Sebelum membuat website pribadi, Anda perlu memiliki domain terlebih dahulu. Biasanya, untuk memiliki domain, Anda perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp 150 ribu per tahun. Akan tetapi, beberapa jasa domain gratis di Indonesia memungkinkan Anda mendapatkan domain gratis terbaik tanpa biaya.

Jasa Domain Gratis Terbaik di Indonesia

Menggunakan domain gratis memang menjadi tawaran yang sangat menarik. Apalagi jika Anda ingin membuat website dengan budget yang terbatas. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa jarang sekali menemukan domain gratis yang sempurna.

Biasanya, domain gratis memiliki ekstensi yang kurang populer. Jadi, sangat kecil kemungkinan Anda bisa mendapatkan ekstensi .COM secara gratis. Meski begitu, tidak ada salahnya menggunakan domain gratis untuk website Anda.

Bagi Anda yang ingin mencoba domain gratis, berikut ini adalah 5 penyedia jasa domain gratis terbaik yang bisa Anda pilih:

1. Biz.nf

Biz.nf adalah salah satu penyedia layanan hosting dan domain yang sudah berjalan sejak 2008. Anda bisa menggunakan domain gratis yang disediakan Biz.nf sebagai ekstensi domain website Anda. Nantinya, Anda akan mendapatkan domain dengan ekstensi .CO.NF. Sebagai contoh, nantinya Anda bisa mendaftarkan “www.websiteanda.co.nf” secara gratis.

2. Freenom

Penyedia domain gratis berikutnya adalah Freenom. Berbeda dengan Biz.nf, Freenom menawarkan ekstensi domain yang lebih beragam. Di antaranya adalah .TK, .ML, .GA, .CF, dan .GQ.

Sebagai informasi, ekstensi domain .TK dimiliki oleh sebuah pulau kecil bernama Tokelau. Pulau tersebut memiliki penduduk sebanyak 1.500 jiwa saja. Meski begitu, domain .TK termasuk domain 5 besar di dunia.

3. Biz.ly

Biz.ly bisa menjadi alternatif penyedia domain gratis terbaik yang bisa Anda pilih. Sejak 2002, Biz.ly telah menyediakan domain gratis dengan ekstensi .BIZ.LY yang berarti bisnis. Dengan menggunakan domain ini, nantinya website Anda akan menjadi “www.websiteanda.biz.ly”.

4. Wix

Kurang puas dengan rekomendasi sebelumnya? Anda bisa mencoba layanan domain gratis di Wix. Dibandingkan dengan yang lainnya, Wix memang lebih populer. Akan tetapi, layanan domain gratis yang ditawarkan Wix memang sangat terbatas.

5. Zyro

Terakhir, jasa domain gratis terbaik yang bisa Anda coba adalah Zyro. Zyro menyediakan berbagai domain gratis yang bisa Anda gunakan untuk membangun website.Di antaranya adalah ekstensi .TECH, .ONLINE, .SITE, .STORE, .SPACE, .WEBSITE, .PW, .UNO, .PRESS, .ICU, .SHOP, serta .CLUB.

Cara Mendapatkan Domain Gratis Zyro

Secara umum, setiap paket Zyro sudah dilengkapi dengan hosting dan domain gratis terbaik. Karena itu, Anda tidak perlu melakukan pembelian secara terpisah. Untuk bisa mendapatkan domain gratis Zyro juga cukup mudah. Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

1. Berlangganan Paket Zyro Minimal 1 Tahun

Setiap Anda berlangganan paket Zyro selama satu tahun, Anda akan mendapatkan domain gratis secara otomatis. Domain gratis ini juga berlaku saat Anda berlangganan paket website, online store, ataupun advance store.

2. Login ke Akun Zyro

Setelah paket berlangganan aktif, lakukan login ke akun Zyro Anda. Kemudian, hubungi tim Customer Success Zyro untuk melakukan klaim domain.

3. Lakukan Klaim Domain Gratis

Selanjutnya, tim Zyro akan membantu mendaftarkan nama domain yang Anda pilih. Klaim domain ini bisa Anda lakukan tanpa ada biaya tambahan lagi.

Cara Memilih Nama Domain yang Tepat

Memilih nama domain tidak dapat dilakukan secara asal. Nantinya, nama domain website akan menjadi representatif bisnis Anda. Karena itu, memilih nama domain perlu melalui pertimbangan yang matang. Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan dalam memilih nama domain, di antaranya:

1. Singkat dan Mudah Diingat

Jangan menggunakan nama domain yang terlalu panjang atau sulit dieja. Nama domain yang rumit bisa meningkatkan risiko salah eja. Sehingga pengunjung kesulitan mendatangi website Anda lagi. Umumnya, nama domain gratis terbaik hanya terdiri dari satu atau dua kata saja.

2. Gunakan Kata Kunci Sebagai URL

Cara lain untuk meningkatkan pengunjung adalah dengan menggunakan kata kunci sebagai URL atau domain. Jika Anda menggunakan cara ini, pastikan kata kunci yang Anda gunakan cukup relevan dengan target yang Anda tuju.

Jangan menggunakan kata kunci secara berlebihan atau menggunakan singkatan. Menggunakan kata kunci secara berlebihan membuat website Anda terlihat sebagai spam. Sedangkan menggunakan singkatan membuat website Anda justru lebih sulit ditemukan.

3. Hindari Penggunaan Simbol

Jangan menggunakan simbol, tanda hubung, atau angka sebagai nama domain. Penggunaan simbol dan angka cenderung lebih sulit diingat atau meningkatkan risiko salah eja. Sehingga, justru akan memberikan dampak negatif terhadap jumlah pengunjung website.

4. Gunakan Ekstensi Domain yang Sesuai

Meski terkesan sederhana, ekstensi domain yang tepat dapat membantu memberikan kesan yang profesional. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat website untuk lembaga non-profit, ekstensi .ORG bisa menjadi pilihan yang tepat.

5. Gunakan Tools AI Zyro

Menemukan ide nama domain yang menarik kadang bisa cukup membingungkan. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan tools AI di Zyro. Tools ini membantu Anda mencari inspirasi ide nama domain yang menarik.

Untuk menggunakan tools ini, Anda hanya perlu memasukkan kata kunci yang sesuai dengan bisnis Anda. Selanjutnya, tools akan menganalisa dan mengecek ketersediaan nama domain gratis terbaik untuk Anda. Jika nama yang dihasilkan sesuai dan tersedia, ada baiknya Anda segera mendaftarkan nama domain tersebut.

Nah, itulah 5 jasa domain gratis di Indonesia yang bisa Anda gunakan dan cara mendapatkan domain gratis terbaik di Zyro. Selain menyediakan domain gratis, Zyro juga menyediakan jasa hosting gratis untuk website dan toko online Anda.

 

5 Jasa Domain Gratis Terbaik di Indonesia 2022

Bagikan:

Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.