Tunjang Perkembangan Anak, Beri Mainan Sesuai Usia

Mainan menjadi salah satu barang penting bagi tumbuh kembang bayi dan anak, selama mainan yang diberikan sesuai dengan umur si anak. Karena salah memberi mainan akan sangat berdampak mulai dari otak, fungsi anggota tubuh dan pembentukan karakternya. Seperti apa mainan yang tepat untuk masing-masing kelompok usia anak?

Mainan Anak Sesuai Kelompok Usianya

Ini Mainan Anak Sesuai Kelompok Usianya

Pertumbuhan anak sejak lahir hingga usia lima tahun memang sangat tinggi, dari sisi kesehatan ada lima golongan usia yang perkembangannya berbeda, sehingga jika diberikan mainan yang tepat akan sangat membantu. Yaitu golongan 0-6 bulan, 6-12 bulan, 1-3 tahun, 3-5 tahun dan 5 tahun ke atas.

Usia 0-6 bulan

Indera pada bayi sudah berfungsi dengan baik, mainan yang bisa diberikan adalah teether untuk membantu pertumbuhan gigi, mainan yang mengeluarkan bunyi, mainan warna warni yang bisa digenggamnya, seperti bola kecil. Jangan lupa untuk selalu membersihkannya dengan pencuci anti bakterial agar anak selalu aman memainkannya, sebab usia ini masih rentan kena penyakit.

Usia 6-12 bulan

Anak sudah bisa merangkak, berjalan dan menggunakan tangan dan kaki dengan lebih baik. Mainan yang tepat adalah balok susun, bola yang terbuat dari karet untuk membantu menguatkan kakinya, dan mainan boneka atau mobil untuk mengasah imajinasinya.

Usia 1-3 tahun

Mainan

untuk usia ini diberikan bertujuan untuk mempertajam daya ingat, memperlancarnya berjalan dan berlari, dan meningkatkan imajinasi. Diantaranya adalah buku cerita yang bisa dibacakan orang tua saat anak akan tidur, puzzle untuk mengasah otaknya, serta buku gambar dan perlengkapannya, sepeda dan permainan profesi dokter, chef, polisi dan lain-lain.

Usia 3-5 tahun

Mainan seperti pasir kinetik dan plastisin bisa menjadi pilihan agar dia bisa berimajinasi dan membuat banar-barang di sekitarnya. Baju kostum lengkap dengan peralatannya juga bisa diberikan untuk mengasah kekuatan dan kemampuannya menyelesaikan masalah. Susun balok dengan tingkat kerumitan lebih juga bisa diberikan.

Usia 5 tahun ke atas

Alat musik yang disukainya bisa jadi mainan untuk melihat bakatnya, permainan kartu seperti remi, monopoli, ludo dan ular tangga juga bisa diberikan untuk mengasah daya pikir dan daya ingatnya.

Memilih mainan yang sesuai dengan usia anak sama halnya dengan memilih sabun pencuci anti bakterial untuk baju dan alat makan bayi,karena sama-sama harus memperhatikan usia dan perkembangannya.

Jika salah memilih pastinya akan berdampak tidak baik bagi si kecil dan pastinya sebagai orang tua Anda tak ingin hal itu terjadi bukan?

 

Mainan Anak Sesuai Kelompok Usianya

Artikel Lainnya

About the Author: Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *