Nama BlogKu

Catatan sederhana kegiatan blogging

Bagaimana Cara Mempercepat Koneksi Internet

- Posted in Solusi by



Bagaimana cara mempercepat koneksi internet? Pertanyaan ini barangkali banyak ditanyakan orang termasuk saya atas koneksi internet lemot.

Belakang ini, koneksi internet speedy dari telkom di tempat saya sangat lemot sehingga aktivitas ngeblog menjadi sangat terganggu.

Buka dasbor blogger.com sering tidak sempurna, apalagi dasbor wordpress yang notabene cukup berat. Susah payah saya mengupdate blog-blog yang saya miliki.

Dalam perjanjian layanan internet broadband dari telkom speedy, saya menggunakan kecepatan 1 mbps. Sebenarnya kecepatan tersebut cukup, untuk browsing dan update blog. Bahkan nonton youtube pun lancar.

Namun belakangan ini (tepatnya setelah lebaran 2017) hingga artikel ini saya buat, koneksi super lemot dan parahnya sering loss alias putus nyambung.

Hasil speed test koneksi tidak pernah mendapat 50% dari jatah yang seharusnya saya dapat yaitu 1 mbps. Dapatnya cuma 0.2 - 0.4 mbps saja.

Ini hasil tes kecepatan internet saya yang paling tinggi pada malam hari

hasil tes kecepatan internet

Bagaimana cara mengatasi kecepatan internet yang lambat?

Banyak blog-blog yang menulis artikel cara mempercepat koneksi internet. Mulai dari tunning windows di komputer, hingga menggunakan VPN yang konon katanya bisa mempercepat sampai 10 kali lipat. Saya pun telah mencoba, namun semuanya tidak berhasil, koneksi tetap lemot.

Akhirnya saya menggunakan logika, bagaimana mungkin motor 100 cc bisa lari 200 km/jam. Mesinnya saja kecil, jika 500 cc barangkali bisa.

Saya pakai internet kecepatan 1 mbps, meskipun diotak-atik bagaimanapun, tidak mungkin bisa mencapai 5 mbps. Hal ini sudah disetting oleh provider bahwa kecepatan internet yang bisa saya gunakan maksimal 1 mbps. Dan umumnya akan berada di bawah batas maksimal karena masalah teknis lainnya ( dipakai wifi, dipakai sistem, jaringan kabel, modem, dll).

Cara mempercepat koneksi internet yang tepat adalah meng-upgrade layanan. Misalkan jika ingin mencapai kecepatan 10 mbps ya.. harus upgrade ke paket 10 mbps. Logika yang logis, bukan?

Hanya saja, permasalahan yang saya hadapi sekarang adalah kenapa lambat? Padahal sudah lapor 147 dan tiga kali sudah dicek oleh petugas telkom dan tidak ada masalah dengan jaringan dan modem.

Keinginan upgrade ke Indihome dengan jaringan kabel serat optik (FO) tidak bisa karena jaring belum tersedia. Selain itu, sepertinya Indihome belum stabil sepenuhnya disamping harganya yang cukup mahal.

Pindah ke provider internet broadband lain, nggak ada. Yah... terpaksa menikmati kecepatan koneksi internet apa adanya meskipun terkadang sedikit dongkol. :(

Comments