Barangkali ini untuk kali ketiga, beberapa blog saya mengalami “Error establishing a database connection”. Biasanya cukup menghubungi penyedia hosting, persoalan jadi beres.

Error Establishing a Database Connectioni VPS

Kejadian Error establishing a database connection ini sering saya alami pada VPS Linux dengan control panel Sentora. Sedangkan untuk blog yang di shared hosting, belum pernah terjadi.

Celakanya, dalam VPS tersebut ada beberapa blog wordpress dan semua tidak dapat dibuka termasuk untuk login menggunakan wp-admin.

Sedangkan untuk membuka control panel Sentora pun juga tidak bisa, muncul peringatan: Critical Error: [0100] – Unable to connect or authenticate to the Sentora database (sentora_core).

Lebih celaka lagi, terkadang kejadian terjadi saat saya sedang tidak online dan baru tahu beberapa jam kemudian. Itupun setelah membaca pemberitahuan di email oleh wordpress lewat [Jetpack Monitor] website xxxx is not loading!

Artikel Nama Blogku lainnya:  Pengalaman Menggunakan Layanan Shared Hosting

Kalau nggak buka email, mungkin blog bisa berlangsung lama error-nya.

Saat kejadian Error establishing a database connection pertama kali, saya langsung menghubungi penyedia VPS, dan ditangani cuma dalam hitungan detik saja, blog kembali normal. Saya tidak tahu bagaimana cara menanganinya.

Kejadian kedua terjadi beberapa bulan setelah pindah server. Semua blog mengalami Error establishing a database connection. Entah kenapa bisa terjadi. Barang kali sering bongkar pasang plugin atau thema, atau entah yang lain.

Mengingat tidak bisa mengakses control panel, maka saya kembali menghubungi penyedia VPS. Kali ini saya coba bertanya kenapa dan bagaimana mengatasinya? Takutnya terjadi kembali dan cs tidak bisa dihubungi.

Akhirnya ditemukan penyebabnya yaitu table database crash

Artikel Nama Blogku lainnya:  Lentera Kecil Blog Serius Pertama Kali

181126 10:05:02 [ERROR] mysqld: Table ‘./admin_blog/wp_comments’ is marked as crashed and should be repaired
181126 10:05:02 [Warning] Checking table: ‘./admin_blog/wp_comment

Dan ternyata, cukup restart database-nya, persoalan selesai.

Nah, sebelum membuat artikel ini, kembali blog mengalami Error establishing a database connection. Kali ini saya mencoba mengatasi sendiri.

Mengingat saya menggunakan VPS maka bisa mengakses root-nya via SSH. Dengan menggunakan putty, saya mencoba restart databasenya dengan perintah

service mariadb restart

Dan… berhasil.

Semua blog dapat diakses kembali termasuk control panel Sentora yang sebelumnya hanya bertuliskan Critical Error: [0100] – Unable to connect or authenticate to the Sentora database (sentora_core) saat dibuka.

Saya nggak sempat mencari penyebab mengapa bisa terjadi karena harus segera update blog. Yang penting blog bisa diakses.

Artikel Nama Blogku lainnya:  Cara Install aaPanel di VPS Centos

 

Error Establishing a Database Connection VPS 

Bagikan:

Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *