.guesehat.com/gejala-dan-cara-mengatasi-demam-berdarah-sejak-dini.

6 Tahapan Melahirkan Secara Normal

Perasaan bahagia, haru, dan lega akan muncul begitu Si bayi lahir dengan selamat. Namun, perjuangan untuk melahirkan normal ada beberapa tahapan. Belum lagi setelah melahirkan masih harus menjalani beberapa hal dan menyesuaikan diri untuk menjalani pemulihan pasca bersalin.

Berikut tahapan-tahapan dalam melahirkan secara normal.

1. Tahap Prodomal Labor

Pada saat ini, bayi sudah berada di panggul sehingga Anda merasakan pegal atau merasa ada tekanan di perut bagian bawah atau di punggung. Kontraksi ini terjadi secara tidak teratur dan tekanannya kadang lembut kadang kuat.

2. Tahap Latent Phase (Awal Kelahiran)

Pada tahap ini, kontraksi akan terjadi lebih lama, kuat dan teratur. Anda juga akan merasakan sakit punggung atau lebih mirip dengan nyeri haid. Ketika kontraksi mulai terjadi setiap lima menit, segera pergi ke dokter dan tetap tenangkan diri Anda.

3. Tahap satu (fase aktif)

Di tahap ini kontraksi akan terjadi setiap 2 sampai 3 menit sekali dan Anda juga akan merasa mual dan sakit di punggung akan semakin bertambah. Pada fase ini, Anda bisa melakukan latihan pernapasan dan berjalan di sekitar dan jika kontraksi terjadi berhentilah untuk istirahat.

4. Tahap dua

Di tahap dua ini, kepala bayi sudah turun ke vagina, namun jangan mengejan dahulu tanpa ada instruksi dari dokter karena hal ini akan menyebabkan serviks bengkak. Setelah ada instruksi untuk mengejan segera lakukan, biasanya dokter juga akan melakukan potongan pendek antara vagina dan rektum agar proses persalinan lebih mudah.

5. Tahap tiga

Di tahap ini, kebutuhan untuk mengejan lebih kuat dan akan semakin kuat jika kepala bayi sudah turun. Pada saat pembukaan vagina Anda akan mengalami perasaan panas, menyengat dan juga peregangan. Proses melahirkan sendiri terjadi selama 15 sampai 30 menit.

6. Penyembuhan

Pada tahap ini bayi sudah lahir dan Anda akan diberikan kompresan air dingin pada perineum untuk mengurangi pembengkakan.

Proses melahirkan memang sangat mendebarkan, kunjungi https://www.guesehat.com/manakah-yang-lebih-baik-persalinan-normal-atau-caesar untuk mendapatkan info lebih lanjut.

 

Tahapan-tahapan dalam Melahirkan

Artikel Lainnya

About the Author: Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *