Beberapa Hal yang Mempengaruhi Kelancaran Gadai Surat Rumah

  • Whatsapp

Ketika akan mengajukan pinjaman dengan cara melakukan gadai surat rumah, hal pertama yang perlu disiapkan pada umumnya adalah jaminan yang diberikan. Dimana bagi Anda yang mempunyai jaminan seperti surat rumah akan membuat pengajuan pinjaman Anda lebih mudah diterima. Oleh karena itulah pastikan untuk mempunyai jaminan terlebih dahulu yang merupakan surat berharga untuk bisa mendapatkan pinjaman yang Anda butuhkan.

Gadai Surat Rumah

Bacaan Lainnya

Ketahui Hal Pengaruh Kelancaran Gadai Surat Rumah

Selain mempunyai jaminan, bagi Anda yang akan melakukan gadai surat rumah untuk mendapatkan pinjaman nantinya juga ada beberapa hal yang mempengaruhi apakah pinjaman Anda dapat disetujui atau tidak.

Beberapa hal yang dapat berpengaruh tersebut adalah sebagai berikut ini:

1. Lokasi rumah

Hal pertama yang akan mempengaruhi kelancaran apabila Anda akan menyerahkan sertifikat rumah sebagai jaminan ketika mengambil pinjaman adalah dari lokasi rumahnya. Bagi yang mempunyai rumah di lokasi strategis tentu saja akan sangat membantu untuk proses pinjaman dapat lancar dan mudah disetujui.

Hal tersebut karena rumah yang mempunyai lokasi strategis akan mempunyai harga dan nilai yang tinggi, sehingga pihak bank dan pemberi pinjaman lainnya tidak akan ragu untuk memberikan dana pinjaman yang Anda butuhkan.

Selain itu juga ada beberapa alasan mengapa lokasi juga dapat menjadi penyebab kredit yang tidak lancar. Seperti misalnya lokasi rumah yang dekat dengan sutet, dekat pemakaman, gang sempit, dan juga yang pernah mengalami tindak kriminilitas.

2. Memilih tempat yang terpercaya

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan ketika mengambil pinjaman dengan gadai sertifikat dari rumah agar lancar adalah dengan memilih tempat gadai yang terpercaya.

Pastikan bahwa Anda memilih tempat gadai yang terpercaya dan juga aman. Pastikan tempat gadai tersebut sudah terdaftar di OJK yang penting untuk diperhatikan sehingga nantinya mendapatkan tempat yang aman.

Hindari juga tempat pinjaman yang menawarkan proses pencairan dengan cepat tetapi tidak mempunyai ketentuan dan aturan yang transparan. Hal tersebut patut Anda curigai karena bisa membuat pinjaman yang Anda dapatkan akan bermasalah.

3. Pastikan melengkapi dokumen yang dibutuhkan

Hal selanjutnya yang membuat pinjaman yang menggunakan sertifikat rumah akan lebih lancar adalah ketika rumah tersebut juga sudah mempunyai dokumen lainnya.

Pastikan Anda sudah mempunyai dokumen lainnya mulai dari KTP, KK, surat nikah, NPWP, PBB terakhir, rekening tabungan, SHM, SHGB, IMB, dan tentunya dari sertifikat rumah yang Anda miliki. Hal ini penting dan sangat berpengaruh untuk kelancaran proses pengambil pinjaman yang Anda inginkan menggunakan surat rumah.

4. Memilih plafon sesuai kebutuhan

Kelancaran selanjutnya juga dipengaruhi oleh plafon yang Anda pilih ketika mengambil pinjaman. Oleh karena itulah pastikan Anda mempunyai range harga yang pasti untuk rumah yang dimiliki.

Hal tersebut akan membuat Anda lebih mudah untuk memilih plafon pinjaman yang tidak melebihi nilai rumah yang digadaikan. Karena apabila nantinya Anda menginginkan plafon yang tinggi dan melebihi nilai rumah tentu saja hal tersebut akan membuat pinjaman ditolak dan tidak disetujui.

5. Komitmen bayar cicilan

Hal terakhir yang perlu diperhatikan ketika gadai surat rumah agar lebih lancar adalah mempunyai komitmen bayar cicilan. Anda mempunyai tanggungan untuk membayar cicilan dari kredit yang Anda dapatkan, oleh karena itulah pilihlah biaya cicilan yang sesuai dengan kemampuan.

Komitmen ini juga penting sehingga nantinya jaminan yang Anda berikan dapat kembali lagi ke tangan. Apabila Anda tidak mempunyai komitmen tinggi nantinya bisa jadi kehilangan agunan yang diserahkan.

 

Beberapa Hal yang Mempengaruhi Kelancaran Gadai Surat Rumah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *