Ngeblog Selama Masa WFH

  • Whatsapp

WFH atau Work From Home sudah menjadi bagian kehidupan banyak orang akhir-akhir ini. Wabah pandemik covid-19 menjadikan banyak perusahaan maupun instansi mewajibkan para pegawainya untuk menjalankan program bekerja dari rumah atau WFH.

Work From Home

Bacaan Lainnya

Di tengah situasi pandemik ini, mungkin Anda termasuk salah satu orang yang harus menjalani program work from home. Tentu bukanlah hal yang mudah bagi Anda dalam memulai program bekerja dari rumah. Akan ada rasa jenuh ataupun bosan saat menjalaninya. Namun, dibalik itu semua, Anda sebenarnya bisa memanfaatkan momen-momen tersebut untuk mendapatkan penghasilan lainnya dari rumah. Salah satu caranya ialah dengan ngeblog selama WFH.

Ngeblog Selama WFH

Jika Anda tertarik mengenai cara mendapatkan penghasilan lewat ngeblog selama WFH, yuk silahkan simak informasi berikut ini.

1. Mulailah Dengan Membuat Blog

Untuk mulai menjadi seorang blogger, hal pertama yang harus Anda lakukan ialah memiliki sebuah blog. Anda bisa membuat blog tersebut secara gratis di beberapa situs seperti Blogspot, WordPress, Medium, ataupun Wix.   Sebagai seorang pemula tentu Anda harus belajar mengenai dunia blog secara pelan-pelan.

Menjadi blogger professional yang dikenal banyak orang hingga dibayar oleh banyak perusahaan tentu tidak membutuhkan waktu yang singkat. Anda harus benar-benar mempelajari dunia blog secara mendalam untuk menjadikannya sebagai lahan bisnis.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk mempelajari dunia blog lewat blog gratisan terlebih dahulu. Nah, Jika blog Anda sudah mulai ramai dikunjungi visitors. maka  Anda  bisa mengganti domain blog gratis tersebut menjadi domain dan hosting sendiri. Untuk mendapatkan harga paket hosting dan domain yang terjangkau dan berkualitas, Anda bisa membelinya lewat www.domainesia.com/hosting.

2. Belajarlah Menulis Artikel Dengan Baik

Ketika menjadi seorang blogger, secara otomatis Anda juga akan menjadi seorang penulis. Hal yang sangat penting dalam dunia blog ialah menghasilkan tulisan-tulisan yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh banyak pembaca.

Blog yang baik dan berkualitas tidak hanya mengandalkan kuantitas atau jumlah tulisan di dalamnya. Jumlah tulisan memang juga berpengaruh terhadap blog akan tetapi kualitas tulisan tetaplah hal yang terpenting.

Untuk mendapatkan tulisan yang bagus dan berkualitas maka Anda perlu untuk mempelajari berbagai teknik penulisan dalam dunia blog. Bagi para pemula, menulis artikel di blog merupakan kendala yang cukup sulit. Terlebih jika Anda bukanlah seseorang yang hobi menulis sebelumnya. Namun, jika sudah terbiasa maka lambat laun Anda akan mulai menemukan ciri khas tulisan Anda sendiri.  Tulisan yang baik dan juga menarik tentu akan menjadi incaran para pembaca di internet. Jika sudah menghasilkan artikel yang berkualitas maka bukan tidak mungkin blog Anda akan kebanjiran pengunjung setiap harinya.

3. Belajarlah Ilmu SEO

Selain mempelajari teknik penulisan yang baik dan benar, Anda juga perlu mempelajari teknik SEO dalam dunia blog. SEO sendiri merupakan teknik yang dilakukan oleh para blogger agar websitenya memiliki posisi yang bagus di halaman hasil pencarian mesin pencari seperti Google.

Jika Anda sudah mahir dalam dunia SEO, maka peluang untuk mendapatkan banyak visitor hingga menempatkan blog Anda di halaman pertama pencarian Google akan sangat besar. Tidak bisa dipungkiri jika visitors adalah modal utama seorang blogger untuk mendapatkan uang dari blog. Semakin banyak pengunjung ke blog Anda, maka semakin besar pula peluang Anda untuk menghasilkan banyak uang.

4. Menaikkan Personal Branding Blog

Blog yang terkenal dan memiliki banyak pengunjung tentu bukan lagi blog yang mengandalkan jumlah postingan semata saja. Untuk menaikkan personal branding pada blog maka Anda harus benar-benar fokus menata sekaligus mengembangkan situs Anda.

Salah satu hal penting dalam personal branding blog ialah dengan memiliki domain. Tidak bisa dipungkiri jika banyak influencer dan blogger yang bertebaran di dunia maya mendapatkan jangkauan yang luas oleh para pembacanya karena kekuatan domain yang dimilikinya. Lewat domain tersebut para blogger berhasil mendapatkan citra atau reputasi yang baik di internet.

Anda tidak usah khawatir, saat ini sudah banyak penyedia domain dan hosting yang berkualitas dan terpercaya, salah satunya ialah domainesia.com.   Penyedia domain dan hosting ini menawarkan paket murah dan terjangkau untuk situs resmi Anda nantinya.

5. Mulailah Monetisasi Blog Anda

Ketika blog Anda telah memenuhi persyaratan, maka cobalah untuk memulai monetisasinya. Monetisasi blog sendiri merupakan istilah untuk menghasilkan pundi-pundi uang lewat blog yang Anda miliki.

Salah satu hal penting dalam mendapatkan uang lewat blog tersebut ialah dengan memiliki banyak pengunjung. Adapun cara untuk monetisasi blog bisa Anda lakukan dengan menggunakan Google Adsense. Kebanyakan blogger baik di dalam maupun di luar negeri memilih Google Adsense untuk mendapatkan uang dari blog. Sistem yang digunakan oleh Adsense ialah PPC atau Pay Per Click, di mana Anda akan dibayar oleh Google Adsense jika iklan di situs tersebut telah diklik oleh pengunjung.

 

Ngeblog Selama Masa WFH

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *