Mengenal Lebih Dalam WordPress Hosting

Akhir-akhir ini ada banyak sekali penyedia hosting yang memberikan penawaran WordPress Hosting untuk orang-orang yang memiliki situs WordPress. Memang jumlah pemilik Hosting WordPress ini sangat banyak dan setiap hari pertumbuhannya juga semakin menggila. Hal itulah yang kemudian membuat dibutuhkannya hosting yang khusus dan memadai untuk para pemilik website atau blog WordPress tersebut.

Mengenal Lebih Dalam WordPress Hosting

Kali ini kita akan membahas apa saja kelebihan dan kekurangan dari hosting ini. Dan apakah kamu perlu menggunakan hosting tipe ini atau tidak dan termasuk rekomendasi penyedia hosting yang menyediakan layanan ini dengan kualitas yang baik.

Apa itu WordPress Hosting?

Apa sih wordpress hosting itu? Kenapa sangat penting dan sepertinya sekarang sedang sangat hype di pasaran. Sebenarnya hosting tipe ini adalah sebuah layanan hosting yang dibuat khusus untuk pengguna WordPress. Tujuannya adalah agar para pemilik website ini bisa fokus pada konten mereka tanpa perlu repot mengurusi hal-hal teknis seperti misalnya mengurusi kecepatan, keamanan, dan juga masalah resource limit yang terbatasi atau masalah lain yang berhubungan dengan teknis.

Sederhananya, hosting ini dibuat dan didesain sedemikian rupa agar mampu menunjang performa dari situs WordPress secara maksimal. Maksimal artinya dimulai dari teknologi yang dipakai sampai arsitektur atau bangunan servernya. Semua aspek itu didesain agar cocok dan sesuai dengan kebutuhan dari WordPress. Itu kenapa terkadang, hosting jenis ini juga mendapatkan sebutan Managed WordPress Hosting.

Lalu apa saja fitur standar dari hosting ini? Fitur apa saja yang biasa ditawarkan para penyedia hosting ini?

  • Batas resource yang jadi lebih besar.
  • Setup WordPress, mulai dari penginstallan sampai setting yang jauh lebih gampang.
  • Auto update, plugin, dan juga tema.
  • Auto backup.
  • Keamanan terhadap virus dan malware yang lebih terjamin.
  • Tema dan plugin premium (beberapa penyedia hosting tidak menyediakan fasilitas ini, tapi ada beberapa yang menyediakannya)
  • Lalu ada juga fitur lain seperti free Sertifikat SSL, CDN Setting, dan beberapa poin lain, tapi sebenarnya tidak terlalu penting. Justru yang harus kamu perhatikan adalah ambang batas resource-nya. Kenapa? Karena hal itulah yang menjadi nilai utama dari hosting yang kamu pakai.

Membahas soal ambang batas resource, atau resource limit ini memang akan sangat menarik. Hal yang perlu kamu tahu adalah bahwa setiap hosting punya limit yang berbeda-beda. Disarankan, kamu tidak terpaku pada prosentase dari resource tersebut. Entah itu unlimited, 100%, atau berapapun. Karena sebenarnya resource itu lebih dipengaruhi kualitas server dan juga teknologi yang dipakai oleh hosting tersebut. Hal yang paling penting harus anda perhatikan adalah portofolio dari para pengguna hosting wordpress ini.

Bagaimana caranya? Coba kunjungi situs lain yang sudah menggunakan jasa mereka kemudian cek kecepatan mereka. Kamu bisa mengeceknya dengan banyak cara, salah satunya dengan menggunakan Google PageSpeed. Kemudian coba bandingkan kecepatan dengan harga yang ditawarkan oleh penyedia hosting tersebut. Apakah cocok, sepadan, atau tidak?

Lalu jika kita bicara soal keuntungan utama ketika memakai WordPress hosting ini tentunya adalah ambang batas resource yang sudah kita bicarakan di paragraf sebelumnya tadi. Dimana tidak ada batasan sehingga kecepatan untuk mengakses websitemu dan juga loading blogmu bisa beberapa kali lebih cepat dari hosting yang biasa.

Tapi tetap saja, batasan yang sebenarnya itu bukan pada resource limit saja, tapi pada disk space dan berapa banyak visitor dari blogmu. Semakin banyak visitor dari websitemu, maka semakin lelet juga kecepatan loadingnya. Tapi ketika kamu menggunakan hosting yang harganya relatif mahal, kecepatan loadingnya bisa jadi tetap cepat.

Lalu ketika hendak menggunakan hosting tipe ini disarankan kamu melihat jumlah storage yang diberikan. Biasanya akan sangat kecil atau sengaja dibatasi. Bahkan lebih kecil dari shared hosting. Bahkan ada beberapa penyedia wordpress hosting yang membatasi jumlah pengunjung perbulan. Jadi kalau misalnya unique visitor websitemu melebihi kuota, akan diturunkan resource limitnya atau bahasa sederhananya, websitemu jadi tidak bisa diakses.

Apa itu WordPress Hosting

Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Hosting Ini

Ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli hosting tipe ini. Salah satunya adalah hal-hal yang berhubungan dengan angka-angka. Apa saja angka-angka yang harus kamu perhatikan sebelum membeli hosting ini?

  • Berapa besar Disk Space yang diberikan padamu.
  • Berapa kapasitas CPU untuk server yang dipakai hostingmu.
  • Berapa besar RAM, physical memory, entry process, virtual memory, I/O, dan number of process.
  • Berapa batasan jumlah pengunjung dalam websitemu selama sebulan. Ini jika ada, karena ada beberapa penyedia hosting juga yang tidak memberlakukan peraturan ini.
  • Perhatikan resource limitnya.

Sebagian dari kamu mungkin bingung menimbang antara resource limit dengan disk space. Tenang, berikut ini penjelasan singkatnya;

Kalau misalnya websitemu punya fitur entah tema dan plugin yang berat dan dinamis, biasanya ada di marketplace, artinya pengunjung websitemu akan sangat banyak dan sering terjadi perubahan di website tersebut. Maka disarankan kamu memakai hosting dengan resource yang besar limitnya. Resource ini yang bisa mempengaruhi kecepatan untuk mengakses blog dan seberapa besar kekuatannya untuk menampung visitor di blogmu secara bersamaan.

Sebaliknya, kalau websitemu itu justru memakan banyak ruang karena konten yang banyak tapi situsnya cenderung statis dan tidak punya banyak plugin berat, contohnya seperti blog biasa yang isinya artikel saja, maka disarankan untuk mengakali kecepatan loading web dengan menggunakan CDN/Cache. Kemudian disarankan juga untuk memilih hosting dengan disk space atau storage yang lebih besar.

Jadi sebenarnya, siapa yang cocok menggunakan hosting tipe wordpress ini? Hosting ini memang cocok untuk orang yang punya situs dengan trafik yang aktifitasnya tinggi seperti misalnya marketplace atau pun forum. Selain itu juga pada para blogger yang memiliki visitor banyak. Visitor tersebut harus di”pelihara” dengan baik, dengan cara menjaga kestabilan kecepatan dari website yang kamu jalankan. Nah, caranya adalah dengan memilih hosting wordpress ini.

Lalu Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Ada beberapa kelebihan dari hosting tipe ini. Berikut beberapa di antaranya;

  • Resource limit yang sangat besar, sehingga mempengaruhi kecepatan loading blog dan bisa menampung banyak visitor bersamaan.
  • Ada banyak fitur penunjang yang penting dan tidak penting. Fitur yang penting misalnya soal keamanan yang lebih terjaga, sementara yang tidak penting seperti auto update dan backup.

Lalu apa kekurangannya?

  • Mahal! Kekurangan yang utama dan pertama adalah harganya yang relatif mahal. Meskipun mungkin kamu bisa menemukan penyedia hosting yang memberikan harga yang relatif terjangkau. Seperti misalnya IDWebhost.
  • Disk Space yang lebih Kecil.
  • Jumlah Visitor yang dibatasi. Meskipun poin ini biasanya tergantung pada penyedia hostingnya. Tidak semua penyedia hosting melakukan hal tersebut.

Lalu siapa saja yang menyediakan hosting tipe ini? Ada banyak sekali penyedia hosting yang memberikan pelayanan ini. Mereka semua masing-masing memiliki kelebihannya sendiri-sendiri dan penawarannya sendiri-sendiri. Salah satunya adalah IDWebhost. Jadi, tertarik menggunakan wordpress hosting?

 

Mengenal Lebih Dalam WordPress Hosting – Nama Blogku

Artikel Lainnya

About the Author: Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *